1

5 Game Wikipedia Yang Wajib Anda Coba

28 Dec 2012 19:00 2484 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mungkin saat ini Anda hanya mengetahui bahwa Wikipedia adalah tempat untuk mencari sebuah artikel, namun pada kenyataannya Wikipedia juga dapat dijadikan sebagai sumber untuk membuat berbagai game yang mengasyikkan.

Hingga saat ini, Wikipedia terus mendapat kritikan atas dasar kredibilitas dan akurasi data yang dimilikinya. Namun Wikipedia tetaplah sebuah proyek open source terbaik yang pernah ada dan dapat dijadikan referensi untuk berbagai kebutuhan. Mungkin saat ini Anda hanya mengetahui bahwa Wikipedia adalah tempat untuk mencari sebuah artikel, namun pada kenyataannya Wikipedia juga dapat dijadikan sebagai sumber untuk membuat berbagai game yang mengasyikkan.

Hal tersebut dibuktikan dengan 5 game menarik yang dibuat berdasarkan berbagai artikel yang ada di Wikipedia. Game-game tersebut pastinya sangat menyenangkan untuk mengisi waktu luang Anda. Selain itu, game-game tersebut juga akan menambah wawasan serta pengetahuan Anda dalam berbagai hal. Apa sajakah game tersebut? Berikut ulasannya.

Catfishing

Game Wikipedia pertama yang dapat Anda mainkan adalah Catfishing. Catfishing merupakan sebuah game online yang mudah dan telah ada sejak tahun 2006. Walaupun game ini sudah lama tidak mendapat pembaharuan, namun game ini masih sangat layak untuk Anda mainkan. Game Catfishing ini merupakan sebuah game tebak-tebakan yang dibuat berdasarkan clue yang diambil dari artikel Wikipedia. Ketika memainkannya, Anda akan diberikan satu set clue untuk kemudian menebak subjek atau artikel yang berhubungan dengan clue tersebut. Jika Anda berhasil menjawabnya secara benar maka Anda akan mendapatkan poin, akan tetapi jika Anda salah menjawabnya maka Anda akan mendapatkan pengurangan poin. Game ini secara tidak langsung akan menguji wawasan Anda dalam berbagai hal. Game Catfishing ini dapat Anda mainkan secara gratis melalui browser Anda. jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda dapat mengaksesnya di link ini.

wikiAata

Game selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah wikiAata. wikiAata merupakan sebuah game kombinasi dari game puzzle dan juga game tebak-tebakan. Gameplay yang disuguhkan oleh game ini juga sangatlah sederhana di mana Anda akan diberikan sebuah paragrap pembuka dan penutup dari sebuah artikel di Wikipedia. Setelah itu, tugas Anda adalah menelusuri artikel tersebut dari paragrap awal hingga paragrap akhir dengan menggunakan hyperlink yang ada pada artikel tersebut. Anda diharuskan untuk dapat mencapai paragraph terakhir dari artikel tersebut dengan tidak melebihi batas klik hyperlink yang diberikan. Anda juga dapat membuka tab baru untuk kembali ke paragraph sebelumnya atau untuk melihat paragraph terakhir.

Untuk memainkan game wikiAata ini Anda harus terlebih dahulu masuk ke akun Google Anda. poin yang diberikan pada game ini didasarkan pada waktu yang Anda gunakan untuk menyelesaikan puzzle-nya. Jika Anda tertarrik untuk mencoba game ini, Anda dapat memainkannya di browser Anda dengan mengunjungi link ini.

Wikipedia Maze

Selanjutnya adalah game Wikipedia Maze. Game Wikipedia Maze ini memiliki tema yang hampir sama dengan game Wikipedia yang telah disebutkan di atas yaitu wikiAata karena game ini juga mengadopsi perminan yang mengharuskan Anda untuk dapat mengklik hyperlink dengan benar. Bedanya, Wikipedia Maze memiliki tampilan desain yang lebih baik dibanding wikiAata. Selain itu pada Wikipedia maze ini Anda juga dapat memilih tema apa yang ingin dimainkan, atau Anda juga dapat membuat puzzle sendiri. Jika Anda berhasil memenangkan beberapa permainan, maka Anda akan mendapatkan sebuah badge sebagai tanda penghargaan. Anda dapat memainkan game ini secara langsung di browser Anda melalui situs ini.

WikiTrivia

Game selanjutnya yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah WikiTrivia. Game ini memiliki gameplay yang sangat simpel karena Anda hanya tinggal memilih kategori yang disediakan kemudian Anda akan deberikan berbagai macam pertanyaan yang bersumber dari artikel Wikipedia. Ketika Anda diberikan sebuah pertanyaan, maka Anda hanya tinggal menjawab dengan "benar” atau "salah” pada pertanyaan tersebut. jika Anda ingin mencoba game ini, Anda dapat langsung memainkannya di browser Anda melalui link ini.

WikiGuess

Game terakhir yang layak Anda coba adalah WikiGuess. WikiGuess merupakan sebuah game Android yang dapat Anda unduh secara gratis di sini. Cara bermainnya pun sangat mudah di mana Anda akan diberikan sebuah artikel dari Wikipedia untuk kemudian Anda tebak apa topic artikel tersebut. jika Anda merasa kesulitan, maka game ini juga akan memberikan Anda clue berupa foto ataupun kata kunci dari artikel tersebut. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel