Mengintip Sejarah Safari Web Browser

15 Oct 2011 11:00 11230 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Safari Web browser dibuat oleh Apple untuk bersaing dengan Microsoft Internet Explorer. Apple Safari browser telah digunakan sejak tahun 2003 pada sistem Macintosh dan telah tersedia untuk sistem Windows Microsoft sejak tahun 2007. Berikut ini adalah sepintas mengenai sejarah Safari Web browser.

Safari Web browser dibuat oleh Apple untuk bersaing dengan Microsoft Internet Explorer. Apple Safari browser telah digunakan sejak tahun 2003 pada sistem Macintosh dan telah tersedia untuk sistem Windows Microsoft sejak tahun 2007.

Berikut ini adalah sepintas mengenai sejarah Safari Web browser.

Awal Pembangunan

Setelah bertahun-tahun menggunakan Netscape Navigator dan Internet Explorer untuk komputer Macintosh, Apple mengembangkan sebuah web browser sendiri hanya untuk komputer Macintosh. Safari 1.0 awalnya dimasukkan sebagai Web browser opsional pada komputer Macintosh, karena perjanjian lisensi dengan Microsoft untuk Internet Explorer adalah satu paket dengan komputer Macintosh.

Baru mulai tahun 2005, menjadi Safari Web browser eksklusif diinstal pada komputer Macintosh yang baru. Pada tahun 2007, Apple mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan sebuah browser Safari yang kompatibel dengan Microsoft Windows. Setelah serangkaian tes, Safari diberi label web browser tercepat untuk load data awal di Microsoft Windows, meskipun menyamai Microsoft Internet Explorer dalam loading memori cache.

Fitur

Apple Safari Web browser adalah yang pertama memanfaatkan browsing swasta, yang kadang-kadang mendapat ejekan dengan dijuluki sebagai "modus porno". Fitur ini memungkinkan untuk browsing tanpa informasi pribadi dan riwayat browsing didata. Menurut situs web Apple, Safari web browser adalah web browser tercepat di dunia dan yang pertama memanfaatkan HTML 5 audio dan video, yang memungkinkan pencipta untuk mengintegrasikan audio dan video langsung ke format HTML tradisional, sehingga mengurangi waktu pengembangan dan waktu akses.

Desain

Apple Safari browser dirancang untuk meminimalisasi kekacauan sekitar area tampilan halaman web. Frame nya memiliki lebar satu pixel dan status bar nya hanya muncul pada browser bila diperlukan. Browser Safari tidak menggunakan status bar, melainkan menggabungkan "gear" desain dalam browser untuk menunjukkan kemajuan. Menurut Apple, desain Safari yang unik adalah fokus perhatian yang dilihat pengguna pada halaman Web.

Safari Mobile

Pada tahun 2007, Apple merevolusi mobile internet browsing dengan pengenalan Safari mobile yang digunakan pada Apple iPhone. Mobile browser merupakan yang pertama dalam menampilkan halaman Web mobile identik dengan yang ditampilkan pada komputer desktop, tanpa mengorbankan kegunaan. Sebelumnya mobile Web browser tidak mampu untuk menangkap halaman Web dalam format yang sama, sering kali beralih ke tampilan web terbatas atau terdapat kesalahan format.

Masalah

Sebuah kelemahan di Apple Safari menyebabkan operating system Macintosh menjadi yang pertama gagal "uji hacking" di konvensi pada 2008 di Vancouver, BC. Itu merupakan tes antara operating system Microsoft Vista, Apple Mac OS X dan Ubuntu 7.1. Meskipun kemudian Apple merilis update patch untuk browser-nya, software itu kembali di-hack pada tahun 2009 pada konvensi yang sama.

Versi Terbaru

Versi Safari, 4.0, tersedia untuk Mac OSX atau Windows. Salah satu fitur nya adalah "Top Sites", yang menunjukkan thumbnail hingga 24 situs paling banyak dikunjungi pengguna Web. ND

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel