Menjaga Keamanan Informasi Data Hard Disk Menggunakan Aplikasi Enkripsi

20 Jan 2013 15:00 4540 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menjadi topik hangat di tahun 2013, mengenai persoalan keamanan informasi. Meningkatnya jumlah malware, virus, dan Serangan terhadapap infrastruktur teknologi informasi di tahun 2012. menjadi salah satu resolusi di tahun 2013, bahwa keamanan informasi harus jauh lebih baik. Segala macam serangan berasa segala bidang teknologi informasi, baik di server, PC, ataupun sistem mobile terutama smartphone.

Menjadi topik hangat di tahun 2013, mengenai persoalan keamanan informasi. Meningkatnya jumlah malware, virus, dan Serangan terhadapap infrastruktur teknologi informasi di tahun 2012. menjadi salah satu resolusi di tahun 2013, bahwa keamanan informasi harus jauh lebih baik. Segala macam serangan berasa segala bidang teknologi informasi, baik di server, PC, ataupun sistem mobile terutama smartphone.

Sebagai salah satu penceghannya dengan melakukan enkripsi pada data yang sangat penting bagi kita. Meskipun dengan menenkripsi pada data saja, masih belum cukup, karena sang pencuri bisa mengetahui letak hard drive kita, dan mencoba mencuri dan mengacak- acak data kita. Para pengembang dari Hard Drive sudah melakukan pengembangan pada sistem di dalam hard drive.

Mereka menambah sistem enkripsi pada hard drive mereka. Jadi kita bisa menenskripsi hard drive milik kita, dan hanya kita yang bisa melihat bagian dalam dari hard drive kita. Teknologi ini dinamakan Full Disk Encription (FDE). Dengan teknologi ini bagian dalam dari hard drive akan di enkripsi. Seluruh bagian yang ada di dalam hard drive akan di enkripsi, bahkan bagian Operating system, System file, dan MBR () akan di enkripsi. Dengan ini data yang kita miliki di dalam hard drive akan menjadi lebih aman, karena bagian hard disk telah di enkripsi. Salah satu hal yang bisa kita lakukan dengan melakukan enkripsi menggunakan beberapa aplikasi enkripsi yang ada, selain menggunakan bawaan dari vendor Harddisk. 

TrueCrypt Aplikasi berbasis Open source ini, memiliki kemampuan enkripsi yang cukup lumayan. Selain itu tampilannya yang lebih simple, memudahkan kita untuk menggunakan aplikasi ini. Hal lain yang dimiliki oleh Truecript, kita di hadapkan dengan berbagai tipe enkripsi, ada blowfis, AES,dan lain-lain. Selain kita bisa mengenkripsi hard drive, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengenkripsi flashdrive. Jadi kita mengamankan data yang dimiliki oleh kita yang berada di dalam Flashdrive. Kinerja dari Aplikasi enkripsi ini, tidak mengganggu cara pembacaan file oleh Operating system, sehingga tidak memberi perbedaan yang signifikan antara di enkripsi atau tidak di enkripsi.

Gilisoft encription Sebagai pilihan lain kamu bisa menggunakan Gilisoft Encription. Aplikasi ini bisa kamu unduh dari website resmi miliknya. Kemampuan Gilisoft encription cukup banyak selain melakukan enkripsi hard drive. Selain itu aplikasi ini cukup mudah digunakan.

Seagate Full Disk Encription Seagate sebagai produsen dari Hard disk, mengeluarkan aplikasi untuk melakukan enkripsi pada hard disk. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna hard drive.

DiskCryptor DiskCryptor, dibuat berdasarkn TrueCrypt. Jadi DiskCryptor merupakan keturunan dari TrueCrypt. Aplikasi ini didukung dokumentasi yang lengkap dan proses pengembangan dari aplikasi yang baik, hal ini menjadi indikator bahwa pengembang DiskCryptor sangat mengerti kebutuhan dari pengguna terhadap aplikasi enkripsi. Sebagai tanggapan Aplikasi ini di respon secara baik oleh para pengguna.

Free Compusec Free Compusec di desain untuk melindungi hard drive di desktop (PC) dan notebook, menggunakan autentikasi di awal booting dan melakukan enkripsi di seluruh bagian dari hard disk. Free Compusec di bagikan secara gratis, jadi kita menunduhnya dengan bebas, dan kita bisa menggunakannya baik secara personal atau grup. Untuk mendapatkan akses kontrol, di awal booting kita harus memasukkan userID dan Password, setelah itu baru sistem akan melakukan booting. Aplikasi enkripsi ini memiliki beberapa fitur tambahan seperti, voice encription, enkripsi terhadap file-file tertentu, removable media, seperti CD,DVD, dan Flash disk.

Bitlocker Di antara itu semua ada aplikasi tambahan namanya bitlocker. Aplikasi ini bisa di jalan di sistem operasi windows 7 dan vista. Aplikasi ini bisa melakukan enkripsi pada seluruh bagian hard drive atau pun sebagian hard drive. Dan saat ini Bitlocker tersedia untuk sistem operasi Windows 8. [ENJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel