Lebih Kenal dengan Software BlackBerry

5 Nov 2011 11:00 7885 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika sebelumnya Plimbi telah membahas mengenai BlackBerry Hardware, pada artikel kali ini Plimbi akan membahas software BlackBerry dari smartphone popular ini. Selain teknologi push, BlackBerry memerlukan berbagai *software* pada unit genggamnya itu sendiri dan pada server dan desktopnya.

Jika sebelumnya Plimbi telah membahas mengenai BlackBerry Hardware, pada artikel kali ini Plimbi akan membahas software BlackBerry dari smartphone popular ini. Selain teknologi push, BlackBerry memerlukan berbagai software pada unit genggamnya itu sendiri dan pada server dan desktopnya. Perangkat tersebut merupakan bagian dari jaringan yang meliputi handheld, handheld software, desktop software dan server software.

Unit software BlackBerry menggunakan operating system milik BlackBerry dan biasanya termasuk email, browsing web, instant messaging dan software personal information management (PIM). Pengembang pihak ketiga telah menciptakan berbagai program lain untuk BlackBerry, seperti game dan aplikasi produktivitas.

Pihak ketiga lainnya disesuaikan dengan program aplikasi yang memungkinkan orang mendapatkan data dan update dari penjualan, pengumpulan data dan software BlackBerry bisnis lainnya. Banyak dari mereka menggunakan browser interface dan email untuk pengambilan data. Pengguna mendapatkan pesan email dengan link yang mereka dapat klik untuk membuat panggilan telepon, melihat data atau log in ke layanan. Terdapat pula SSL dan enkripsi TLS untuk melindungi informasi dan data.

Karena BlackBerry memiliki sedikit memori dan processing power dari pada komputer, masing-masing program harus relatif kecil dan efisien. Halaman web harus sederhana dan tidak bergantung pada frame atau applet, dan lebih efektif jika menggunakan warna yang sedikit. Pengembang BlackBerry ini menggunakan Java Development Environment yang memungkinkan mereka mensimulasikan BlackBerry dan memastikan program-program mereka kompatibel.

Pengguna BlackBerry yang berurusan dengan bisnis sering menggunakan software BlackBerry Enterprise Server untuk mengelola setiap koneksi BlackBerry dengan jaringan perusahaan. software ini juga berjalan di belakang firewall perusahaan, dan mendorong informasi ke unit genggam. Sistem administrator juga dapat menggunakan software server-side untuk memperbarui unit BlackBerry secara wireless.

Masing-masing pengguna dapat menjalankan software BlackBerry Desktop Redirector pada komputer mereka, yang memainkan peran yang sama sebagai Enterprise Server tetapi pada skala yang lebih kecil. Redirector Desktop mengirimkan informasi dalam potongan-potongan kecil sehingga tidak membebani koneksi seseorang atau memberikan informasi yang tidak perlu. Untuk dapat menggunakannnya, komputer harus dalam keadaan hidup dan berjalan sehingga redirector dapat bekerja. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel