Berikut Penjelasan dan Fitur serta Fungsi dari Figma untuk Para Desainer

25 Jun 2024 14:50 163 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Figma merupakan tools yang dihadirkan untuk kalian para desainer yang bisa kalian gunakan pada Windows dan macOS untuk membuat sebuah prototype aplikasi dan desain lainnya.

Figma merupakan tools yang dihadirkan untuk kalian para desainer yang bisa kalian gunakan pada Windows dan macOS untuk membuat sebuah prototype aplikasi dan desain lainnya. Figma juga adalah salah satu aplikasi yang cocok untuk kalian membuat UI(user interface) dari aplikasi atau desain website.

Selain itu, figma juga dapat digunakan melalui situs website, jadi kalian tidak perlu untuk repot melakukan installasi pada PC kalian. Hanya dengan menggunakan jaringan internet, kalian sudah dapat menggunakan figma Dimana pun dan kapanpun.

Karena dapat digunakan secara online, figma secara otomatis akan menyimpan semua yang sedang kalian kerjakan. Maka dari itu, kalian tidak perlu khawatir jika nantinya pekerjaan kalian harus diulang dari nol.

Figma adalah salah satu dari banyaknya tools untuk desain seperti Adobe XD dan lainnya. Tetapi figma tetap menjadi pilihan yang populer untuk para desainer, terutama bagi kalian yang mengharuskan melakukan kolaborasi secara real time dengan tim.

Fitur Figma

Setelah kalian mengetahui ap aitu figma, sekarang saya akan menjelaskan fitur – fitur yang dimiliki oleh figma dan bisa kalian gunakan. Berikut fitur yang dimiliki figma:

  • Modern Pen Tool

Modern Pen Tool adalah fitur pertama yang bisa kalian gunakan di figma, fitur ini dapat membantu kalian untuk menggambar ke berbagaiarahdan bentuk dengan menggunakan vector networks. Sehinnga, kalian tidak perlu lagi untuk melakukan penghubungan ke titik awal.

  • Instant Arc Designs

Kedua, ada fitur Instant Arc Design yang bisa membantu kalian untuk membuat busur, lingkaran dan lainnya dengan mudah dan tidak perlu takut mendapat hasil yang jelek.

  • Open Type

Selanjutnya, ada Open Type yang bisa kalian gunakan untuk melakukan kostumisasi font yang menarik sehingga dapat mengekspresikan brand yang kalian punya.

  • Less Manual Resizing

Fitur berikutnya ada fitur yang dapat memudahkan kalian untuk melakukan penyesuaian pada ukuran teks di sebuah button dengan otomatis.

  • Stretch To Fill

Fitur untuk melakukan setting layout secara otomatis, ke semua arah secara responsive dan mudah.

  • Design Speaks Development

Fitur yang disediakan untuk mengatur padding, direction, dan spacing yang diterjemahkan langsung ke dalam kode sript.

  • Plugin

Fitur Plugin, adalah fitur yang digunakan untuk mempermudah kebutuhan desain kalian seperti icon, chart, dan lainnya.

 

 

 

  • Widget

Fitur ini hadir untuk kalian agar bisa menambahkan objek khusus ke dalam halaman editor atau FigJam. Berbeda seperti Plugin, fitur ini dapat memperlihatkan objek ke semua orang dalam satu file, sedangkan Plugin hanya dapat dilihat oleh kalian saja.

  • Easy Development

Figma dapat memudahkan kalian untuk kalian jika ingin melakukan lanjutan desain yang sudah dibuat.

  • Private Extensions

Perusahaan dapat membuat dan mendistribusikan private plugin dan widget sesuai dengan kebutuhan Perusahaan.

  • Unlimited Viewers

Fitur yang bisa kalian gunakan untuk mengundang orang lain untuk mlihat dan memberikan komentar secara gratis

  • Inspect Design Files

Para viewer dapat mengambil kode script dari hasil CSS, iOS, dan android.

Itulah fitur – fitur yang dimiliki oleh figma yang dapat kalian gunakan untuk pembuatan desain.

Fungsi Figma

Dengan fitur yang sudah tersedia pada figma, tentunya sangat memudahkan kalian untuk pembuatan desain bukan? Nah, kali ini adalah penjelasan untuk fungsi dari figma. Berikut fungsi dari figma:

  • Wireframe Aplikasi

Sebelum membuat desain dari aplikasi, desainer biasanya akan membuat Gambaran kasar yang disebut dengan wireframe. Yang ada pada wireframe ini adalah kerangka desain yang dibuat lebih visual.

  • UI Aplikasi dan Website

Fungsi dari figma sendiri adalah untuk pembuatan desain aplikasi. Figma menyediakan frame yang berbeda – beda seperti frame phone iPhone dan android, frame desktop dan tablet. Dengan banyak pilihan untuk memudahkan kalian melakukan desain yang nantinya diimplementasikan ke dalam kode script oleh programmer.

  • Prototype

Pada saat desain sudah selesai dibuat, desainer biasanya membuat untuk alur kerja dari aplikasi yang dibuat tersebut, dari halaman satu ke halaman lainnya. Proses ini disebut dengan prototype.

  • Mockup Desain

Figma juga berfungsi untuk membuat mockup. Mockup sendiri adalah desain yang nantinya diterapkan pada produk, mockup ini seperti maket yang bisa memberikan detail dari produk yang akan dibuat.

Tags Teknologi

About The Author

Arya Putra Kusumah 12
Novice

Arya Putra Kusumah

Hobi bermain game dan olahraga
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel