Blender, Aplikasi Gratis yang Bisa Kalian Gunakan untuk Keperluan 3D

27 Jun 2024 12:40 117 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Blender, adalah sebuah software yang dapat kalian gunakan sebagai alat untuk membantu kalian dalam pembuatan grafika 3D seperti animasi, aplikasi 3D, video game, dan lain – lain. blender juga dapat memudahkan kalian untuk membuat kebutuhan 3D karena aplikasinya yang gratis dan open source. Blender cocok untuk digunakan sebagai studio kecil dan bisa mendapat keuntungan dari pipeline terpadu dan pengembangan yang responsif.

Blender, adalah sebuah software yang dapat kalian gunakan sebagai alat untuk membantu kalian dalam pembuatan grafika 3D seperti animasi, aplikasi 3D, video game, dan lain – lain. blender juga dapat memudahkan kalian untuk membuat kebutuhan 3D karena aplikasinya yang gratis dan open source. Blender cocok untuk digunakan sebagai studio kecil dan bisa mendapat keuntungan dari pipeline terpadu dan pengembangan yang responsif.

Blender juga bisa dipakai di berbagai system seperti Windows, Linux, dan macOS. Banyak software untuk 3D yang dapat digunakan selain blender, namun blender tetap menjadi pilihan utama hingga saat ini. Berbagai macam Fitur yang dimiliki oleh blender menjadi salah satu alasan mengapa blender tetap eksis hingga saat ini.

Sejarah Blender

Blender berawal pada tahun 1988 pada saat Ton Roosendaal memberikan dana kepada Perusahaan yang bergerak dalam bidang animasi yang Bernama NeoGeo. Pada saat itu, Perusahaan NeoGeo berkembang semakin pesat dan menjadi industri animasi  terbesar yang ada di Belanda. Namun, tahun 1995 muncul aplikasi Bernama Blender yang digunakan sebagai perangkat aplikasi.

Pada tahun 1998, Ton Roosendaal membangun Perusahaan dengan nama NaN (Not a Number) tujuannya supaya bisa memasarkan dan mengembangkan blender semakin jauh. NaN bercita – cita ingin membuat sebuah produk software untuk animasi 3D yang padat, lintas platform, gratis dan bisa digunakan oleh semua pengguna computer.

Setelah berjalannya proses yang Panjang dan tidak mau kalau nantinya blender ditelan waktu, Ton Roosendaal melakukan pembuatan organisasi nirlaba yang Bernama Blender Foundation. Organisasi ini dibuat untuk tujuan mempromosikan dan untuk pengembangan sehingga akan menjadi proyek sumber terbuka nanntinya.

Fitur Utama Blender

Blender menjadi software animasi 3D yang sangat populer dengan fitur – fitur nya yang sangat unik sehingga  dapat membantu dan mempercepat dalam pengerjaan projek 3D yang kalian buat. Diantaranya sebagai berikut:

  • Modifier

Fitur ini akan membantu kalian dalam melakukan operasi dengan otomatis yang mempengaruhi objek tanpa merusaknya. Fitur ini bisa membantu kalian dalam membuat efek secara otomatis untuk diperbarui manual tanpa harus terpengaruh pada objek geometri dasar yang kalian punya.

  • Seamless Sculpting

Dengan menggunakan fitur ini kalian dapat melakukan fleksibilitas yang kalian butuhkan dari beberapa proses jalur produksi digital. Misalnya kalian sedang melakukan pembuatan desain karakter atau eksplorasi.

  • Animation

Blender memiliki fitur Bernama animation (animasi) untuk pembuatan objek yang bergerak atau berubah secara real time. Fitur ini dapat kalian gunakan untuk mengubah posisi, atau ukuran secara real time dan bisa melakukan pembuatan untuk objek yang bergerak berdasarkan dari Gerakan objek lain.

  • Motion Tracking

Blender dapat memperlihatkan kamerayang siap dalam pelacakan objek, Dimana kalian dapat melakukan impor dari rekaman asli, melacak, menutupi area, dan rekontruksi pergerakan kamera secara langsung dalam adegan 3D

  • Scripting

Kalian tidak akan heran jika blender akan menghadirkan banyak ragam ekstensi yang dapat kalian on atau off kan dengan mudah. Dengan adanya ekstensi ini, kalian akan merasa mudah untuk melakukan pengerjaan projek yang nanti kalian buat. Ekstensi yang diberikan diantaranya seperti generator, 3D printing toolbox, dan lainnya.

  • Interface

Fitur ini akan adalah fitur yang sangat menarik, kenapa? Karena kalian dapat melakukan penyesuaian untuk tata letak dengan bebas. Seperti dengan membagi viewport, atau juga dapat disesuaikan dengan script dari python. Blender juga memberikan konsistensi dalam semua platform, tidak ada pop-up yang akan menggangu kenyamanan kalian, dan dukungan tampilan hi-dpi

Kelebihan Blender

  • Gratis

Blender ini adalah aplikasi editing 3D yang bisa kalian dapatkan secara gratis.

  • Open Source

Blender juga adalah aplikasi open source yang Dimana kalian dapat melakukan modifikasi sesuai keinginan kalian, tetapi harus sesuai dengan ketentuan General Public License.

  • Multi Platform

Kalian dapat menggunakan blender di semua operasi system.

  • Fitur Lengkap

Fitur yang dimiliki blender sangat lengkap mulai dari fitur untuk Video editing, game engine, dan sculpting

  • Update

Meskipun gratis, blender tetap akan melakukan pembaruan yang nantinya akan menghadirkan fitur baru yang menarik.

Kekurangan Blender

  • GUI sulit dipahami

GUI yang sulit dipahami, menjadikan para pengguna baru akan sedikit sulit untuk menggunakannya

  • Tool tidak lengkap

Tool yang tidak lengkap di dalam blender akan menjadi hal wajar karena aplikasi ini adalah aplikasi yang tidak berbayar

Tags Teknologi

About The Author

Arya Putra Kusumah 12
Novice

Arya Putra Kusumah

Hobi bermain game dan olahraga
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel