Tips Memilih Makanan Kucing Kampung yang Sehat

10 Jan 2023 16:55 852 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Tips Memilih Makanan Kucing Kampung Yang Sehat

Umumnya kucing kampung hampir sama dengan kucing ras yaitu sama-sama sebagai kelompok hewan karnivora obligat yang menyukai makanan mengandung protein dari hewani dan juga protein nabati. Meskipun demikian, ada sedikit perbedaan yaitu kucing kampung cenderung menyukai ikan atau daging dibandingkan jika diberi sayuran atau buah-buahan.

Semua jenis kucing dewasa yang memiliki berat rata-rata 5 kg secara hitungan akan membutuhkan asupan 300 kalori setiap hari dan untuk kebutuhan makanan biasanya dihitung dari berat rata-rata dari masing-masing kucing tersebut. Contohnya adalah bila kucing anda mempunyai berat rata-rata 5 kg makan sebanyak 2% dari jumlah berat badannya, berarti yang mereka butuhkan untuk dimakan dalam sehari adalah sebanyak 100 gram/hari.

Ragam Jenis Makanan Kucing Kampung Agar Mudah Gemuk

Menurut beberapa penjelasan dari para ilmuwan merekomendasikan ada beberapa petunjuk memilih makanan untuk diberikan kepada kucing kampung. Di dalamnya mencakup larangan seperti hindari memberikan makanan kucing yang mengandung bawang putih, bawang merah, kismis, rumput laut, cokelat, makanan yang berkafein atau makanan yang beralkohol. Sebaiknya hindari memberikan makanan yang tidak sepantasnya alias kurang sehat karena bila dilanggar akan sangat membahayakan si kucing meskipun dalam porsi yang seimbang. Nah di bawah ini kami berikan beberapa jenis makanan kucing khususnya untuk kucing kampung yang dianjurkan oleh ilmuwan, antara lain sebagai berikut :

1/ Berikan daging

Makanan kucing kampung yang pertama adalah daging. Dimana diketahui bahwa kucing kampung adalah salah satu jenis hewan karnivora alias pemakan daging yang sangat menyukai daging berprotein tinggi. Daging yang dimaksudkan adalah daging ayam dan daging sapi. Daging terlebih dahulu harus dimasak guna membuang bakteri jahat di dalamnya seperti bakteri salmonella yang sangat membahayakan kucing dan juga kucing pada umumnya belum terbiasa makan daging mentah. Bila ingin mencegah penyakit yang tiba-tiba bisa saja menyerang kucing peliharaan anda maka sebaiknya menyiapkan daging yang sudah dimasak seperti direbus.

2/ Berikan ikan

Yang kedua adalah berikan kucing peliharaan anda ikan yang menjadi salah satu makanan favorit khususnya bagi kuicng kampung namun tidak dianjurkan untuk memberikan ikan mentah atau sejenis makanan sushi yang biasa dimakan oleh orang Jepang karena dianggap berbahaya bagi kesehatan tubuh kuicng. Diketahui bahwa sushi menggunakan ikan tuna yang kadang-kadang mengandung merkuri dan bila diberikan dalam porsi besar bisa saja mengancam kesehatan kucing kampung. Untuk ikan yang sudah dimasak akan memberikan omega-3 serta asam lemak yang bisa membantu menyehatkan mata kucing (menjadi tajam). Memberikan ikan kepada kucing bisa juga mencegah kucing dari penyakit ginjal dan gangguan jantung. Jenis ikan yang bisa anda berikan adalah ikan lele, ikan teri, ikan bandeng dan segala macam jenis ikan air tawar lainnya.

3/ Berikan telur goreng

Telur banyak mengandung sumber protein dalam jumlah besar terutama pada bagian putih telur tetapi hindari mengkonsumsi telur mentah. Karena telur mentah menjadi tempat bersarangnya bakteri salmonella. Bakteri-bakteri yang terkandung dalam telur mentah bisa membuat kucing peliharaan anda menjadi rentan terserang penyakit sehingga direkomendasikan untuk memberikan telur yang sudah dimasak kepada kucing kampung peliharaan anda. Goreng telur menjadi orak-arik dengan menambahkan bumbu seadanya saja seperti garam dan penyedap rasa.

4/ Berikan tempe

Bukan manusia saja yang menyukai makan tempe, tetapi kucing juga suka makan tempe apalagi tempe yang sudah digoreng. Tempe mengandung protein nabati dalam jumlah tinggi dan bisa dimanfaatkan sebagai obat mencret pada kucing peliharaan anda. Tempe bisa menjadi makanan alternatif untuk kucing apabila stok makanan untuk kucing sudah habis dan butuh waktu untuk membelinya diluar rumah.

Minuman Untuk Kucing Kampung

1/ Berikan susu

Bukan hanya sehat diminum oleh manusia, kucing sangat menyukai susu yang diketahui banyak mengandung nutrisi mulai dari kalsium hingga protein. Kandungan nutrisi yang ada dalam susu jelas bagus untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan tubuh kucing. Tetapi yang dimaksudkan bukan susu sapi yang tidak dianjurkan diberikan kepada kucing karena sulit dicerna dengan maksimal dalam perut kucing. Berikan susu khusus untuk kucing yang bisa dibeli di petshop.

2/ Berikan air putih

Semua mahkluk hidup pastilah membutuhkan air dimana dalam hal ini air adalah tanda adanya kehidupan sehingga manusia, hewan dan tumbuhan sangat membutuhkan air seperti pada kucing kampung peliharaan anda. Memberikan air mineral kepada kucing anda dianjurkan setiap hari sehingga kucing tidak mengalami dehidrasi. Caranya sangat mudah tinggal ditaruh di sebuah wadah bersih yang berdekatan dengan wadah makanannya dan ingatlah selalu untuk mengganti atau membersihkan wadah minuman setiap hari.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel