Terjadinya Aurora di Alam Semesta

2 Mar 2023 11:13 477 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Terjadinya Aurora Di Alam Semesta

Yang dimaksud dengan aurora adalah pedaran cahaya yang memiliki warna biasanya muncul di atas cakrawala pada daerah-daerah yang lokasinya terletak di lintang tinggi. Kemunculannya karena adanya pembelokan arah angina dan sinar matahari oleh medan magnet bumi ke daerah kutub dan terjadi reaksi dengan partikel molekul di atmosfer. Terdapat dua jenis aurora yaitu yang berada di daerah kutub utara dinamakan dengan aurora borealis dan pada kutub selatan dengan nama aurora australis.

Borealis berada di wilayah kutub utara yang hanya akan muncul antara bulan September dan Oktober sedangkan untuk aurora australis muncul pada bulan Maret dan April setiap tahun pada belahan bumi selatan. Dalam hal ini aurora hanya terlihat ketika sedang memasuki musim gugur dan menjelang musim dingin karena pada waktu inilah wilayah kutub sudah menerima paparan sinar matahari sehingga siang hari menjadi lebih singkat daripada malam hari.

Berikut di bawah ini adalah proses terjadinya aurora :

1/ Adanya daerah-daerah dengan medan magnetic tinggi di suatu planet, dalam hal ini kemunculannya di sekitar wilayah kutub utara dan selatan bumi. Kenapa tidak terjadi di daerah khatulistiwa ? Karena poros magnetic planet bumi hanya terdapat di daerah kutub.

2/ Terdapat angina dan sinar matahari sebagai suatu aliran yang bermuatan kemudian terpancar dari area korona atau bagian terluar dari bagian matahari. Angin surya ini dipenuhi dengan proton yang mampu terlepas karena adanya bagian yang sangat panas di sekitar matahari dikenal dengan nama sunspot. Bintik matahari yang tampak adalah nama lain dari sunspot terbentuk karena adanya aliran konveksi dari pusat matahari sebagai tempat terjadinya reaksi termonuklir lalu mengalir menuju permukaan korona.

3/ Intensitas tinggi dari aliran konveksi tersebut di atas menyebabkan munculnya bagian wilayah lebih gelap dan memiliki suhu lebih dingin sehingga pada bagian sekitar area gelap inilah suhu menjadi meningkat. Tekanan arus yang terjadi secara terus-menerus akan menyebabkan sunspot jebol sehingga terbentuk flare  atau lidah api guna melepaskan partikel bermuatan yang dikenal dengan istilah angina surya dimana jika diukur memiliki kondisi lebih besar dapat memicu proses terjadinya badai matahari.

4/ Matahari bersiklus dimana sejumlah bintik pada permukaannya menjadi semakin banyak dan hal ini rata-rata terjadi setiap sebelas tahun. Dalam kondisi seperti ini ada sejumlah partikel bermuatan yang dilepaskan menjadi semakin besar sehingga dapat memicu aktivitas manusia di bumi seperti terganggunya sinyal satelit dan telekomunikasi serta jaringan listrik.

5/ Kecepatan lontaran angina matahari dalam bentuk plasma ini berkisar antara 20km/detik hingga mencapai 2000 km perdetik tetapi kecepatan rata-rata berada pada angka 350 km/detik. Dengan demikian membutuhkan waktu 1 hingga 3 hari untuk dapat mencapai bumi. Energi  yang dilepaskan dari semburan korona ini sangatlah besar yaitu 6x10x24 Joule sekali lontaran.

6/ Setelah energi bermuatan dari matahari sampai ke bumi selanjutnya akan langsung berinteraksi dengan partikel atmosfer  bumi untuk kemudian akan mendekati pusat magnetic yang berada di wilayah kutub sehingga terjadilah eksitasi relaksasi dari electron dan akan menyebabkan terbentuknya pedaran wrna yang menarik dan indah dikenal dengan istilah aurora.

7/ Aurora bisa menjadi indikator guna mengukur intensitas angina matahri dimana jika aurora muncul lebih lama dan bercahaya lebih terang dari biasanya berarti akan menjadi semakin kuat gangguan energi dari matahari dan hal ini kerap terjadi pada waktu aktifitas matahari sedang berada pada puncaknya yang bisa terjadi setiap 11 tahun sekali. Juga akan terjadi gangguan lanjutan di sekitar area medan kutub bumi yang sering disebut dengan istilah badai magnet / magnetic strom sehingga bisa memicu perubahan medan magnet secara mendadak.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel