Peran Hewan Chordata Bagi Manusia

11 Aug 2023 16:10 840 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fakta Tentang Peran Chordata Bagi Manusia

Hewan Chordata adalah salah satu jenis hewan yang mempunyai tulang belakang sama seperti kelompok Animalia juga dapat dibedakan berdasarkan tulang belakangnya. Jika diketahui seekor binatang memiliki tulang belakang maka dapat dipastikan binatang ini termasuk ke dalam kelompok vertebrata sedangkan hewan yang tidak mempunyai tulang belakang masuk ke dalam kelompok Invertebrata. Chordota masuk ke dalam kelompok Animalia Vertebrata akan tetapi tidak semua Chordata adalah Vertebrata. Pengelompokan hewan pada filum ini dibagi berdasarkan pada :

  • Rongga tubuh atau selom.
  • Habitat.
  • Jumlah lapisan jaringan embrio.
  • Kelengkapan organ (respirasi, ekskresi, pencernaan, reproduksi dan juga saraf).
  • Anggota gerak (sayap, kaki, tangan dan juga sirip).
  • Tidak adanya tulang belakang.

Hewan Chordata sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari maka tidak bisa dipungkiri juga apabila hewan Chordata mempunyai peran bagi kehidupan manusia yaitu :

1/ Sumber makanan bagi manusia

Beberapa hewan Chordata dapat menjadi sumber makanan bagi manusia. Namun tidak semua hewan ini dapat dimakan, salah satu contoh hewan yang tidak boleh dimakan adalah hewan Chordata yang tidak mempunyai tulang belakang. Meskipun demikian, masih banyak yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber makanan dari hewan Chordata. Terutama adalah sebagai sumber protein hewani yang bagus untuk memenuhi protein sangat dibutuhkan oleh manusia. Misalnya adalah ikan, daging sapi, daging kerbau, daging domba, susu sapi, daging ayam, telur ayam dan lain sebagainya yang tinggi akan kandungan protein.

2/ Sebagai obat-obatan atau jamu

Contohnya adalah sarang burung wallet, ikan hiu, ikan kod, telur burung, telur ayam, ular dan lain sebagainya. Seperti halnya minyak burung bulus yang dipercaya bagus untuk menjaga serta peremajaan kulit. Lalu ada sirip ikan hiu yang ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti ginjal, paru-paru, menjaga peremajaan kulit serta meningkatkan nafsu makan. Bisa pada ular serta minyak ular dipercaya bisa dijadikan sebagai obat berbagai macam penyakit seperti kanker, menurunkan tekanan darah atau bahkan mengatasi gangguan sistem saraf. Selain itu dikenal kelompok hewan Tunicata yang termasuk dalam terumbu karang akan tetapi mempunyai kandungan bahan kimia unik sehingga bisa digunakan menjadi obat.

3/ Bermanfaat dalam bidang penelitian

Kelompok hewan Chordata mempunyai manfaat dalam bidang penelitian terutama yang ada hubungannya dengan bidang arkeologi. Karena hewan Chordata bisa menjadi petunjuk asal-usul Vertebrata dari pandangan evolusi. Dari sisa-sisa tulang hewan Chordata purba yang ditemukan masih tersisa sehingga bisa membantu kelancaran penelitian untuk menunjukkan perkembangan evolusi.

4/ Menjadi hewan peliharaan

Hewan Chordata bisa difungsikan sebagai hewan peliharaan. Banyak hewan Chordata yang bisa dipelihara seperti kelinci, burung, kucing, reptil dan lain sebagainya. Selain itu terdapat hewan Chordata yang dipelihara untuk menjadi hiasan yang dapat menambah nilai-nilai estetika. Seperti ikan hias dan juga burung hias yang sengaja dipelihara untuk menambah keindahan. 

5/ Industri tekstil

Dalam industry tekstil kelompok hewan Chordata sangat bermanfaat. Contohnya adalah bulu pada hewan domba bisa diolah menjadi bahan dasar membuat jaket yang cocok dikenakan pada musim dingin karena bisa menghangatkan tubuh. Lalu kulit sapi, kulit buaya dan kulit kerbau bisa diolah menjadi bahan tas kulit, ikat pinggang dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel