IndonesiaKuno.com - Situs Sejarah Indonesia Mengenal Sejarah Lama Tanah Air Melalui Jendela Browser Anda

15 Jan 2013 11:15 2957 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dengan terjaminnya fasilitas internet di antero Indonesia, telah mengubah segala aktifitas lempar - melempar informasi menjadi jauh lebih cepat, mudah, dan fleksibel. Contohnya saja IndonesiaKuno.com.

Dengan terjaminnya fasilitas internet di antero Indonesia, telah mengubah segala aktifitas lempar - melempar informasi menjadi jauh lebih cepat, mudah, dan fleksibel. Contohnya saja IndonesiaKuno.com, yang merupakan sebuah situs sejarah indonesia terkemuka sekaligus sebagai salah satu mediator yang aktif dalam kegiatan publikasi atas segala informasi mengenai sejarah dan pra-sejarah yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Hal itu memperlihatkan kepada kita, bahwa efek globalisasi yang terjadi di bumi Indonesia ini memberikan sebuah keuntungan tersendiri bagi masyarakat terhadap tingkat efisiensi baik waktu, tempat, dan lain sebagainya. Kembali ke situs sejarah IndonesiaKuno.com. Sepertinya hingga saat ini hanya segelumit masyarakat saja yang telah mendengar dan mengetahui keberadaan situs tersebut di tengah publik dunia maya Indonesia. Alasan yang terjadi mungkin karena kurangnya partisipasi pengguna / pengunjung situs dalam menyebarkan informasi kepada individu - individu lain yang diketahui belum pernah mendengar sedikitpun mengenai situs tersebut. Selain itu, tidak adanya sosialisasi atau pengenalan kepada masyarakat oleh pihak - pihak terkait yang memang wajib berpartisipasi dalam pengembangan dan pelestarian situs.

Salah satu pihak yang termasuk didalamnya tidak lain adalah pemerintah. Pemerintah Indonesia sangatlah wajib turut berpartisipasi mengembangkan dan memajukan IndonesiaKuno.com. Hal tersebut dikarenakan situs tersebut merupakan media informasi yang benar - benar sangat penting terhadap kelestarian ilmu pengetahuan mengenai sejarah tanah air di masa lampau. Dikarenakan IndonesiaKuno.com sangat membutuhkan partisipasi dan dukungan masyarakat, maka Plimbi berinisiatif untuk membuat tulisan ini sebagai tanda partisipasi Paseban dalam mendukung perkembangan dan kemajuan IndonesiaKuno.com, demi melestarikan dan memasyarakatkan ilmu pengetahuan sejarah tanah air kepada masyarakat luas, yang tidak hanya untuk kelompok masyarakat Indonesia saja, namun juga kepada para peminat sejarah Indonesia dari seluruh dunia. Untuk itu, mari kita simak ulasan singkat di bawah ini mengenai hal - hal apa saja yang bisa kita dapatkan dari situs sejarah IndonesiaKuno.com tersebut.

Di dalam situs sejarah IndonesiaKuno, anda akan disuguhkan dengan ribuan artikel yang keseluruhannya berisikan tentang sejarah dan pra sejarah yang terdapat di Indonesia. Dan dari semua artikel tersebut, dikelompokkan menjadi beberapa kategori sesuai dengan tema yang terkandung pada masing - masing artikel terkait. Setidaknya terdapat 59 kategori artikel yang terlampir pada sidebar sebelah kiri website.

Ke-59 kategori tersebut tidak lain adalah; Arca, Adalah Indonesia, Arkeologi, Artefak Pra Sejarah, Bangunan Pra Sejarah, Belajar Dari Sejarah, Bencana Alam, Benteng Kolonialis, Buddha di Indonesia, Buku, Candi, Edukasi, Evolusi Manusia, Fun Facts, Gedung Kuno, Gereja Kuno, Hukum, Inspiration from the Past, Kedatangan Bangsa Eropa, Kehidupan di Era Klasik, Kehidupan Periode Kolonisasi, Kehidupan Zaman Prasejarah, Kerajaan, Kerja Arkeologi, Kesultanan, Klenteng Kuno, Kota, Lingkungan, Manusia Pra Sejarah, Masa Kesultanan Islam, Membentuk Indonesia, Mereka Merekam Zaman, Mesjid Kuno, Mitos dan Legenda, Museum, Naskah Kuno,News dan Events, Opini, Para Penjelajah Waktu, Perang, Peristiwa Era Klasik, Peristiwa Periode Kolonisasi, Prasasti, Referensi, Relief Candi, Ritual, Riwayat Kuno, Riwayat Raja - raja, Rupa - rupa, Situs Pra Sejarah, Sultan, Tokoh Era Klasik, Tokok Kolonisasi, Video, VOC, VVIP Indonesia Kuno, Wangsa Penguasa, dan terakhir adalah kategori Wisata. Dari sekian banyak kategori yang disebutkan diatas, terdapat beberapa kategori yang bersifat khusus. Kategori - kategori tersebut diantaranya adalah Belajar dari Sejarah, Buku, Edukasi, Inspiring from the Past, Opini, News & Events. Mereka dikatakan khusus, karena masing - masingnya merupakan kategori artikel yang berisikan aktifitas, objek, dan pemikiran oleh para individu atau kelompok tertentu pada masa sekarang.

Untuk kategori Opini misalnya, anda akan menemukan berbagai pendapat atau opini dari pihak - pihak tertentu sebagai sebuah apresiasi dalam merespon berbagai hal, seperti tanggapan mengenai masalah banyaknya museum - museum yang tidak layak kunjung, kemudian perihal mengenai naskah - naskah kuno Indonesia yang saat ini berada diluar tanah air / di luar negeri, sehingga menimbulkan berbagai kontra dari para aktifis sejarah Indonesia. Sedangkan pada kategori Buku, anda akan disuguhkan dengan katalog buku yang masing - masing bertemakan sejarah Indonesia.

Beberapa buku yang tersedia diantaranya berjudul Kraton Panjang, Menyikap Sejarah Hindu - Jawa, 700 Tahun Sejarah Jawa, dan lain sebagainya. Bagi anda yang memiliki minat ataupun aktifis di dunia ilmu pengetahuan sejarah dan pra sejarah, situs sejarah IndonesiaKuno sangatlah direkomendasikan untuk dikunjungi. Selain itu, tidak ada salahnya bila anda saling berbagi informasi yang tersedia ke teman atau rekan anda. Karena dengan melakukan hal tersebut, berarti anda telah berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian informasi dan pengetahuan sejarah lampau miliki tanah air tercinta ini. [HRS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel