Telur Ikan untuk Kesehatan? Ah Masa Iya?

6 Feb 2023 13:30 857 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Kebugaran Dan Tubuh Sehat Bisa Dijaga Dengan Mengkonsumsi Telur Ikan

 

Telur ikan adalah salah satu makanan yang saat ini banyak digemari di seluruh belahan dunia. Ini disebabkan karena rasanya yang enak dan bisa dibuat menjadi beragam resep masakan. Juga telur ikan memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan. Telur ikan berbentuk bulat dan bergerombolan dengan tekstur yang sangat lunak. Ukurannya kecil-kecil dan mengandung gizi sebagai berikut :

  • Kalori dalam telur ikan dengan jumlah satu sendok makan mengandung 19 sampai dengan 40 kalori yang berguna untuk menambah energi bagi tubuh dalam melakukan aktifitas sehari-hari.
  • Lemak diketahui sangat penting bagi tubuh untuk melindungi organ-organ penting dari benturan. Namun jika lemak dalam jumlah berlebih juga kurang bagus bagi tubuh.
  • Protein dari sebutir telur ikan bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel jaringan kulit mati dan menumbuhkan sel-sel jaringan baru pada tubuh.
  • Vitamin berfungsi untuk memberikan kesehatan bagi tubuh secara keseluruhan.
  • Zat besi berguna untuk mencegah penyakit anemia.

Itulah ragam jenis kandungan zat gizi yang terdapat dalam telur ikan untuk memberikan kesehatan dan kebugaran tubuh. Maka secara keseluruhan manfaat dari telur ikan untuk kesehatan antara lain adalah sebagai berikut :

1/ Kesehatan mata

Mata adalah salah satu indera yang berguna untuk melihat segala hal yang ada di sekitar anda. Karena fungsinya yang sangat penting bagi kehidupan maka perlu untuk merawat kesehatan mata yang dilakukan sejak dini. Vitamin yang bagus untuk menjaga kesehatan mata adalah vitamin A terdapat dalam sayur wortel. Namun penelitian kesehatan telah membuktikan bahwa manfaat teliur ikan juga bagus untuk kesehatan mata jika dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan.

2/ Mengatasi anemia

Anemia adalah salah satu masalah pada tubuh karena berkurangnya kemampuan hemoglobin untuk mengikat oksigen di dalam sel darah merah. Anemia membuat penderitanya sering merasa pusing, pucat dan mudah lelah. Untuk mengatasi anemia maka cobalah mengkonsumsi telur ikan karena manfaat telur ikan dapat mengatasi anemia dalam tubuh.

3/ Kanker payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang menjadi penyebab kematian terbesar bagi kaum wanita. Untuk stadium lanjut, kanker ini memang sangat sulit untuk disembuhkan. Namun saat ini sudah banyak penyuluhan yang diberikan agar para wanita selalu melakukan pemeriksaan sendiri. Karena kanker yang cepat terdeteksi masih mempunyai harapan untuk bisa sembuh. Penyebab kanker payudara adalah adanya faktor genetik dan juga faktor makanan yang tidak sehat. Mulai sekarang cobalah menjadikan telur ikan untuk mencegah kanker payudara.

4/ Mencegah alzheimer

Manfaat terakhir dari telur ikan adalah telur ikan dapat mencegah penyakit alzheimer. Penyakit ini merupakan penyakit yang banyak terjadi pada para lansia. Penyakit ini menyebabkan penderita mengalami kepikunan sehingga sulit untuk berkomunikasi dengan lawan bicara.

Resep Telur Ikan

Berikut adalah bahan yang harus disiapkan untuk membuat resep telur ikan yang dimasak dengan cara sederhana yaitu sebagai berikut :

  • 300 gram telur ikan bisa jenis telur ikan apa saja
  • Bawang putih dan bawang merah langsung dicincang 3 siung
  • Daun bawang, tomat secukupnya dan 2 lembar daun salam.
  • Lengkuas secukupnya digeprek
  • Garam dan merica bubuk secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Air hangat secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya adalah :

Panaskan minyak dalam wajan kemudian masukkan bawang putih dan bawang merah hingga tercium bau yang harum selama beberapa menit. Setelah itu masukkan potongan tomat, daun bawang, daun salam dan lengkuas yang sudah dicuci hingga bersih dan dipotong-potong dengan ukuran kecil kemudian aduk hingga rata sampai baunya tercium wangi. Barulah kemudian masukkan telur ikan yang sudah dibersihkan ke dalam bahan yang telah dimasak sambil aduk secara perlahan-lahan. Setelah 5 menit baru kemudian ditambahkan kecap manis dan air. Tambahkan garam dan merica ke dalam bahan-bahan tadi dan aduk-aduk secara perlahan hingga semua bahan tercampur dengan rata. Tutup wajan dan masak selama kurang lebih 3 sampai dengan 5 menit dengan api sedang. Setelah ditunggu hingga 5 menit angkat dan sajikan.

Semoga bermanfaat.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel