Maag Akut Bisa Dihilangkan dengan Mengkonsumsi Obat Herbal Dari Daun Sirsak

12 Jan 2023 11:40 980 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Maag Akut Bisa Dihilangkan Dengan Mengkonsumsi Obat Herbal Dari Daun Sirsak

Pohon sirsak / annona muricata mempunyai nama lain adalah soursop, graviola atau guanabana. Tanaman sirsak mempunyai ciri-ciri seperti pohonnya tumbuh hingga ketinggian 4 meter, memiliki buah berasa segar yaitu antara asam dan manis seperti perpaduan buah stroberi dan nanas dan jika sudah matang maka warna buah menjadi hijau kusam yang memiliki panjang maksimal 30 cm dan tekstur daging buah lembut dan berair. Daunnya berbentuk oval dengan panjang sekitar 8-16 cm dan lebar 3-7 cm. Permukaan daun bagian atas terlihat mengkilat / glossy dibandingkan bagian bawahnya.

Buah sirsak yang mentah bisa diolah menjadi beragam camilan seperti keripik buah sirsak atau obat tradisional untuk menghilangkan beberapa jenis penyakit seperti sakit maag dan buah yang matang enak dibuat selai, permen, minuman sari buah, dodol, jus atau sebagai buah meja.

Pohon Sirsak Untuk Obat Tradisional

Pohon sirsak yang difungsikan sebagai obat tradisional adalah bagian daunnya yang banyak mengandung senyawa alkaloid berupa annonacin, ampuh mematikan pertumbuhan sel-sel jahat di dalam tubuh. Oleh karena itu daun sirsak kerap dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit kanker, kista dan tumor. Kandungan lain dalam selembar daun sirsak adalah tanin, acetogenins, annocatacin, α-copaene, annocatalin, annohexocin, annomuricin, anomurine, anonol, gentisic acid caclourine, linoleic acid, gigantetronin, caryophyllene dan muricapentocin. Semua kandungan nutrisi dalam daun sirsak ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit antara lain asam urat, tumor, kista dan maag.

Mengenai Penyakit Maag

Maag atau penyakit asam lambung adalah salah satu jenis gangguan pencernaan yang diakibatkan adanya kelebihan produksi asam lambung HC1. Maag ditandai dengan nyeri pada bagian lambung dan rasa mual khususnya saat penderita mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas atau asam. Produksi asam lambung sebenarnya adalah hal yang dibutuhkan oleh tubuh guna membantu pencernaan. Namun karena sebab-sebab tertentu maka produksi asam lambung dapat melebihi jumlah normal. Kebiasaan makan yang kurang teratur biasanya menjadi penyebab utama munculnya penyakit maag. Oleh karena itu pengaturan pola makan yang teratur sangat penting untuk dilakukan.

Daun Sirsak Untuk Mengobati Maag

Penelitian kesehatan yang dilakukan pada tahun 2014 lalu terhadap tikus untuk mengetahui efek ekstrak daun sirsak membuktikan adanya senyawa aktif α-copaene dan caryophyllene memegang peranan penting dalam mengobati sakit maag. Caryophyllene memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi dan analgesik sedangkan α-copaene menunjukkan adanya fungsi antioksidasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa dosis 1 gram/1 kg berat badan pada tikus berfungsi untuk mengurangi gejala maag dan melindungi mukosa lambung dari kerusakan akibat kelebihan produksi asam lambung.

Khasiat daun sirsak untuk maag telah terbukti secara klinis namun penelitian selanjutnya perlu dilakukan untuk mengetahui efeknya pada tubuh manusia. Konsumsi dosis tinggi 4 gram/1 kg berat tubuh dari daun sirsak tergolong aman dikonsumsi dengan tidak menunjukkan reaksi yang merusak tubuh. Oleh karena itu daun sirsak ampuh sebagai obat alternatif bagi penderita penyakit maag atau asam lambung.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel