Tips Memilih dan Membeli Handphone Lokal

1 Nov 2011 16:30 4150 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Siapa bilang memilih dan membeli handphone lokal itu mudah? Banyak hal yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan sebelum menelan kecewa di kemudian hari.

Akhir-akhir ini, setelah BlackBerry memulai debutnya di pasaran smartphone banyak handphone-handphone lokal yang muncul ke permukaan untuk menunjukkan taringnya. Berbagai handphone lokal dengan berbagai tipe dan model mulai menjadi bahan pembicaraan. Hampir semua vendor produk lokal ikut meramaikan pasar dengan tema harga murah tapi bergengsi. Anda mau jenis handphone lokal yang seperti apapun tinggal pilih saja mana yang cocok dengan selera Anda.

Jika merunut kepada harga, mungkin tak perlu dibicarakan terlalu mendetail karena selama ini Anda mengetahui bahwa produk handphone lokal memang terkenal dengan harganya yang terjangkau. Meskipun murah, sebaiknya Anda tidak terlalu terkecoh dengan rayuan iklan atau embel-embel lainnya. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara terbaik untuk memilih dan membeli handphone lokal.

  • Pertama, ketika Anda mendatangi sebuah counter, hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan bahwa Anda mencoba semua fiturnya. Jika ada yang tidak dimengerti mengenai fitur yang ada di handphone tersebut, coba tanyakan kepada pihak counter agar Anda lebih memahami handphone yang Anda minati berikut kelebihan dan kekurangannya.

  • Jangan terkecoh dengan fitur-fitur yang hanya sebagai hiasan belaka, contohnya fitur browser. Untuk menghindari masalah ini, poin pertama harus Anda praktekkan sehingga tidak kecewa ketika Anda telah membelinya.

  • Jika handphone yang Anda minati merupakan paket bundling, pastikan bahwa SIM-nya unlock. Kebanyakan handphone yang di-bundling dengan operator memiliki SIM yang lock, jadi ada baiknya jika Anda memilih yang unlock untuk menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan.

  • Terakhir adalah garansi. Pastikan paket produk handphone tersebut memiliki layanan garansi dan akan jauh lebih baik lagi jika waktu garansinya minimal 1 tahun. Selain garansi, pastikan juga bahwa handphone tersebut memiliki kantor layanan atau service center yang tersedia di daerah tempat tinggal Anda juga memiliki jaringan luas dan teruji agar ketika ada kerusakkan pada handset Anda bisa diperbaiki dengan mudah.

Untuk beberapa handphone lokal yang memiliki kemampuan layar sentuh, ada baiknya Anda memilih handphone dengan melakukan pertimbangan dari jenis layar karena jenis layar menentukan tingkat sensitifitas ketika mengakses fitur yang dimiliki handphone. Sebenarnya, berhubung mayoritas handphone lokal memiliki jenis layar yang resistif, tingkat kepekaannya baru hanya mampu untuk stylus yang runcing seperti pena bukan dari sentuhan jari seperti pada jenis layar kapasitif. Layar kapasitif masih sangat jarang ditemukan pada produk-produk lokal, terakhir yang Plimbi temukan baru hanya ada di produk Nexian Champion. MG

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel