Manfaat Petai untuk Kesehatan Tubuh

12 May 2023 10:03 1056 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Manfaat Petai Untuk Kesehatan Tubuh

Petai adalah salah satu jenis sayuran yang termasuk ke dalam kategori polong-polongan dan di Indonesia kerap dijadikan sebagai bahan untuk campuran masakan yang ditumis atau dijadikan lalapan segar sebagai teman makan sambal terasi dan nasi putih. Namun petai tak semata hanya menjadi bahan masakan saja karena ternyata petai segar diketahui menyimpan beberapa manfaat yang bagus untuk kesehatan. Melansir dari alodokter.com, berikut adalah 4 manfaat petai untuk menjaga kesehatan tubuh.

1/ Mengatasi infeksi

Diketahui bahwa ekstrak petai memiliki kemampuan untuk membasmi kuman dan jamur yang menjadi penyebab utama munculnya infeksi. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan di beberapa laboratorium dimana berhasil menemukan petunjuk bahwa petai memiliki potensi sebagai anti bakteri dan anti jamur. Meskipun demikian, masih dibutuhkan penelitian yang lebih mendalam agar mendapatkan hasil yang lebih akurat tentang seberapa efektif dan seberapa aman petai dikonsumsi sebagai obat infeksi.

2/ Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kedua dari petai adalah memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan jantung. Petai mempunyai khasiat yang luarbiasa bagus karena di dalamnya ada kandungan kalium dimana zat ini memegang peran penting dalam menjaga denyut jantung dan tekanan darah tetap stabil.

3/ Meningkatkan imun tubuh dan kaya akan antioksidan

Petai segar diketahui banyak mengandung vitamin C dalam jumlah besar. Vitamin C dalam hal ini bermanfaat untuk menjaga sistem daya tahan tubuh agar tetap bugar. Petai mengandung zat anti oksidan yang memegang peran penting dalam menangkal radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh. Dimana diketahui bahwa radikal bebas yang menumpuk pada tubuh mempunyai potensi menimbulkan beberapa penyakit berbahaya seperti kanker dan kardiovaskuler.

4/ Mengontrol gula darah

Di dalam petai segar terdapat beberapa zat kimia yang mempunyai manfaat bagus untuk mengontrol gula darah. Beberapa zat tersebut adalah antioksidan, beta-sitosterol dan stigmasterol. Zat-zat tersebut ampuh mencegah lonjakan kadar gula darah di dalam tubuh.

Meskipun petai mempunyai beberapa manfaat yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh namun anda perlu mewaspadai jika ingin mengkonsumsi sayuran ini apalagi setiap hari. Mengkonsumsi petai dalam jumlah banyak ternyata memiliki dampak yang kurang bagus untuk menjaga kesehatan ginjal. Juga untuk para penderita asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi sayur ini secara berlebihan karena akan membuat kondisi asam urat menjadi semakin memburuk.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel