Satu Provider Kuasai Pos Pendakian Gunung Putri Menuju ke Gunung Gede

19 Dec 2011 08:00 14997 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pada kesempatan kali ini Paseban berkesempatan menikmati daerah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cianjur, Jawa Barat. Dari 4 jalur yang biasa dilalui, Paseban mendaki Puncak Gunung Gede melalui jalur **Gunung Putri**. Jalur ini merupakan yang tersingkat namun juga terberat karena jalur didominasi dengan tanjakan curam.

Pada kesempatan kali ini Plimbi berkesempatan menikmati daerah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cianjur, Jawa Barat. Dari 4 jalur yang biasa dilalui, Plimbi mendaki Puncak Gunung Gede melalui jalur Gunung Putri.

Jalur ini merupakan yang tersingkat namun juga terberat karena jalur didominasi dengan tanjakan curam. Dengan menggunakan bis, perjalanan dari Jakarta menuju pos Gunung Putri diiringi dengan hujan gerimis sepanjang jalan. Plimbi mengecek beberapa provider seluler seperti XL, Simpati, IM3 dan Mentari masih memiliki sinyal yang cukup mumpuni hingga menjelang daerah Cipanas. Memasuki jalan menuju pos Gunung Putri, hujan telah berhenti namun kali ini diganti dengan kabut sehingga jarak pandang hanya mencapai 50 meter saja.

Plimbi memperhatikan beberapa sinyal provider mulai drop, naik dan turun mengikuti naik turunnya kabut.

Sinyal IM3 dan Mentari dari Indosat dan Simpati dari Telkomsel mulai terkena dampak turunnya kabut. Beberapa kali sinyal kedua provider tersebut sering hilang seiring dengan makin tebalnya kabut yang turun.

Ketika bis mencapai pos Gunung Putri dan kondisi yang gelap akibat tertutup kabut, sinyal Indosat dan Telkomsel pun hilang sama sekali. Meski demikian sinyal XL dari PT Excelcomindo tetap bertahan, bahkan menelepon dan berkirim pesan ditengah kabut tetap dapat dilakukan.

Jika diperhatikan, di sekitar pos Gunung Putri terdapat sebuah tower BTS.

Sayangnya, saat Plimbi bertanya kepada beberapa penduduk, mereka tidak ada yang mengetahui tower tersebut. Plimbi menduga itulah tower XL yang membuat sinyal XL tetap bertahan meski cuaca berkabut gelap.

Menjelang pukul 6 pagi Plimbi memulai perjalanan menuju alun-alun surya kencana Gunung Gede. Selama 1 jam perjalanan memasuki kawasan hutan dan menuju pos 1 , sinyal Telkomsel dan Indosat tidak dapat digunakan sama sekali.

Sedangkan sinyal XL masih bertahan meski tinggal 1 atau 2 bar saja. Setelah memasuki hutan lebih jauh, akhirnya ketiga provider tersebut pun tidak dapat digunakan lagi.

Tujuh jam kemudian Plimbi berhasil mencapai Alun-Alun Surya Kencana Gunung Gede, yaitu sebuah kawasan padang seluas 80 hektar lebih yang ditumbuhi dengan bunga abadi, edelweiss. Di sinilah para pendaki biasanya mendirikan tenda dan menginap sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Gede.

Keesokan paginya, perjalanan kembali dilakukan untuk menuju puncak Gunung Gede yang memakan waktu sekitar 30-60 menit. Sesampai di puncak dengan ketinggian 2958 mdpl, suguhan pemandangan indah tiada tara membentang di depan mata.

Sungguh indah anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Setelah puas menikmati alam yang masih asri, saatnya untuk pulang. Dengan melalui jalur yang sama, Plimbi pun turun menuju pos Gunung Putri kembali. Dengan waktu tempuh 4-5 jam, Plimbi pun sampai di pos Gunung Putri dengan ditemani hujan deras.

Sekali lagi mengecek sinyal provider, juaranya tetap XL.

Meski ditengah kabut dan hujan, XL tetap membuktikan kualitas sinyal yang baik di segala keadaan. (EK)

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel