1

Daftar Situs Video Sharing Terbaik dengan Cirinya Sendiri

21 Jan 2013 20:30 3781 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mungkin beberapa dari kita yang telah lama berselancar di internet sudah tidak asing lagi dengan fasilitas yang hampir sempurna disediakan di dunia maya tersebut. Baik dari segi pendidikan, pekerjaan dan hiburan.

Mungkin beberapa dari kita yang telah lama berselancar di internet sudah tidak asing lagi dengan fasilitas yang hampir sempurna disediakan di dunia maya tersebut. Baik dari segi pendidikan, pekerjaan dan hiburan.

Kali ini Paseban akan mencoba untuk memberikan sedikit deskripsi pada kategori hiburan, kali ini lebih diperkecil lagi kategori ke video. Tentunya untuk video sendiri bukan hanya memfasilitasi dalam bentuk hiburan. Dengan segitu banyaknya video yang tersedia di internet kita juga dapat memilih kategori seperti yang di atas yaitu pendidikan, pekerjaan dan hiburan. Video di internet tentu tidak tersebar tanpa ada pengepul atau penyedia jutaan video dalam satu websitenya yang juga dapat membantu kita lebih mudah untuk mencari video berdasarkan kategori-kategori tersebut. Di sini ada beberapa daftar situs video sharing:

YouTube
Semua orang baik yang sering menggunakan internet ataupun tidak dapat dipastikan mengetahui youtube sebagai website untuk berbagi video. Youtube sendiri didirikan pada 2005, dimana kita yang terdaftar sebagai member dapat mengunggah dan membagikan video. Pada youtube sendiri member dapat membagikan berupa video klip, video tutorial, film pendek bahkan beberapa ada yang mengunggah film yang berdurasi lebih kurang satu setengah jam, diikuti lagi dengan video pendidikan.

Youtube yang didirikan pada 2005 oleh seluruhnya adalah karyawan paypal. Untuk video pertama di youtube berjudul Me at the zoo yang menunjukkan Jawed Karim salah satu pendiri berada di San Diego Zoo.

Anggota atau member youtube sendiri bukan hanya terdiri dari individu saja, tetapi juga beberapa perusahaan besar seperti BBC, redbull, dll. Seperti kebanyakan website lainnya bagi kita yang sudah login dapat mengunggah video tanpa batasan jumlah/unlimited, untuk kita yang belum login pastinya hanya bisa melihat. Sekarang kita dapat melihat bahwa youtube menjadi salah satu anak perusahaan Google.

Vimeo
Untuk website video sharing yang satu ini yaitu vimeo.com yang sama seperti lainnya dapat mengunggah, berbagi dan melihat video. Vimeo ini sendiri didirikan pada 2004, lebih kurang satu tahun dari waktu didirikannya youtube. Vimeo sendiri awalnya didirikan oleh sekelompok orang pembuat film yang ingin berbagi karya kreatifnya dan seputar kegiatan-kegiatan pribadi mereka.

Nama vimeo sendiri diciptakan oleh Lodwick yang merupakan salah satu plesetan dari kata video dengan memasukkan kata "me” yang berarti aku sebagai dedikasi untuk pembuat video dan juga merupakan anagram dari kata "movie” yang berarti film yang mungkin berkaitan dengan para pendiri yang merupakan kelompok pembuat film

Vimeo yang juga dipakai oleh beberapa website sebagai media audio visualnya, mungkin dari beberapa kita aktif dalam menggunakan internet sering menemukan video dari vimeo walaupun pasebania pasti lebih sering melihat youtube yang terpampang dibanyak situs dan media social, tetapi menurut saya vimeo memiliki interface yang paling menarik.

Dailymotion
Dailymotion juga merupakan salah satu situs video sharing, dailymotion sendiri berasal dari Prancis dengan fitur masih sama seperti video sharing yang lainnya. Dailymotion termasuk video sharing terbesar kedua didunia dengan tersedianya 16 bahasa yang berbeda. Situs yang didirikan pada 2005 ini dulunya hanya bertempat disebuah ruang tamu apartemen milik Olivier Poitrey sebagai salah satu pendiri dailymotion. Dengan modal yang cukup dari enam orang untuk memulai usaha ini, singkat cerita pada 2009 pemerintah menginvestasikan ke dailymotion dan pada awal tahun 2011, France telecom yang merupakan perusahaan telekomunikasi asal Perancis atau diibaratkan PT.Telkom untuk wilayah Indonesia mengakuisisi 49% saham dailymotion.

Dailymotion memberikan fasilitas bagi para pengguna dengan ukuran file video maksimum 2 GB dan durasi video juga terbatas sampai 60 menit kecuali untuk motionmaker dan Official Users. Pada tahun 2007 "Fingerprintiing” program diluncurkan dengan audiblemagic, yaitu untuk melawan pelanggaran hak cipta. Program ini dapat men-scan soundtrack video dan secara otomatis mengenalinya. Pda 2007 juga aplikasi web dailymotion pertama diluncurkan pada iPhone dan "wap SFR” di Perancis.

Dailymotion sering sekali saya akses, terutama untuk melihat highlights pertandingan sepakbola pada situs footyroom.com yang menurut saya sebuah situs yang paling cepat dalam menyediakan highlights pertandingan dengan menggunakan dailymotion sebagai medianya. [ANC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel