Sejarah Bahasa Pemrograman

28 Jun 2024 15:00 180 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bahasa pemrograman merupakan banyaknya intruksi standar yang melakukan perintah kepada computer, dan semua yang bergerak dalam bidang ini disebut dengan programmer. Pertama kali Bahasa pemrograman banyak dikenali pada saat adanya computer yang pertama kali diciptakan.

Apa Itu Bahasa Pemrograman?

            Bahasa pemrograman merupakan banyaknya intruksi standar yang melakukan perintah kepada computer, dan semua yang bergerak dalam bidang ini disebut dengan programmer. Pertama kali Bahasa pemrograman banyak dikenali pada saat adanya computer yang pertama kali diciptakan.

Hal itu dapat dikatakan bahwa Bahasa pemrograman dengan computer tidak dapat dipisahkan karena Bahasa pemrograman lah yang membuat computer dapat berjalan, karena computer tidak dapat berjalan jika tidak dengan Bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman merupakan Kumpulan sintak – sintak yang dipakai untuk membuat sebuah program aplikasi pada computer, Bahasa pemrograman memiliki fungsi utama yaitu untuk memudahkan semua orang untuk melakukan perintah kepada computer dan tingkah laku computer kepada program yang dibuat.

Jadi,  programmer hadir untuk menjadi penghubung user sehingga bisa melakukan interaksi yang mudah kepada computer.

Sejarah Bahasa Pemrograman

            Pertama kali Bahasa pemrograman ada pada mesin yang Bernama “Antikythera” pada zaman peradaban Yunani kuno. Antikythera merupakan kalkulator yang dibuat dari alat konfigurasi seperti roda gigi, tuas, dan lainnya untuk melakukan operasinya.

Setelah itu, mesin Bernama “Automata” dibuat oleh Al-jazari pada tahun 1206, dan pada tahun 1801 dibuat mesin Bernama “Jacquard Loom” oleh Joseph Marie.

Dahulu, pemrograman dilakukan secara manual dengan alat fisik seperti roda gigi, tuas, kawat dan lain – lain. Setelah itu, alat – alat yang lebih simpel dibuat untuk melakukan pemrograman oleh Charles Babbage. Tambah banyaknya fasilitas dan kualitas untuk melakukan pemrograman.

Charles Babbage  merupakan orang yang mencetuskan adanya konsep computer digital yang bisa deprogram.

Di tahun 1822, Charles Babbage membuat Kembali mesin yang Bernama Difference Engine, teapi mesin tersebut masih memiliki banyak kekurangan yang Dimana hanya dapat membuat satu tipe jenis dari pengeluaran.

Di tahun 1849, dibuatlah mesin versi keduanya dan menambah fitur Bernama “The Data Processing Machine” oleh Charles Babbage.

Proyek ini lalu dilanjutkan oleh anak laki – lakinya yang Bernama Henry Prevost, dia mengirimkan banyak Salinan yang didapat dari mesin tersebut ke berbagai institusi di berbagai belahan dunia

Dari tindakannya tersebut, mesin algoritma pada saat itu berkembang secara signifikan meningkat. Tahun 1854, logical system dibuat oleh George Boole dengan sebutan Boole Logic. Logika itu saat ini disebut dengan Boolean Operator.

Di sisi lain, Data Record dibuat pada tahun 1880 oleh Herman Hollerith, Hollerith Card diperkenalkan, yang mana itu adalah mesin yang dapat membaca data, membuat Tabulator dan Keypunch Machine, dan ditahun 1896 dibuatlah Tabulating Machine Company untuk menjadi inti dari International Business Machine Corporation (IBM).

Di tahun 1935, Binary Calculator Machine dibuat oleh Konrad Zuse seorang ilmuan asal German yang Bernama Z-1. Militer menngundang Konrad untuk membuat Z-2 yang dilanjut dengan Z-4.

Pada Z-4, Konrad mengalami kesulitan saat menggunakan Machine Language, saat itu lah dia menaikan masalah untuk mengabarkan kebutuhan supaya melakukan Pembangunan perangkat lunak pada computer agar bisa  mempermudah pekerjaan.

Setelah dilakukannya penelitian selama setahun. Bahasa pemrograman Tingkat tinggi pertama diciptakan dengan nama Plankalkul (Pan Calculus) dengan dibuktikannya kemampuan untuk membuat mesin catur pertama dalam computer pada tahun 1945.

Di tahun 1949, Bahasa pemrograman Tingkat tinggi untuk membangun computer elektronik Bernama Shortcode diciptakan oleh John Mauchly. Namun sayang, program tersebut pada saat itu, setiap kali dijalankan harus diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam Bahasa mesin, hal ini yang menjadikan performa dari program tersebut membutuhkan waktu yang lama.

Di tahun 1950an, Bahasa pemrograman Bernama autocode dikembangkan oleh Alick Glennie dari Universitas Manchester yang Dimana di tahun tersebut, Bahasa pemrograman ini adalah Bahasa pemrograman pertama yang menggunakan kompilator untuk menerjemahkan ke Bahasa mesin dengan otomatis.

Di tahun 1959, Common Business Oriented Language (Cobol) hadir menjadi Bahasa pemrogrman yang digunakan untuk minicomputer dan mainframe.

Pada tahun 1972, Bahasa pemrograman C dikembangkan oleh Dennis Ritchie dan Brian Kernighan, Bahasa pemrograman C awalnya diniatkan untuk mesin DEC PDP-11.

Di tahun 1985, Bahasa pemrograman C++ hadir dengan diadaptasinya dari Bahasa C yang dapat mendukung Object-Oriented Programming yang dibuat oleh Bjarne Stoustrup.

Pada saat itu, Bahasa pemrograman terutama C dan C++ membuka era baru yang mempengaruhi dunia untuk digunakan dalam pengembangan teknologi dan Bahasa pemrograman baru dengan keunikan yang berbeda – beda, seperti pada tahun 1995 lahir Bahasa pemrograman Java yang dibuat oleh Sun Microsystem, dan tahun 2000 yang Dimana C# dibuat oleh Microsoft.

Tags Teknologi

About The Author

Arya Putra Kusumah 12
Novice

Arya Putra Kusumah

Hobi bermain game dan olahraga
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel