Windows Phone Mango Kembangkan Fitur Bahasa Dan Konten Lokal

20 Sep 2011 16:00 3212 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Minggu lalu Paseban telah membahas fitur-fitur menarik pada Windows Phone Mango tentang demo nya yang menakjubkan. Nah, pada artikel ini Paseban ingin menambahkan satu fitur yang layak untuk dibahas lebih detail lagi, yakni fitur dukungan Windows Phone Mango terhadap bahasa dan konten lokal di masing-masing wilayah Negara.

Minggu lalu Paseban telah membahas fitur-fitur menarik pada Windows Phone Mango tentang demo nya yang menakjubkan. Nah, pada artikel ini Paseban ingin menambahkan satu fitur yang layak untuk dibahas lebih detail lagi, yakni fitur dukungan Windows Phone Mango terhadap bahasa dan konten lokal di masing-masing wilayah Negara.

Sama seperti produk ponsel pada umumnya, perangkat ber-platform Windows Phone Mango tidak akan menambahkan semua bahasa yang ada di dunia, tetapi sesuai dengan OEM (Original Equipment Manufacturer) atau pihak operator seluler.

Namun untuk mendukung bahasa yang menggunakan huruf yang berbeda, khususnya untuk wilayah Asia Microsoft menyediakan tambahan font pada Windows Phone Mango seperti : Japanese - Yu Gothic, Korean - Microsoft NeoGothic, Simplified Chinese - DengXian dan Traditional Chinese - Microsoft Mhei. Selain itu juga akan tersedia emoticons /emoji Segoe UI Symbol Font, yang di dalamnya ada salah satu symbol yang merupakan lambang baru untuk mata uang India, Rupee.

Setelah adanya dukungan untuk bahasa dan font, selanjutnya adalah keyboard yang didukung oleh Windows Phone Mango. Blog resmi Windows Phone menyebutkan bahwa Windows Phone Mango akan mendukung 20 keyboard untuk beragam bahasa, seperti Brazilian Portuguese, Czech, Danish, Dutch, Finnish, Greek, Hungarian, Indonesian, Japanese, Korean, Malaysian, Norwegian, Polish, Portuguese, Russian, Simplified Chinese, Swedish, Traditional Chinese, Turkish and Ukrainian. Namun sayangnya, ternyata bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang tidak didukung dengan fitur text prediction.

Berbeda dengan bahasa yang disesuaikan dengan OEM atau operator ponsel, keyboard yang mengikuti bahasa ini tersedia pada semua perangkat Windows Phone Mango.

Untuk konten yang lebih lokal, Windows Phone Mango mendukung fitur-fitur berikut:

  • Bing Search : Argentina, Australia, Austria, Belgium, Brazil, Canada, Denmark, Finland, France, Germany, Hong Kong, India, Indonesia, Ireland, Italy, Japan, Korea, Malaysia, Mexico, Netherlands, New Zealand, Norway, Philippines, Portugal, Russia, Singapore, South Africa, Spain, Sweden, Switzerland, Taiwan, United Kingdom, and the United States.

  • Local search : Australia, Canada, France, Germany, United Kingdom, and the United States.

  • Maps : Australia, Austria, Belgium, Brazil, Canada, Denmark, Finland, France, Germany, Italy, Netherlands, New Zealand, Portugal, Singapore, Spain, Sweden, Switzerland, United Kingdom, and the United States.

  • Voice-to-text and Voice-to-dial : France, Germany, Italy, Spain, United Kingdom, and the Unites States.

  • Voice search : France, Germany, United Kingdom, and the United States.

Pada blog resminya, Windows Phone juga menyatakan bahwa dukungan akan konten yang lebih bersifat lokal ini masih dalam tahap awal, masih banyak hal yang sedang dalam proses pengembangan oleh Microsoft. Dan yang akan rilis berikutnya adalah dukungan keyboard untuk bahasa Arab dan India yang memiliki bentuk lebih kompleks. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel