Masih ingin Tetap Bugar? Bengkoang Juga bisa Jadi Asupan Rekomendasi

5 Jan 2023 15:50 841 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jaga Kesehatan Tubuh Dengan Minum Sari Air Bengkoang

Bengkoang adalah salah satu jenis umbi yang sangat terkenal di Indonesia. Bengkoang mengandung air dalam jumlah besar yaitu sekitar 80% membuatnya sangat sering dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh manusia. Bengkoang memiliki nama ilmiah pachyrhizus erosus yang memiliki daging bertekstur renyah mengandung berbagai jenis senyawa yang berkhasiat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh diperoleh melalui minum sari buah bengkoang. Tersebut di bawah ini beberapa manfaat dari sari buah bengkoang untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, antara lain sebagai berikut :

1/ Mencegah dehidrasi

Kandungan air yang melimpah dalam buah bengkoang berfungsi membantu annda untuk mencegah dehidrasi. Maka dari itu bengkoang dapat menjadi salah satu pilihan untuk menjaga cairan tubuh tetap dalam jumlah seimbang khususnya ketika anda sedang menjalani puasa. Dengan makan bengkoang maka anda bisa dibantu untuk tidak mudah merasa haus dan bisa menjalankan aktivitas sebagaimana biasa meskipun sedang puasa.

2/ Bagus untuk menu diet

Karena bengkoang mempunyai berbagai kandungan zat yang luar biasa besar, bengkoang bagus dikonsumsi sebagai salah satu menu diet sehat. Bengkoang banyak mengandung karbohidrat sebagai sumber energi utama dan juga mengandung lemak meskipun kadarnya sangat rendah. Bengkoang mengandung juga vitamin dan mineral yang bagus untuk menopang kesehatan dan kekuatan tubuh dalam menjalani diet.

3/ Membantu mengobati maag

Ada kandungan alkali dalam bengkoang yang ampuh menghambat produksi asam lambung sehingga kondisi ini bagus untuk membantu penderita maag agar tidak merasa terlalu sakit serta mencegah kambuhnya maag dalam waktu singkat. Namun tetap harus diingat bahwa mengkonsumsi bengkoang haruslah dalam porsi seimbang (tidak berlebihan) karena justru dapat memicu iritasi lambung dan tentu saja ini berbahaya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4/ Melancarkan sistem pencernaan

Bengkoang banyak mengandung serat yang bagus untuk melancarkan sistem pencernaan dengan cara memaksimalkan kinerja organ dalam mencerna dan menyerap sari-sari makanan dengan lebih sempurna. Dengan begitu pencernaan menjadi lebih sehat dan pembuangan feses juga menjadi lebih mudah dan teratur.

5/ Membantu pembentukan enzim di dalam tubuh

Kandungan zat besi yang ada dalam bengkoang tidak hanya berguna untuk pengangkutan oksigen, namun juga untuk mengaktifkan beberapa jenis enzim yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini dapat membantu proses metabolisme yang jauh lebih berguna karena enzim bersifat sebagai katalisator atau disebut juga pemercepat proses.

6/ Membantu mengobati dan mencegah sariawan

Kandungan vitamin C dalam jumlah besar dalam bengkoang sangat membantu anda dalam mencegah maupun mengobati sakit sariawan. Manfaat vitamin C memang sangat bagus dalam menangkal penyakit ini dan akan membantu anda terhindar dari sariawan terlalu sering.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel