Tujuh Proyek Wikimedia Yang Mungkin Belum Anda Ketahui Selain Ensiklopedia Website Wikipedia

6 Mar 2013 21:30 2923 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda sering menjelajah internet, pastilah Anda sering mengunjungi situs ensiklopedia Wikipedia. Website yang menjadi primadona di kalangan anak kuliah tersebut memiliki jutaan artikel yang sangat berguna dan juga diperbaharui secara berkala.

Jika Anda sering menjelajah internet, pastilah Anda sering mengunjungi situs ensiklopedia Wikipedia. Website yang menjadi primadona di kalangan anak kuliah tersebut memiliki jutaan artikel yang sangat berguna dan juga diperbaharui secara berkala. Oleh karena itu tidak mengherankan jika Wikipedia selalu menjadi hasil pencarian pertama di mesin pencari Google.

Wikipedia sendiri merupakan salah satu dari banyak proyek yang dibuat Wikimedia. Pasalnya terdapat beberapa proyek lain yang dibuat selain Wikipedia dengan berbagai macam tujuan tertentu. Walaupun kalah dari segi popularitas, namun proyek-proyek tersebut memiliki manfaat yang tidak kalah berguna dibanding Wikipedia.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Plimbi akan mengulas 7 proyek Wikimedia lain yang mungkin belum Anda ketahui. Pasalnya, proyek-proyek tersebut akan memberikan benefit yang banyak untuk Anda ketika sedang berinternet.

Wikimedia Commons: Kumpulan Berbagai Macam Media

Proyek pertama yang akan dibahas adalah Wikimedia Commons. Di dalam situs ini Anda dapat menemukan berbagai macam gambar, audio, dan video yang dapat Anda gunakan secara gratis tanpa harus membayar royaliti. Dengan begitu, Anda tidak akan tersandung masalah pelanggaran hak cipta jika Anda menggunakan gambar dari situs ini.

Semua media yang ada di situs ini juga digunakan untuk berbagai macam proyek yang dibuat oleh Wikimedia. Sehingga dapat dikatakan jika situs Wikimedia Commons ini adalah database dari seluruh proyek Wikimedia.

Wikiquotes: Kumpulan Quote dari Buku dan Tokoh Terkenal

Jika Anda sering mengkutip perkataan (quote) tokoh terkenal namun Anda tidak mengetahui apa secara rinci perkataan tersebut, maka Anda dapat mengunjungi situs Wikiquotes untuk mengetahuinya.Situs Wikiquotes ini memiliki koleksi quote yang sangat lengkap, dari mulai perkataan Churchhill, Plato, hingga Sun Tzu dapat Anda temukan di sini.

Wikispecies: Klasifikasi Tumbuhan dan Binatang

Wikispecies merupakan tempat di mana kumpulan klasifikasi hewan dan tumbuhan berada. Terdapat sekitar 300 ribu spesies yang diklasifikasikan di situs ini, dan sebagian besarnya dilengkapi dengan foto. Jika Anda seorang pelajar ataupun seorang pengajar Biologi, maka situs ini menjadi referensi yang paling mudah untuk mengetahui klasifikasi berbagai macam spesies di muka bumi.

Wikisource: Perpustakaan Buku Gratis

Jika Anda membutuhkan sebuah buku yang dapat Anda baca secara gratis, maka situs Wikisource adalah jawabannya. Wikisource merupakan perpustakaan dari berbagai macam buku yang hak ciptanya sudah kadaluarsa. Buku-buku yang sudah masuk ke kategori public domain tersebut dapat Anda baca dan unduh secara gratis. Sama seperti situs Project Gutenberg, Wikisource juga merupakan tempat terbaik untuk mencari novel-novel klasik.

Wikibooks: Kumpulan Buku Pelajaran

Jika di situs sebelumnya Anda bisa mendapatkan buku-buku klasik, maka di situs Wikibooks ini Anda akan mendapatkan berbagai macam buku pelajaran di masa kini. Terdapat lebih dari 30 ribu buku pelajaran yang ada di sini, dari mulai buku pelajaran sastra hingga kimia. Situs ini tentu saja sangat berguna bagi para guru dan juga pelajar. Selain itu, Anda juga dapat berkontribusi untuk menyumbangkan buku ke situs ini. Tentunya buku tersebut haruslah karangan Anda sendiri karena situs ini tidak menerima buku yang memiliki hak cipta.

Wikiversity: Tempat Kuliah Murah

Karena situs Wikibooks memiliki kumpulan buku pelajaran yang lengkap, maka Wikiversity memanfaatkannya dengan membuat sebuah kampus virtual. Situs ini memiliki sebuah kurikulum yang lengkap untuk setiap materi pelajaran. Bahkan, Anda juga akan mendapatkan pelajaran dan tugas sekaligus. Menariknya, semua pelajaran yang ada di sini tersedia dari mulai sekolah dasar hingga universitas sehingga sangat bermanfaat bagi setiap orang.

Wikinews: Berita Bergaya Wiki

Proyek yang terakhir ini merupakan salah satu proyek menakjubkan yang dibuat oleh Wikimedia. Bagaimana tidak, para kru Wikimedia yang hanya terdiri dari para sukarelawan itu ternyata mampu membuat berita yang aktual, tajam, dan terpercaya. Anda dapat menemukan berbagai macam berita baru setiap saatnya, bahkan terkadang ada juga wawancara dengan seorang tokoh terkenal. Karena menggunakan gaya bahasa wiki, mungkin Anda akan menemukan sedikit perbedaan dengan berita yang terdapat di Koran. Namun biar bagaimanapun, situs ini tetap layak untuk mendapat acungan jempol. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel