Apa itu JavaScript? Berikut Fungsi dan Kelebihan JavaScript

18 Jun 2024 16:30 211 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
JavaScript adalah bahasa pemrograman populer yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi, website, dan game. Ia memungkinkan halaman web menjadi dinamis dan interaktif, sering digunakan bersama HTML dan CSS. JavaScript juga mendukung pengembangan aplikasi mobile melalui framework seperti React Native, dan dapat dijalankan di server menggunakan Node.js. Kelebihannya termasuk mudah dipelajari, fleksibel, ringan untuk server, dan cocok untuk berbagai kebutuhan pengembangan.

JavaScript adalah salah satu Bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk pengembangan  Aplikasi, Website dan juga dapat digunakan untuk pengembangan game.

JavaScript juga salah satu Bahasa pemrograman yang sangat popular untuk dapat membuat situs website yang baik dan dinamis. Yang Dimana dinamis disini adalah halaman website yang dapat bergerak tanpa harus kalian reload untuk melihatnya dikarenakan fitur ini dapat berupa foto slideshow, gambar animasi, dan lain lain.  Juga jika kalian ingit membuat game onine berbasis website kalian dapat menggunakan JavaScript untuk membuatnya.

JavaScript juga sebenarnya dapat dikatakan selalu atau biasa berkolaborasi dengan Bahasa pemrograman HTML dan CSS. Yang mana HTML sendiri untuk struktur website dan CSS untuk pembuatan atau rancangan style atau interface pada website yang dibuat. Untuk penggunakan JavaScript ini dipakai agar membuat website menjadi lebih interaktif.

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang ada, JavaScript kini mempunyai banyak platform framework yang dapat digunakan, seperti React.js, Node.js dan framework JavaScript yang lainnya.

 

Fungsi JavaScript Yang Perlu Diketahui

  1. Membuat Website Menjadi Lebih Menarik

Dalam proses pengembangan suatu website, JavaScript dapat membuat website tersebut menjadi menarik dan interaktif.

Seperti, konten yang dapat bergerak juga memperbarui waktu nyata atau real time tanpa harus reload website dari awal secara berulang – ulang.

  1. Membuat Mobile Aplikasi

Fungsi berikutnya adalah pembuatan pada aplikasi mobile. Aplikasi mobile, dulu hanya dapat dikembangkan menggunakan Bahasa pemrograman Java. Untuk sekarang aplikasi mobile dapat dikembangkan menggunakan JavaSript dengan mobile API.

Pembuatan aplikasi mobile seakrang semakin mudah dengan adanya framework JavaSript yang tersedia untuk mobile aplikasi seperti, React Native. Dengan adanya framework ini, kalian dapat membuat aplikasi mobile dengan dua system yaitu android dan iOS.

Pengembangan Game Berbasis Website

Tidak hanya untuk halaman webite, JavaSript juga dapat digunakan untuk pengembangan suatu game online yang berbasis web.

Untuk pembuatan game berbasis web ini, kalian dapat membuat game menjadi lebih menarik dengan melakukan kombinasi dengan HTML5.

  1. Untuk menjalankan Web Server

Seiring dengan perkembangan saat ini, Bahasa pemrograman JavaScript tidak hanya bekerja untuk browser saja, tetapi dapat juga untuk server dengan menggunakan Node.js

Node.js dapat mengeksekusi kode JavaScript untuk server hingga dapat menjalankan situs web, aplikasi web, dan game online berbasis web

Node.js dapat menangani lebih banyak proses secara bersamaan, tanpa harus menunggu salah satu proses selesai. Sehingga proses yang dilakukan dapat berjalan lebih cepat

Kelebihan JavaScript

  1. Mudah Dipelajari dan Dipahami

Bahasa pemrograman memilki Tingkat kesulitan yang berbeda beda. Nah, JavaScript menjadi salah satu Bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari dan dipahami.

Penulisan kode yang singkat menjadi salah satu kenapa JavaScript dapat mudah untuk dipahami dan dipelajari.

  1. Fleksibel Untuk Digunakan

Dulu, Bahasa pemrograman untuk web kebanyakan menggunakan PHP. Karena semua logika untuk web dibuat untuk sisi server.

Dengan adanya Bahasa pemrograman JavaScript, website yang dibuat akan menjadi lebih dinamis dan interaktif. Dan dengan perkembangan yang ada, Bahasa pemrograman ini tidak hanya digunakan untuk web browser saja. Tetapi juga untuk sisi server karena adanya Node.js

  1. Beban Untuk Server Lebih Ringan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Ketika user mengakses website, script akan diunduh di perangkat user. Script kemudian akan diproses di browser user. Lalu, browser memulai penampilan halaman website

Untuk proses kerjanya di sisi server dinilai sangat efisien karena cara kerjanya yang sifatnya non-blocking. Yang Dimana prosesnya tidak akan berhenti dengan satu proses saja. Bahkan, dapat melakukan proses dengan secara bersamaan, jika untuk proses sebelumnya tidak membutuhkan output.

Jadi dapat disebutkan bahwa JavaScript memilki beban yang ringan untuk di server

  1. Dapat Digunakan Untuk Semua Kebutuhan

JavaScript dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Tidak hanya di tampilan(front end) tapi juga dapat mengelola server(backend) dengan menggunakan Node.Js

Dengan menggunakan Bahasa pemrograman JavaScript. Kalian dapat mengembangkan website dengan lebih efisien. Karena kalian tidak perlu repot repot untuk menggunakan Bahasa pemrograman lain.

Tags Teknologi

About The Author

Arya Putra Kusumah 12
Novice

Arya Putra Kusumah

Hobi bermain game dan olahraga
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel