Apakah Benar Nanas Bisa Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh?

14 Nov 2023 11:16 468 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apakah Benar Nanas Bisa Menurunkan Kolesterol Dalam Tubuh

Nanas adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung nutrisi seperti vitamin C, mangan, serat dan antioksidan. Kandungan ini menjadikan nanas sebagai pilihan makanan yang sehat dan bergizi. Nanas dipercaya dapat menurunkan kolesterol yaitu sejenis lemak yang terdapat dalam tubuh dan memegang peran penting dalam fungsi sel dan produksi hormon. Terdapat alasan mengapa mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh menjadi hal yang sangat penting. Kolesterol yang sangat tinggi bisa meningkatkan risiko munculnya masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung koroner, aterosklerosis, dan masalah kesehatan lainnya. Lantas benarkah nanas dapat menurunkan kolesterol ? Simak penjelasan kami berikut ini.

Terdapat beberapa buah yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol yaitu beri-berian kemudian apel, pepaya, jeruk, semangka, pisang dan juga nanas. Untuk buah nanas, dalam 100 gram nanas terdapat 46 kalori, 0,4 gram protein, 10,8 gram karbohidrat, 0,1 gram lemak dan 2,8 gram serat. Nanas adalah sumber yang sangat baik dari vitamin C dimana pada 100 gram buah ini mengandung sekitar 47,8 mg. Buah ini kaya akan antioksidan, flavonoid dan asam fenolik yang membantu melawan peradangan. Nanas juga mengandung vitamin A, B6, E dan K yang mendukung pertumbuhan, ,elawan infeksi dan mengatur kadar kalsium dalam darah. Salah satu kandungan buah nanas yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol adalah bromelain, adalah suatu zat yang ditemukan dalam nanas membantu mendukung aliran darah yang sehat dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan mengurangi penumpukan kolesterol dalam arteri. Meskipun demikian jus nanas menunjukkan potensi dalam mengurangi atau setidaknya mengendalikan kadar kolesterol secara alami.

Mengolah buah nanas menjadi jus adalah salah satu cara yang lezat dan sehat untuk mendukung penurunan kolesterol. Berikut ini adalah cara mengolah nanas menjadi jus untuk tujuan tersebut.

Sediakan alat dan bahan : nanas segar pilih yang matang dan manis secukupnya saja yan sudah dikupas dan dibersihkan, blender atau juicer, segelas air matang, madu sebagai pemanis tambahan. Langkah membuat adalah potong-potong buah nanas kemudian letakkan potongan buah nanas ke dalam blender atau juicer selanjutnya anda bisa menambahkan segelas air jika ingin jusnya lebih encer atau tidak terlalu kental. Proses nanas hingga menjadi jus yang halus. Jika menggunakan blender, mungkin perlu dtambahkan sedikit air untuk membantu proses pencampuran. Jika ingin menambahkan rasa manis, anda dapat menambahkan sedikit madu (namun disarankan untuk tidak menambahkan bahan pemanis). Jika ingin mendapatkan jus nanas yang bening, anda bisa menyaring jus ini melalui saringan halus atau kain kasa bersih. Tuang jus ke dalam gelas lalu bisa tambahan es batu jika diinginkan dan nikmati sebagai minuman segar.

Dikutip dari laman TheHealthSite.com, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Medical Science Monitor edisi Desember 2005 menemukan bahwa tikus yang mengkonsumsi jus nanas mengalami penurunan jumlah partikel lipoprotein. Partikel lipoprotein ini memiliki hubungan langsung dengan resiko terjadinya penyakit kardiovaskular yang fatal. Meskipun penelitian ini menjelaskan bagaimana jus nanas memberikan efek positif pada tikus, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan apakah hal yang sama berlaku pada manusia. Meskipun demikian jus nanas menunjukkan potensi dalam mengurangi atau setidaknya mengendalikan kadar kolesterol secara alami.

Manfaat lain dengan mengkonsumsi buah nanas adalah mempermudah buang air besar pada penderita sembelit, membersihkan jaringan kulit mati dari dalam, penurun panas dan demam pada anak-anak, pencahar alami, membantu mengobati radang sendi, meningkatkan imunitas, menciptakan kolagen dan mencegah kanker. Anda bisa memanfaatkan buah ini sebagai buah meja yang dimakan segar begitu saja atau dicampur sebagai salad sehat, selai dan manisan nanas buat camilan sehat untuk anak-anak.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel