Mengenal Fungsi Sosiologi dalam Masyarakat

30 Mar 2023 21:45 901 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Fungsi Sosiologi Dalam Masyarakat

Seperti diketahui bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa dipisahkan dari sosiologi. Definisi linguistic sosiologi merupakan ilmu yang di dalamnya mencakup sifat-sifat perilaku dan perkembangan masyarakat. Sosiologi juga mencakup ilmu tentang struktur dan proses sosial serta perubahan yang terjadi di dalamnya. Sosiologi adalah ilmu yang khusus mempelajari tentang hubungan manusia dan bagaimana mereka melakukan interaksi dalam suatu lingkungan masyarakat. Dalam perkembangan selanjutnya pengertian ini diperluas oleh para ahli di bidang sosiologi yang disebut dengan istilah sosiolog.

Ilmu sosiologi diaplikasikan guna mengetahui tentang perilaku individu dan pola interaksi masyarakat dalam suatu lingkungan baik antar individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok. Sosiologi tentunya mempunyai fungsi dan peran tersendiri untuk masyarakat. Tujuan penelitian sosiologi adalah dapat digunakan dan memberikan manfaat dalam bidang pembangunan, perencanaan sosial, penelitian dan pemecahan masalah serta solusi. Sebagai cabang ilmu, sosiologi mempunyai beberapa ciri utama yaitu empiris, teoritis, kumulatif dan tidak etis. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini kami ulas secara singkat tentang beberapa fungsi dan peran sosiologi lainnya bagi masyarakat, penjelasannya adalah sebagai berikut.

1/ Fungsi sosiologi dalam perencanaan sosial

Fungsi sosiologi yang pertama adalah melakukan perencanaan sosial. Perencanaan sosial merupakan salah satu langkah untuk mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi kondisi untuk masa depan yaitu dengan kata lain perencanaan sosial memproyeksikan masalah-masalah sosial yang belum terjadi tetapi mungkin akan terjadi dan muncul di masa depan. Pengembangan perencanaan sosial ini khusus ditujukan untuk bisa mengantisipasi berbagai permasalahan yang muncul dalam masyarakat tertentu. Dimana perencanaan tersebut disusun berdasarkan data-data factual sebagai sarana untuk dapat mengetahui adanya perubahan-perubahan yang sedang terjadi dalam masyarakat. Juga, hubungan sosial kerap dijalankan sebagai alat untuk mengetahui adanya perkembangan masyarakat sehingga bisa untuk menghimpun kekuatan-kekuatan sosial dalam masyarakat. Proses pencegahan atau antisipasi memang penting untuk menghindari dampak yang akan ditimbulkan oleh suatu masalah.

2/ Fungsi sosiologi dalam penelitian

Penjelasan fungsi yang kedua adalah pada waktu melakukan penelitian. Sosiologi menganalisa kondisi yang sedang terjadi dalam suatu masyarakat dengan mengaplikasikan metode ilmiah. Metode ini yang akan mengobservasi sebuah eksperimen. Dalam sosiologi penelitian bermanfaat dalam memberikan wawasan tentang kehidupan dalam masyarakat. Sebagai salah satu cabang ilmu yang keberadaannya sangat penting, sosiologi mempunyai teori dan objek penelitian ilmiah untuk dipelajari. Ini menyangkut ciri-ciri sosiologi itu sendiri dimana sosiologi yang diterapkan adalah bersifat empiris, teoritis, kumulatif dan tidak etis. Penelitian sosiologi bisa dilakukan dengan cara melihat berbagai perspektif kehidupan pada masyarakat misalnya adalah dengan cara melihat keadaan tingkat kemiskinan dalam suatu masyarakat dengan cara melihat adanya perbedaan sifat dan perilaku konsumen pedesaan dan perkotaan, dengan mengkaji dampak perilaku anak di rumah serta lingkungan.

3/ Fungsi sosiologi dalam pemecahan masalah

Yang ketiga adalah sosiologi dalam pemecahan masalah sosial dimana sosiologi dalam hal ini akan bekerja untuk memecahkan masalah-masalah sosial. Masyarakat dalam hal ini mempunyai banyak tantangan dan permasalahn sosial seperti kekerasan, kenakalan remaja dan perilaku criminal. Inilah yang akan melengkapi beberapa contoh konflik sosial seperti rasisme, intoleransi dan konflik horizontal dalam masyarakat. Peran sosiologi dalam hal ini adalah untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara menganalisa penyebab dan konteks masaah tersebut guna menemukan solusi yang tepat. Mengatasi masalah sosial menjadi penting karena masalah tersebut dapat berpengaruh pada ketertiban dan kenyamanan masyarakat luas. Ada beberapa  langkah untuk memecahkan masalah sosial yaitu dengan menggunakan metode represi (merupakan bentuk tindakan pencegahan yang sifatnya preventif atau pencegahan dimana manusia cenderung akan mempersiapkan sesuatu yang mungkin akan muncul. Metode restitusif adalah berupa suatu perbuatan imbalan kepada orang yang mentaati hukum.

Nah itulah beberapa fungsi sosiologi yang diterapkan secara umum dan menyeluruh sebagai ilmu sosial yang memperhatikan dan mengkaji perilaku masyarakat antara satu individu dengan individu yang lainnya.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel