Cara Kerja Virus Android RuFraud dan Cara Menghindarinya

21 Dec 2011 18:00 3662 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mengacu kepada penemuan baru dari Lookout Mobile Security dan Symantec, di mana telah terdeteksinya virus Android baru berjenis Trojan di Android Market yang bernama RuFraud, sebenarnya bukan merupakan hal baru untuk Android. Mungkinkah hal ini mengartikan bahwa Google akan mulai memperketat keamanan mereka?

Mengacu kepada penemuan baru dari Lookout Mobile Security dan Symantec, di mana telah terdeteksinya virus Android baru berjenis Trojan di Android Market yang bernama RuFraud, sebenarnya bukan merupakan hal baru untuk Android. Mungkinkah hal ini mengartikan bahwa Google akan mulai memperketat keamanan mereka?

Jika Anda belum mengetahui seperti apa virus Android RuFraud, Anda bisa mengaksesnya pada artikel Paseban sebelumnya di sini. Lookout ternyata juga sudah memberikan informasi bagaimana scam dari virus Android tersebut bekerja.

"Pada awalnya sekumpulan virus Android RuFraud ini muncul sebagai aplikasi horoskop dengan rincian biaya dalam ketentuan layanan yang disembunyikan. Pertama, ketika pengguna menggunakan aplikasi yang mengandung virus Android RuFraud, mereka disajikan dengan pilihan tunggal untuk melanjutkan konfirmasi. Konfirmasi tersebut diduga menjadi sebuah kesepakatan untuk membebankan biaya premi dari si pembuat aplikasi RuFraud yang disembunyikan dalam berbagai link yang tidak jelas."

Itulah cara kerja aplikasi RuFraud dalam menggasak pulsa penggunanya. Jika berbicara Android semua orang juga mengetahui bahwa Android Market merupakan pasar aplikasi terbuka di mana semua aplikasi yang akan didistribusikan diizinkan masuk tanda adanya verifikasi validitas dan kemanan dari aplikasi yang sah.

Mengingat platform mobile yang lain telah melakukan hal di atas, tentu saja proses perizinan distribusi aplikasi menjadi masalah besar bagi Android untuk menjamin keamanan pada konsumen setianya.

Menurut beberapa sumber, tanpa adanya verifikasi aplikasi dan adanya perantara aplikasi pun, SMS Scam /SMS penipuan memang bisa beredar secara bebas di Android. Yang paling sering terjadi, korban menerima pesan singkat yang berisi link, link tersebut sebenarnya merupakan teks scam di mana ketika link-nya di klik, maka secara otomatis akan mengarah ke *redirect untuk menyetujui biaya-biaya layanan tertentu. Dan rangkaian proses ini juga salah satunya merupakan bagaimana virus Android RuFraud beraksi.

Cara menghindari virus RuFraud dan SMS Scan

Jika Anda merasa malas untuk membaca term of services yang disertakan dalam sebuah aplikasi yang akan Anda download, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini adalah beberapa saran terbaik untuk menghindari virus RuFraud dan SMS Scam.

  • Lihatlah kolom review-nya. Jika tidak ada review, carilah aplikasi yang telah banyak di-download* orang.

  • Waspada dan pikirkanlah terhadap permintaan izin yang datang ketika meng-install aplikasi. Contoh, apakah Angry Birds perlu mengirim SMS kepada Anda? Punya kepentingan apa mereka dengan Anda?

  • Periksa dengan seksama developer aplikasi yang tercantum dalam aplikasi yang ingin Anda download. Biasanya kita bisa mengenalnya jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi populer seperti Angry Bird. Semua orang tahu bahwa developer game yang satu ini adalah Rovio Mobile. Jika Anda mendapatkan informasi yang berbeda, sebaiknya urungkan niat Anda dan berhati-hatilah.

Inti dari pencegahan dalam menghadapi ancaman ini selain memerlukan pengetahuan yang lebih mendalam, tetapi hal yang paling utama adalah pergunakan akal sehat dan menjadi skeptislah sebelum Anda men-download aplikasi-aplikasi baru. [MG]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel