Manfaat Gerak Cepat untuk Tubuh Bugar

10 Apr 2023 13:20 490 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Manfaat Gerak Cepat Untuk Tubuh Bugar

Apakah anda mengetahui bahwa ada banyak kegiatan harian di dalam maupun di luar rumah yang dilakukan sekitar satu menit saja dengan tujuan meningkatkan detak jantung di dalam tubuh anda ? Seperti penelitian kesehatan yang telah dilakukan oleh seorang profesor yang mendalami aktivitas fisik di University of Sydney’s Charles Perkins Centre bernama Emmanuel Stamatakis, PhD, MSc. Dan hasil penelitian beliau telah disiarkan seperti di Health beberapa waktu lalu. Meningkatkan kecepatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti melakukan hal-hal kecil contohnya adalah menaiki tangga, menenteng tas berisikan belanjaan dapur, membersihkan rumah atau berkebun dapat membantu mengurangi risiko kematian dini terutama akibat penyakit kardiovaskular, demikian penjelasan beliau dalam jurnal Nature Medicine yang terbit bulan Desember tahun 2022 lalu.

Manfaat Kecepatan Gerak Tubuh Untuk Kesehatan

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah merekomendasikan beberapa orang untuk melakukan olahraga sekitar 30 menit setiap hari atau rata-rata 150 menit seminggu. Penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah aktivitas yang lebih kecil dapat membantu memberikan manfaat nyata dalam hubungannya dengan umur panjang. Untuk keperluan penelitian yang dilakukan selanjutnya, tim peneliti memeriksa data pelacak kebugaran dari 25.000 orang di Inggris selama 7 thaun. Orang-orang dalam penelitian ini berusia sekitar 40 tahun atau lebih. Ada petunjuk yang menjelaskan bahwa bukan tidak mungkin orang-orang yang jarang berolahraga dalam penelitian ini tidak tahu secara tak sengaja bahwa mereka sebenarnya sedang melakukan aktivitas fisik yang berat. Karena para peserta tidak berolahraga secara teratur, maka hal inilah yang memungkinkan para peneliti untuk fokus hanya kepada setiap gerakan mereka sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Para peneliti selanjutnya menemukan bahwa hanya tiga sampai empat kali gerakan-gerakan penambahan kecepatan yang dilakukan selama satu menit setiap hari bisa dihubungkan dengan penurunan risiko kematian hingga mencapai angka 40 persen terhadap semua penyebab kematian terutama karena kanker dan sisanya adalah hingga 40 persen adanya pengurangan terhadap penyakit kardiovaskular bisa dihubungkan dengan risiko kematian. Secara keseluruhan, penelitian tersebut di atas menunjukkan adanya manfaat aktivitas fisik terhadap kesehatan dan umur panjang dan disarankan untuk melakukan banyak aktivitas dalam kehidupan sehari-hari meskipun hanya dalam waktu yang singkat dapat berguna terutama bagi orang-orang yang tidak aktif dan jarang berolahraga.

Menurut penjelasan dari penelitian yang dilakukan oleh profesor kedokteran di University of Minnesota School of Medicine’s Cardiovascular Division, Daniel Duprez bahwa apabila anda jarang atau tidak suka berolahraga tetapi anda melakukan aktivitas berat setiap hari maka risiko kanker dan penyakit berat lainnya akan lebih kecil menyerang anda daripada jika anda tidak melakukan apa-apa. Duprez mencatat bahwa penting untuk menekankan aspek kuat yaitu melakukan aktivitas yang dapat membuat jantung memompa di atas garis dasar atau detak jantung istirahat. Dimana diketahui ada banyak aktivitas sehari-hari dapat diubah dengan cara mengubah intensitasnya. Misalnya adalah dengan melakukan cara yang lebih energik dan tetap bersemangat. Alih-alih hanya berjalan menaiki tangga, pikirkan tentang bagaimana caranya untuk menambah kecepatan menjadi joging atau seseorang juga dapat memilih rute yang melibatkan anda untuk melakukan jalan menanjak alih-alih di tanah datar atau mencoba membawa semua tas belanjaan dalam satu perjalanan misalnya dari pasar menuju ke rumah.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel