Hal yang Dibutuhkan Oleh Anak Perempuan Wajib Bunda Ketahui Sejak Dini

27 Jan 2023 16:20 1147 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Hal Yang Dibutuhkan Oleh Anak Perempuan Wajib Bunda Ketahui Sejak Dini

Mungkin anda sudah mengetahui tentang bagaimana hubungan antara anak perempuan dengan ayahnya tetapi yang sebenarnya sosok ibu merupakan tokoh yang memegang peranan sangat penting untuk masa depan anak perempuannya. Seorang anak perempuan akan cenerung lebih memilih ibunya dalam beberapa hal karena merasa bahwa dia akan mampu mendapatkan apa yang diinginkan melalui ibunya. Oleh karena itu anda perlu memahami apa saja hal yang diinginkan oleh anak perempuan dari ibunya. Berikut ini adalah beberapa hal yang dibutuhkan oleh anak perempuan dari ibunya yang wajib untuk diperhatikan.

1/ Anak perempuan membutuhkan ibunya untuk mengajarkan dan menunjukkan bahwa dia seorang anak yang baik

Hal pertama yang wajib seorang ibu ajarkan kepada putri kesayangannya adalah mengenai kepercayaan diri. Seorang ibu wajib mengajarkan kepadanya tentang rasa cinta yang tulus dan tanpa syarat untuk kepentingan dirinya. Sang ibu dalam hal ini harus membantu buah hatinya tentang bagaimana membangun rasa percaya diri. Hindari bersikap justru membuat anak merasa kesulitan untuk mengejar impiannya karena mengejar impian adalah salah satu sikap positif bahwa dirinya sebenarnya memiliki potensi untuk memenuhi keinginannya tersebut. Di samping itu yang menjadi penghambat anak untuk meraih ambisinya adalah rasa takut akan kegagalan. Dimana diketahui bahwa masyarakat di sekitarnya akan cenderung terobsesi untuk menemukan kesalahan orang lain. Tidak ada yang terlalu peduli akan kualitas dan potensi seseorang. Maka dari itu sebagai seorang ibu penting untuk memutus siklus ini dan membantu putri kesayangan anda untuk membangun rasa percaya diri sehingga dia akan selalu semangat dan berusaha untuk mencapai impiannya.

2/ Dia ingin ibunya berperan sebagai support system terbesarnya

Memang kerap diperbincangkan ikatan yang terjadi antara seorang ayah dengan anak perempuannya. Tetapi yang sebenarnya bagi anak perempuan, dukungan dari ibu tetap menjadi sesuatu yang sangat besar. Ada banyak hal dalam hidup ini biasanya diceritakan kepada ibu dibandingkan ke ayahnya. Seorang gadis remaja akan melewati berbagai proses yang sulit untuk menjadi seorang wanita dewasa. Dia wajib melalui proses seperti menikah, hamil dan melahirkan. Akan ada banyak gejolak emosional yang dialami berpotensi mengubah hidupnya seperti disebabkan oleh putus cinta, perceraian dan sebagainya. Sehingga seorang ibu dalam hal ini memiliki peran besar sebagai support system. Ibu harus menjadi pendukung bagi anak perempuannya dalam melewati masa-masa yang tersulit dalam hidupnya. Alih-alih harus memarahinya, disarankan untuk memberikan dia dukungan, pengertian serta kesabaran dan jangan mengkritik apalagi menghakiminya karena ini akan menjadi sesuatu yang dianggap salah olehnya. Beritahu dia bahwa sebagai ibu, anda akan selalu ada untuknya apa pun yang terjadi dan ajaklah dia untuk mengobrol empat mata di waktu yang tepat guna lebih mengetahui apa yang sebenarnya dia alami.

3/ Dia membutuhkan anda sebagai sosok ibu yang selalu ada

Sebagai seorang ibu rumah tangga mungkin anda akan kesulitan meluangkan waktu untuk anak-anak karena sebagian waktu anda harus mengerjakan berbagai pekerjaan rumah. Sementara itu seorang wanita karir akan memiliki banyak peluang bagi anaknya perempuannya untuk menceritakan dengan senang berbagai hal yang terjadi di sekolah atau hal-hal lain yang dia alami sehari-hari. Dalam hali ini sebenarnya tidak perduli apakah anda sedang sibuk bekerja di rumah atau berkarir, anda harus berusaha untuk meluangkan waktu untuk bisa menatap dan mendengarkan cerita dari buah hati anda tersebut. Manfaatkan waktu kurang lebih 10 menit saja untuk mendengarkan apa yang ingin dia ceritakan kepada anda. Jangan buru-buru menyampaikan kepada anak bahwa anda sedang sibuk. Apabila memang anda belum mempunyai waktu luang, berjanjilah kepadanya bahwa nanti anda akan mendengarkan ceritanya pada saat semua pekerjaan sudah anda selesaikan. Dengan begitu dia akan bersabar dan menunggu anda sampai benar-benar mempunyai waktu luang untuknya.

4/ Dia ingin anda selalu percaya kepadanya

Dalam dua tahun pertama merupakan serangkaian proses untuk membentuk keyakinan diri. Keyakinan tersebut mempunyai peran yang sangat penting karena akan menentukan jalan yang akan diambil di masa yang akan datang. Kapan pun dia ingin menyatakan kepada anda tentang keinginannya untuk melakukan sesuatu, jika itu baik maka janganlah pernah mematahkan semangatnya. Anda harus menjadi seseorang yang selalu percaya dengan apa yang dilakukan olehnya. Mungkin dia masih ragu untuk memulai melakukan hal ini maka di sinilah peran sebagai ibu dibutuhkan  guna memberikan pengertian. Katakan kepadanya bahwa anda percaya bahwa putri anda mampu melakukannya.

 

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel