Cara Memperbaiki Windows Dari Hal-hal Yang Mengganggu

17 Jan 2013 09:00 9128 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa masalah yang dihadapi terkadang agak menyebalkan dan mengganggu aktifitas keseharian. Error ini sering muncul dari menu pop-up yang sekali-kali muncul di sudut kanan bawah layar Anda. Untuk itu Plimbi akan memberikan sedikit informasi bagaimana cara memperbaiki Windows dari hal-hal yang menyebalkan tersebut.

Kita tahu, Windows saat ini menjadi OS yang paling populer digunakan. Tetapi, bukan berarti Windows merupakan produk yang tidak memiliki cacat. Beberapa masalah yang dihadapi terkadang agak menyebalkan dan mengganggu aktifitas keseharian. Error ini sering muncul dari menu pop-up yang sekali-kali muncul di sudut kanan bawah layar Anda. Untuk itu Plimbi akan memberikan sedikit informasi bagaimana cara memperbaiki Windows dari hal-hal yang menyebalkan tersebut.

Pada artikel kali ini Plimbi akan banyak membahas pada Windows 8, OS terbaru dari Windows. Meskipun demikian, beberapa tips ini juga bisa diterapkan pada Windows lainnya. Jika Anda senang menggunakan Start Menu dari Windows 8, pastikan Anda mencoba beberapa alternatif Start Menu dari Windows 8 (Start8, Pokki For Windows 8, Calssic Shell).

Taskbar

Jika Anda pernah mengotak-atik Taskbar sehingga bergerak-gerak di sekitar layar ini bisa diatasi. Cara memperbaiki Windows ini dengan mengklik Taskbar di komputer lalu tahan, setelah itu klik kanan dan pilih menu Lock the taskbar. Ini akan menghentikan gerakan-gerakan yang dilakukan taskbar. Bila taskbar berada di kanan atau dikiri lakukan hal yang sama untuk mengatasi gerakan-gerakan taskbar ini. Untuk mengubah posisi tasbar Anda bisa membuka pengaturan dengan cara klik kanan taskbar dan pilih Properties. Dari menu ini Anda bisa mengubah bukan hanya posisi tetapi pengaturan lain seperti auto hide, taskbar button, lock dan lain-lain.

Taskbar berukuran super besar

Jika Anda pernah mengubah ukuran dari taskbar secara sengaja maupun tidak sengaja dan bingung mengembalikannya Anda bisa mengatasi itu. Untuk mengembalikannya, pastikan taskbar dalam keadaan unlock (klik kanan taskbar dan klik lock the taskbar). Pindahkan kursor mouse ke ujung atas taskbar. Ketika sudah muncul tanda panah, tarik taskbar kebawah hingga ukuran normal. Jangan lupa lock kembali taskbar setelah selesai.

Jendela Yang Menghilang

Terkadang kita mengalami masalah jendela aplikasi yang pindah ke sudut layar sehingga Anda tidak bisa menggerakkan atau memindahkan jendela tersebut. Ini cukup sering terjadi. Cara memperbaiki Windows untuk masalah ini adalah dengan membawanya ke tempat yang terlihat atau ke tengah layar dengan menekan tombol Shift kemudian klik kanan ikon aplikasi yang ada di taskbar dan pilih Move kemudian gerakkan dengan menggunakan tombol panah keyboard sehingga dia kembali pada posisi yang terlihat.

Menghilangkan Popup

Banyak program yang diciptakan untuk Windows mengguanakan sistem popup ketika program tersebut mengalami kerusakan atau error. Di Windows ini disebut sebagai balloon. Ini paling sering muncul ketika komputer Anda tidak mampu menjalankan sebuah program karena RAM yang kurang atau juga drive yang sudah kepenuhan. Jika Anda sebal balloon Windows ini Anda bisa menghilangkannya. Menghilangkan balloon tidak akan berpengaruh pada program yang mengalami kerusakan atau masalah lain seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Untuk menon-aktifkannya kita perlu ke menu registry. Tekan tombol Windows pada keyboard, ketik regedit, dan ENTER. Kemudian cari file mengikuti kata kunci ini HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced.

Klik kanan pada jendela tersebut dan pilih new. Selanjutnya pilih menu DEWORD (32-Bit) Value untuk sistem 32-Bit dan QWORD (64-Bit) Value untuk sistem 64-Bit.Klik dua kali file tersebut kemudian masukkan nama dari DWORD tersebut dengan EnableBaloonTips. Masukkan Value 0 kemudian tekan OK. Tutup semua jendela dan restart computer. Hasil tidak akan muncul sebelum komputer di-restart.

Menghilangkan Action Centre Windows

Action Centre memberikan informasi seperti update Windows, Firewall dan juga ada tidaknya Antivirus yang terpasang di komputer Anda. Ada juga pesan yang menganjurkan mem-backup data secara teratur atau memecahkan masalah program yang crash atau tidak jalan dengan mengirimnya ke Windows. Bila Anda tidak suka dengan adanya pesan-pesan seperti ini kita bisa menghilangkannya. Caranya, buka Action Centre dengan cara mengklik logo bendera di bagaian kanan taskbar kemudian pilih menu Change Action Center settings. Pilih apa-apa saja yang ingin tidak diaktifkan dengan cara menghilangkan centang pada pilihan. Bila Anda tidak menginginkan semua pesan dari Action Centre, klik semua, tidak berpengaruh pada program-program di komputer Anda.

Restore Hidden Notification Area Icons

Hidden icon dulunya dibuat untuk hal yang sederhana, agar Anda bisa melihat program-program yang sedang berjalan di komputer. Tetapi saat ini itu banyak disalah gunakan oleh beberapa program. Mereka mengambil area itu untuk menempatkan ikon-ikon yang sebenarnya untuk iklan atau semacamnya. Tetapi sistem ikon ini bisa disembunyikan dengan mengklik kanan pada taskbar pilih Properties, kemudian pilih Costumisize. Dari sini Anda bisa memilih pengaturan notifikasi dan ikon pada area hidden icon seperti volume, WiFi, YM dan lainnya. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel