Tips Lenyapkan Keputihan Menggunakan Daun Sirih

13 Apr 2023 10:41 907 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Tips Lenyapkan Keputihan Menggunakan Daun Sirih

Fakta menjelaskan bahwa tidak semua masalah keputihan harus diobati. Karena keputihan merupakan mekanisme alami tubuh wanita untuk membersihkan area dalam organ kewanitaan. Ketika seorang wanita sedang dalam masa ovulasi, menyusui atau saat terangsang maka sekresi dengan konsistensi cair atau kental berwarna bening atau agak putih ini jumlahnya akan meningkat. Tetapi keputihan dapat terjadi sebagai akibat adanya infeksi, jamur, bakteri dan parasite. Keputihan itu sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu keputihan yang normal dan keputidahn tidak normal yang dikenal dengan istilah keputihan abnormal atau leukorea patologis. Kondisi ini mempunyai ciri berwarna lebih kuning hingga hijau yang menyebabkan rasa gatal-gatal dan bau tidak sedap, bahkan kadang-kadang menimbulkan rasa sakit saat buang air kecil.

Bagaimana Cara Menghilangkan Keputihan Dengan Daun Sirih ?

Daun sirih adalah salah satu jenis tanaman herbal yang tumbuh subur di Indonesia dan sudah lama dikenal sebagai bahan obat beberapa jenis penyakit. Daun sirih dipercaya ampuh untuk meringankan atau menyembuhkan keputihan sekaligus menjaga kesehatan oragn kewanitaan. Manfaat daun sirih dalam hal ini adalah untuk menghilangkan keputihan karena daun tanaman herbal ini memiliki sifat-sifat anti jamur, anti bakteri, anti inflamasi dan anti oksidan. Secara ilmiah minyak atsiri dari daun sirih mengandung betle phenol, eugenol dan chavicol yang masing-masing bersifat anti bakteri dan anti jamur serta merupakan anti oksidan dan anti radang. Untuk dapat melenyapkan keputihan secara optimal maka daun sirih pada umumnya direbus untuk diambil sari daunnya saja. Air rebusan inilah yang selanjutnya diminum atau digunakan untuk membasuh area kewanitaan.

Secara umum, berikut adalah cara menggunakan daun sirih untuk menghilangkan keputihan antara lain sebagai berikut :

  • Siapkan 3-4 lembar daun sirih yang masih segar.
  • Potong-potong daun sirih tadi menjadi beberapa bagian kecil.
  • Rebus potongan daun sirih ke dalam 2 gelas air selama 5-10 menit hingga warna air rebusan berubah dan daun mulai layu serta air rebusannya berkurang menjadi setengahnya.
  • Saring air rebusan daun sirih tadi dan biarkan hingga suhunya turun.
  • Air rebusan ini bisa digunakan dengan 3 cara yaitu diminum secara langsung, dibasuhkan pada area kewanitaan sebagai pembersih atau diaplikasikan ke area miss-V dengan bantuan tampon.

Lebih mendetail, berikut di bawah ini kami berikan panduan menghilangkan keputihan dengan daun sirih :

1/ Air rebusan daun sirih diminum langsung

Yang pertama adalah membuat air rebusan daun sirih untuk diminum secara langsung. Setelah air rebusan daun sirih jadi, maka minuman ini bisa secara langsung diminum untuk tujuan menghilangkan keputihan. Minumlah air rebusan sirih ini sebanyak 2-3 hari sekali hingga gejala keputihan berkurang. Jika tidak berselera dengan rasanya maka anda boleh menambahkan madu dan perasan jeruk nipis agar rasanya lebih enak..

2/ Air rebusan daun sirih sebagai pembasuh

Jika anda hendak menggunakan rebusan air daun sirih sebagai pembasuh area kewanitaan maka air rebusan daun sirih sebaiknya benar-benar didinginkan terlebih dahulu. Selanjutnya basuhkan air ini dari arah depan ke belakang guna menghindari kontaminasi bakteri. Penggunaannya pun sebaiknya tidak secara berlebihan yaitu pakailah hanya 1-2 kali seminggu. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya perubahan pH pada area kewanitaan yang bisa berakibat pada ketidakseimbangan flora dan bakteri di dalamnya. Alih-alih menghilangkan keputihan, organ wanita bisa menjadi kering karena salah aturan memakai. Jadi harus berhati-hati.

3/ Mengaplikasikan rebusan daun sirih dengan tampon

Rebusan daun sirih juga bisa diaplikasikan ke area kewanitaan dengan bantuan tampon. Cara ini memiliki tujuan agar air rebusan daun sirih  dapat mengenai bagian dalam organ kewanitaan. Harapannya adalah efek penyembuhannya akan menjadi semakin baik. Caranya mengaplikasikan tampon daun sirih ini sangat mudah terutama ke bagian area kewanitaan. Anda hanya perlu mencelupkan tampon bersih ke dalam air rebusan daun sirih yang sudah disiapkan sebelumnya. Pastikan air rebusan sudah dingin sebelum anda gunakan. Setelah tampon menyerap air sirih, masukkan tampon ke dalam liang organ kewanitaan lalu diamkan kurang lebih 15 menit sebelum dicabut kembali. Lakukan cara ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu hingga keputihan membaik. Dan anda pun bebas dari penyakit ini.

Semoga bermanfaat.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel