Kebiasaan Buruk Orang Tua dalam Mengasuh Anak Menjadikannya Dewasa Nanggung

25 Jan 2023 12:30 935 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kebiasaan Buruk Orangtua Dalam Mengasuh Anak Menjadi Salah Didik

Apakah benar pendapat yang mengatakan bahwa anak yang nakal disebabkan karena orang tuanya tidak perduli ? Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Ada orang tua yang perhatian tetapi juga tetap saja memiliki anak yang nakal. Ternyata ada beberapa kesalahan yang dilakukan dalam mengasuh anak. Seperti sikap anda kepada anak lebih keras daripada kata-kata. Sikap, pandangan, tujuan dan perspektif seorang anak sangat bergantung pada apa yang mereka pelajari dari orang tuanya.

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Melalui artikel kami kali ini akan melihat beberapa kebiasaan buruk orang tua dalam mengasuh anak-anaknya antara lain adalah sebagai berikut :

1/ Anak mengganggu terus-menerus

Apabila anak-anak anda sengaja mengganggu terus-menerus, ini disebabkan karena anda jarang mengajaknya bermain. Dia sedang cari-cari perhatian karena anda lebih sibuk memperhatikan pekerjaan.

2/ Anak sering bohong

Apabila anak-anak sering berbohong, ini karena anda selalu memarahinya terutama pada waktu melakukan kesalahan. Daripada jujur kena marah, dia lebih baik berbohong untuk menghindari kemarahan orang tua.

3/ Anak cengeng dan penakut

Jika anda memiliki anak cengeng dan penakut, ini karena anda terlalu banyak menasehati tanpa memberikan dorongan dan semangat. Orang tua harus bisa membedakan antara kata ‘jangan takut’ dengan ‘ayo kamu pasti bisa’.

4/ Anak tidak membela diri

Jika anak-anak anda tidak membela diri, ini karena sejak dini anda terlalu mengaturnya di depan umum. Orang tua seharusnya tidak melakukannya bahkan di depan saudara kandung, kerabat, sepupu apalagi teman-temannya.

5/ Anak mengambil barang yang bukan miliknya

Jika anda membelikan banyak mainan untuk anak-anak anda tetapi dia masih mengambil barang-barang yang bukan miliknya, ini terjadi karena anda tidak membiarkan mereka memilih barang yang diinginkan.

6/ Anak terlalu penakut

Jika anak anda terlalu penakut, ini karena anda terlalu sering membantu mereka. Jangan terlalu sering membantu menyingkirkan setiap rintangan yang mereka hadapi. Latih mereka untuk menghadapi rintangan yang ada.

7/ Anak cepat marah

Marah memang sifat yang wajar dimiliki oleh manusia tetapi menjadi tidak wajar kalau sedikit-sedikit marah. Jika anak anda cepat marah, bisa jadi ini karena anda jarang memuji mereka. Meeka hanya mendapat hardikan saat nakal tetapi tidak dipuji saat berbuat kebaikan. Seimbangkan antara memarahi dan memuji anak.

8/ Anak kurang terbuka

Jika anak-anak anda kurang terbuka, bisa jadi karena anda terlalu membesar-besarkan hal kecil. Masalah sepele yang dibesar-besarkan akan menyebabkan anak bersikap tertutup.

12. Anak berperilaku kasar

Apabila anak anda cenderung berperilaku kasar, hal ini dipelajari dari orang tua atau orang lain yang tinggal bersama mereka atau melihat secara tidak langsung melalui TV dan media sosial lainnya.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel