Mengenal Fungsi dan Macam - Macam Framework

19 Jun 2024 13:07 249 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
>Framework adalah platform yang tepat untuk membuat website atau aplikasi yang responsif dan lebih menarik. Dengan bantuan framework, artinya Anda bisa membuat website atau aplikasi dengan lebih cepat dan aman.

Framework adalah bagian dari kerangka pekerjaan untuk digunakan sebagai pengembangan aplkasi berbasis desktop atau pun aplikasi berbasis website. Dengan adanya framework, kalian dapat lebih mudah untuk melakukan pembuatan aplikasi atau website.

Karenanya, kalian hanya perlu Menyusun komponen komponen lainnya dari pemrograman yang sudah kalian buat agar kalian tidak perlu untuk membuat fitur fitur lain dari awal.

Framework sendiri merupakan fitur yang sering digunakan untuk membantu para developer mengembangkan suatu aplikasi atau website menjadi lebih cepat dan tersusun.

Dengan adanya framework, developer dan programmer tidak harus melakukan pengerjaan koding secara berulang – ulang

Berikut fungsi dari framework.

Fungsi Framework

Fungsi utama dari framework adalah untuk mempermudah para developer atau programmer dalam pengembangan suatu aplikasi dan website terkait dengan struktur Model View Controller (MVC) yang digunakan. Inilah tiga fungsi dari framewok:

  1. Program Yang Dibuat Menjadi Terstruktur dan Tersusun

Saat developer atau programmer mengerjakan suatu program yang besar, maka program yang akan ditulis menjadi semakin banyak. karena itu, proses debugging yang akan dilakukan menjadi lambat dan membuat pengerjaan menjadi lama. Disaat itu juga, kalian akan mencari kode yang error menjadi semakin sulit karena program yang tidak terstrukur

Maka dari itu, adanya framework ini menjadikan pengerjaan program kalian menjadi lebih terstruktur sehingga kalian bisa dengan mudahnya menemukan kode yang harus diperbaiki.

Beberapa framework bahkan menerpakan konsep Model View Controller (MVC) yang bisa memudahkan developer atau programmer untuk memisahkan antara logika dan view

  1. Praktis Untuk Developer

Saat kalian ingin mengembangkan suatu aplikasi atau website, pengerjaan kalian akan lebih mudah dan praktis Ketika kalian menggunakan framework. Alasan kenapa framework sangat mudah untuk membantu pengerjaan kalian karena framework sudah menyediakan kode yang berupa function dan class jadi untuk proses kalian untuk membuat software atau aplikasi menjadi lebih cepat. Kalian hanya cukup memanggil function dan class untuk dimasukan ke dalam kode program kalian

  1. Keamanan Yang Lebih Unggul

Betahun – tahun lamanya, keamanan aplikasi dan website menjadi perhatian yang sangat utama bagi para developer atau programmer. Beberapa developer sudah menggunakan banyak cara untuk pengamanan aplikasi dan website yang telah dibuat.

Disaat framework hadir, hampir kebanyakan developer atau programmer menjadi merasa lebih tenang soal keamanan aplikasi dan website yang mereka buat. Karena celah framework untuk keamanansudah diidentifikasi lebih dari 100 developer atau programmer ahli. Framework terus diperbarui versi untuk menambah fitur baru dan penanganan bug yang meminimalasir celah untuk keamanan framework.

Jenis – jenis Framework Untuk Pengembangan Website

  1. Framework JavaScript
  • Vue.js. Vue.js dapat disebut dengan framework pendatang atau framework yang baru, namun dengan cepatnya Vue.js menjadi popular. Vue.js sangat sederhana dan memiliki keamanan yang baik.
  • React.js. React.js cocok dan ringan untuk digunakan sebagai pengembangan suatu website besar. Memiliki fitur yang canggih.
  • Angular.js. Angular.js sangat direkomendasikan untuk programmer pemula terutama bagi kalian yang mau membuat atau mengembangkan suatu website dengan konsep RIA (Rich Internet Apllication) atau SPA (Single Page Apllication).
  • Node.js Node.js Mempunyai library server sendiri dan kalian tidak perlu menggunakan program server web dari luar.
  1. Framework CSS
  • Bootstrap. Bootstrap merupakan framework dari CSS yang sangat populer. Memiliki banyak sekali fungsi dengan elemen desain yang responsif, dan Booststrap lah yang pertama memiliki filosofi “Mobile-First”
  • PureCSS. Mempunyai modul – modul CSS untuk digunakan dan cocok untuk berbagai project.
  • Tailwind. Memiliki Library CSS yang mudah untuk di kustomisasi menjadikan kalian membuat UI dengan sangat cepat dan praktis
  1. Framework PHP
  • Laravel. Framework PHP ini adalah framework yang sangat populer di dunia. Mempunyai sintaks yang rapi dan singkat
  • Codeigniter. Cocok untuk  kalian yang ingin belajar framework PHP. Karena memiliki dokumentasi yang sangat lengkap dan juga mudah untuk dipahami menjadikan Codeigniter salah satu framework yang sering digunakan
  • Yii. Mempunyai performa yang baik dan performa yang baik untuk digunakan
  • Zend. Cocok digunakan untuk kalian yang sudah memiliki kemampuan mengerti dengan dasar – dasar PHP.
Tags Teknologi

About The Author

Arya Putra Kusumah 12
Novice

Arya Putra Kusumah

Hobi bermain game dan olahraga
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel