Kepemimpinan Manajer yang Menjadi Tauladan Staff

31 Mar 2023 14:22 694 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kepemimpinan Manajer Yang Menjadi Tauladan Staf

Dikenal ada banyak jenis tipe atau gaya kepemimpinan yang bisa anda aplikasikan sebagai seorang pemimpin organisasi atau kelompok untuk urusan memimpin organisasi atau kelompoknya guna mencapai tujuan. Gaya kepemimpinan ini pada umumnya tidak bisa lepas dari karakteristik pribadi dari pemimpin namun gaya kepemimpinan juga bisa diusahakan dan disesuaikan dengan kondisi organisasi yang dikelola.Masing-masing gaya tentunya mempunyai sisi kelebihan dan kekurangan tersendiri sehingga tidak semua jenis gaya kepemimpinan akan disukai oleh setiap anggotanya.

Pada umumnya anggota suatu organisasi atau kelompok akan menyukai gaya kepemimpinan yang memberikan ruang gerak bagi mereka dalam mengeluarkan pendapat atau ikut berkontribusi dalam setiap pengambilan kebijakan organisasi. Atau gaya kepemimpinan yang memberikan kebebasan masing-masing anggota guna mengembangkan diri dan berinovasi.

Berikut di bawah ini akan dibahas mengenai beberapa tipe atau gaya kepemimpinan yang biasanya disukai oleh karyawan/wati atau anggota organisasi.

1/ Gaya Kepemimpinan Demokratis

Yang pertama adalah gaya kepemimpinan demokratis merupakan gaya kepemimpinan yang mengandalkan kebersamaan diantara pimpinan dengan anggotanya dalam usaha mencapai tujuan organisasi atau perusahaan bersangkutan. Semua keputusan perusahaan tidak serta merta berada di tangan pimpinan, melainkan selalu melibatkan karyawan/wati. Dalam hal ini seorang pemimpin wajib menerapkan kesederajatan, kepemimpinan partisipatif atau konsultatif sehingga terciptalah suasana kondusif, saling menghargai dan menghormati dalam lingkungan perusahaan. Komunikasi yang terjadi adalah dua arah yang memungkinkan pemimpin mendapat masukan dan memberikan masukan kepada karyawannya. Ini tentu saja akan memberikan rasa nyaman bagi karyawan/wati di dalamnya meskipun demikian, seorang pemimpin juga harus tetap melaksanakan pengawasan kepada karyawan/wati secara wajar. Gaya kepemimpinan demokratif akan mampu meningkatkan kepuasan kerja karyawan/wati dan membantu terciptanya tim yang kuat sehingga produktivitas mereka menjadi semakin meningkat.

2/ Gaya Kepemimpinan Situasional

Tidak setiap jenis atau gaya kepemimpinan pas diterapkan dalam sebuah perusahaan dengan cara begitu saja tanpa melihat kondisi lingkungan perusahaan yang bersangkutan. Maka dari itu, disinilah gaya kepemimpinan situasional bisa digunakan oleh seorang pimpinan perusahaan guna menyesuaikan dengan kondisi perusahaan yang dipimpin. Berangkat dari keyaikanan bahwa tidak ada gaya kepemimpinan ideal, maka gaya kepemimpinan situasional ini cenderung mempunyai sifat yang fleksibel dan menekankan pada kondisi lingkungan perusahaan dan kesiapan karyawan/watinya. Alih-alih memaksakan suatu gaya kepemimpinan tertentu dalam sebuah perusahaan, pemimpin justru harus mampu melihat terlebih dahulu kondisi perusahaannya dan bagaimana kesiapan karyawan/watinya sebelum menentukan bagaimana cara atau gaya yang akan diterapkannya dalam memimpin mereka. Sehingga gaya kepemimpinan ini akan menjadi lebih bisa diterima oleh karyawan karena tidak bersifat saklek atau memaksa pada satu model atau gaya tertentu saja.

3/ Gaya Kepemimpinan Visioner

Diantara gaya kepemimpinan yang disukai oleh karyawan/wati adalah yang ketiga disebut dengan gaya kepemimpinan visioner. Seorang pemimpin yang visioner akan mampu merumuskan visi dan misi perusahaan serta memberikan arahan atau instruksi dengan jelas kepada para karyawan/wati guna mencapai tujuan yang diinginkan. Kejelasan visi, misi dan arahan itulah yang akan membuat karyawan/wati menjadi lebih mudah dalam memahami apa dan bagimana mereka harus bertindak. Di samping itu seorang pemimpin yang menerapkan gaya kepemimpinan visioner juga bersifat sangat terbuka akan masukan dan saran. Mereka juga akan mengutamakan peningkatan kualitas karyawan/wati demi untuk kebaikan perusahaan di masa mendatang.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel