WikiReader - Akses Informasi dari Wikipedia Tanpa Koneksi Internet

9 Nov 2011 14:30 5473 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bagi Anda pengguna internet pasti sudah tidak asing lagi dengan Wikipedia, sebuah ensiklopedia *online* yang memuat banyak sumber ilmu pengetahuan di dalamnya. Pernahkah Anda berpikir jika seluruh informasi yang ada di Wikipedia berada di genggaman Anda? kini hal itu bisa terjadi dengan adanya alat bernama WikiReader.

Bagi Anda pengguna internet pasti sudah tidak asing lagi dengan Wikipedia, sebuah ensiklopedia online yang memuat banyak sumber ilmu pengetahuan di dalamnya. Pernahkah Anda berpikir jika seluruh informasi yang ada di Wikipedia berada di genggaman Anda? kini hal itu bisa terjadi dengan adanya alat bernama WikiReader.

WikiReader merupakan gadget kecil semacam kamus elektronik berisi informasi yang ada di situs Wikipedia, terdapat sekitar 3 juta topik artikel di dalamnya. Alat ini diproduksi oleh perusahaan asal Taiwan bernama Openmoko. Ketika Anda membutuhkan berbagai informasi yang ada di Wikipedia, Anda bisa langsung menyalakan WikiReader dan mengakses informasi yang Anda perlukan tanpa harus terkoneksi dengan internet, cukup menarik bukan?

WikiReader hadir dengan layar sentuh berukuran 3.5 inci LCD monochrome. Dengan ukuran layar yang kecil, maka gadget ini hanya optimal menampilkan teks saja. Terdapat tiga tombol di bawah permukaannya yang berfungsi untuk mencari atau membaca topik di dalamnya. Anda hanya perlu menekan tombol "Search", dengan otomatis akan muncul keyboard virtual untuk mengetik. Berat yang dimiliki WikiReader mencapai 127g dengan dimensi 4x4x0,8 inci. Saking kecilnya, Anda bisa menyimpan alat ini di saku celana Anda.

Gadget ini menggunakan prosessor Epson S1C33 E07 dengan dukungan memori internal 8 KB + 2 KB, 64 KB Flash memori dan 32 MB SDRAM memori. Selain itu, WikiReader juga dilengkapi dengan slot kartu microSD yang dapat meng-upgrade hingga 8 GB.

Untuk mengedit dan mengakses file dokumen teks, presentasi dan spreadsheet WikiReader dilengkapi dengan software ThinkFree Mobile. Adapun sistem operasi yang digunakan gadget ini yaitu OS Windows 7 dengan media penyimpanan utama menggunakan Solid State Drive (SSD) berkapasitas 62 GB. Alat ini juga menyediakan update berkala dan dapat di-download secara gratis.

Baterai yang digunakan WikiReader yaitu baterai tipe AAA yang diklaim mampu bertahan selama 90 jam nonstop. Jika Anda menggunakannya 15 menit dalam sehari, baterai ini bisa bertahan hingga 1 tahun lamanya. Gadget ini dibanderol dengan harga US $99, apa Anda tertarik? [RF]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel