OmniTouch - Teknologi Baru Microsoft yang Merubah Permukaan Apapun Menjadi Touchscreen

27 Oct 2011 12:00 5265 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Teknologi bernama OmniTouch, yang masih dalam tahap perkembangan di lab riset Microsoft, ini hadir dalam dalam bentuk prototype berupa sebuah unit hardware yang dikenakan dan bisa memproyeksikan gambar pada berbagai macam permukaan. Interaksi dari OmniTouch ini tidak memerlukan kalibrasi terlebih dahulu.

Baru-baru ini sebuah teknologi baru yang cukup menarik telah lahir. Teknologi ini memungkinkan permukaan apapun menjadi sebuah "touchscreen".

Teknologi bernama OmniTouch, yang masih dalam tahap perkembangan di lab riset Microsoft, ini hadir dalam dalam bentuk prototype berupa sebuah unit hardware yang "dikenakan" dan bisa memproyeksikan gambar pada berbagai macam permukaan. Interaksi dari OmniTouch ini tidak memerlukan kalibrasi (penyesuaian dengan bidang permukaan yang digunakan) terlebih dahulu.

Bayangkan Anda melakukan dial telepon dari telapak tangan Anda, begitulah cara kerja OmniTouch. Dengan teknologi ini, bagian tangan Anda bisa menjadi "smartphone" Anda dan meja bisa menjadi "tablet PC" Anda. OmniTouch menawarkan keuntungan sebuah perangkat mobile sambil menambah kemampuan interaktif pengguna.

Prototype yang dipamerkan Microsoft pada acara ACM symposium UIST 2011 (Association for Computing Machinery's Symposium User Interface Software and Technology ), perusahaan software raksasa ini mengunakan kamera yang digunakan OmniTouch memiliki sistem kerja yang mirip dengan Microsoft Kinect namun telah dimodifikasi untuk berfungsi dalam jarak dekat. Pengguna "mengenakan" kamera tersebut dan kemudian sistem akan memproyeksikan UI (User Interface) pada berbagai macam permukaan.

Teknologi yang ditawarkan OmniTouch memang sangat menarik, namun Anda pasti berpikir bentuk dari prototype OmniTouch, yang berupa kamera dan beberapa hardware lainnya dengan penyangga yang bisa dikenakan oleh pengguna, ini akan nampak konyol jika digunakan oleh pengguna umum dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi kembali lagi pada fakta bahwa ini masih prototype dari OmniTouch, kita tidak tahu kearah mana teknologi ini akan berkembang kedepannya.

Berikut video demo dari OmniTouch:

[RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel