Mengenal Penyakit Kulit pada Anak Sejak Dini

8 May 2023 14:55 1149 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Penyakit Kulit Pada Anak Sejak Dini

Penyakit kulit tidak hanya menyerang orang dewasa saja melainkan penyakit ini bisa juga dialami oleh anak-anak. Ada beragam jenis penyakit kulit yang mudah menyerang anak-anak dengan penyebab yang berbeda-beda mulai dari reaksi alergi hingga paparan zat tertentu. Dengan mengetahui jenis-jenisnya maka akan memudahkan langkah penanganan yang bisa anda lakukan terutama pada kelompok bayi dan balita yang lebih beresiko mengalami penyakit kulit karena daya tahan tubuh mereka belum berkembang dengan sempurna. Dimana diketahui bahwa penyakit kulit ada yang bersifat ringan dan mudah sembuh dengan sendirinya tetapi ada pula yang bersifat serius dan membutuhkan penanganan langsung oleh dokter.

Beragam Penyakit Kulit Pada Anak

Penyakit kulit pada anak umumnya tidak jauh berbeda dengan penyakit kulit yang menyerang orang-orang dewasa. Meskipun demikian ada beberapa penyakit kulit yang umum dialami oleh anak-anak antara lain sebagai berikut :

1/ Ruam Popok (Diaper Dermatitis)

Ruam popok adalah peradangan kulit yang terjadi terutama di bagian bokong dan lipatan paha sebagai akibat pemakaian popok yang terlalu lama. Tetapi ruam juga bisa muncul sebagai akibat bahan popok yang tidak cocok dengan kulit bayi. Ruam popok merupakan salah satu bentuk dermatitis kontak iritan. Meskipun demikian, gangguan kulit ini biasanya terbatas pada lokasi yang ditutupi popok saja sehingga penanganan dapat difokuskan pada daerah tersebut saja.

2/ Kerak Kepala Bayi (Cradle Cap)

Jenis penyakit kulit ini biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir hingga yang berusia tiga tahun. Kondisinya ditandai dengan adanya sisik putih atau kuning di area permukaan kulit kepala bayi yang tebal. Istilah medis terhadap kondisi ini adalah cradle cap atau dermatitis seboroik. Meskipun penyakit ini jarang terjadi, kerak atau kulit bersisik dapat muncul pada beberapa bagian tubuh lain seperti alis, kelopak mata, telinga, lipatan hidung, belakang leher dan ketiak. Dalam beberapa kasus penyakit ini bisa menyebabkan kulit berkerak lalu mengeluarkan cairan kekuningan. Meskipun demikian, penyakit ini biasanya akan hilang dengan sendirinya. Bila terus muncul dalam jangka waktu yang lama disarankan segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

3/ Eksim

Penyakit eksim atau dermatitis atopik adalah salah satu jenis penyakit kulit yang ditandai dengan kulit kemerahan dan terasa gatal. Penyakit kulit ini pada umumnya bersifat kronis tetapi bisa mereda dengan sendirinya. Pada sebagian anak, eksim kadang-kadang disertai dengan gejala asma. Bila si kecil mengalami eksim maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meredakan gejalanya adalah sebagai berikut :

  • Mandikan si kecil dengan air hangat dan gunakan sabun khusus bayi berbahan lembut.
  • Gunakan pelembab seperti petroleum jelly.
  • Hindari si kecil dari faktor pemicu eksim misalkan makanan atau produk perawatan kulit tertentu.
  • Pastikan si kecil tidak menggaruk area kulit yang gatal agar tidak menimbulkan luka atau infeksi.

Apabila tindakan tersebut di atas belum mampu meredakan eksim pada anak maka dokter mungkin akan meresepkan krim atau salep untuk meredakan gatal yang dialami oleh anak.

4/ Campak

Campak adalah salah satu jenis penyakit kulit pada anak yang disebabkan oleh virus. Gejala utamanya adalah muncul berupa ruam di kulit dan demam tinggi, dimana kondisi ini mirip dengan penyakit lain yaitu rubella dan roseola infantum. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, penyakit campak dapat mengakibatkan komplikasi serius pada anak-anak seperti pneumonia. Sebagai langkah pencegahan, pastikan si kecil telah menjalani vaksinasi campak. Pemberian vaksin campak pada anak-anak dapat meminimalkan risiko terkena penyakit ini.

5/ Cacar Air

Cacar air adalah salah satu jenis penyakit kulit yang biasanya menyerang anak-anak tetapi kadang-kadang orang dewasa pun bisa terkena penyakit ini meskipun jarang terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus Varicella Zoster. Gejala cacar air adalah berupa demam panas disertai dengan muncul ruam di kulit. Ruam-ruam ini muncul dalam bentuk lepuhan, bintik-bintik dan berubah menjadi koreng. Cacar air pada umumnya berlangsung selama seminggu dan bisa dengan mudah menular ke anak-anak lain dalam waktu yang cepat. Namun kini ada program vaksinasi yang sudah dilakukan secara luas, sehingga penyakit kulit ini semakin jarang diderita oleh anak-anak.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel