Daya Tarik Wisata Yang Nyata dari Indonesia Berhasil Menarik Turis Asing

14 Mar 2023 15:10 1351 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Turis Asing Suka Berkunjung Ke Indonesia Karena Menyimpan Daya Tarik Wisata Yang Nyata

 

Seperti diketahui bahwa Negara Indonesia adalah salah satu negara kepulauan terbesar yang menyimpan garis pantai terpanjang di dunia. Rata-rata pulau di dalamnya memiliki luas kisaran 1.904.569 km persegi sebanyak 17.508 pulau terbentang dari Sabang hingga Merauke. Secara geografis Indonesia terletak diantara 2 benua yaitu Benua Asia dan Australia yang diapit oleh 2 samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Dari sisi pariwisata, letak Nusantara sangatlah strategis menjadi salah satu faktor penting untuk dapat menarik minat para wisatawan guna berkunjung ke negara ini.

Pada tahun 2017 yang lalu dalam ‘World Economic Forum’ atau WEF dari kategori ‘Travel and Tourism Competitiveness Index’ atau TTCI, Indonesia berhasil menduduki posisi ke-42 dalam indeks persaingan pariwisata di dunia. Sebelumnya Indonesia hanya menduduki peringkat ke-50 dan sukses melejit 8 poin. Menteri Pariwisata menargetkan pada tahun 2019, Indonesia berhasil menembus peringkat 30 besar di dunia.

Indonesia menyimpan daya tarik tersendiri sebagai negara dengan destinasi wisata pilihan yang bisa bersaing dengan negara-negara tetangga seperti Thailand, Singapura dan Malaysia. Berikut di bawah ini kami paparkan beberapa daya tarik Indonesia di mata turis asing adalah sebagai berikut :

1/ Karena faktor keindahan alam Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak keunikan sehingga terlihat istimewa dan justru inilah yang menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata alam terbesar di dunia. Para wisatawan yang berkunjung bisa memilih untuk melakukan liburan ke pegunungan atau ke pantai. Ada wisata alam dimana Indonesia berhasil dijuluki sebagai ‘ring of fire’ karena mempunyai jumlah gunung yang sangat banyak menawarkan destinasi wisata alam sangat mempesona. Juga dipercantik oleh jajaran pantai yang mempesona dari ujung barat ke ujung timur semakin menambah daya tarik Indonesia sebagai negara tujuan wisata terfavorit.

2/ Karena biaya hidup di Indonesia lemih murah

Biaya hidup di Indonesia relatif lebih murah jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Untuk dapat mengetahui standar biaya hidup dalam suatu negara anda bisa mengukur dari biaya transportasi, makan, penginapan, harga barang-barang di pasar atau supermarket, dan lain sebagainya. Menurut indeks ‘Movehub’ dari situs ‘Numbeo, online pricing database’ Indonesia menduduki peringkat ke-12 dengan biaya paling murah di dunia dan sekitar 61 persen lebih terjangkau daripada di New York. Ini bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia dan bisa menjelajahi setiap pelosoknya.

3/ Karakter orang Indonesia yang ramah

Penduduk Indonesia rata-rata dikenal sebagai pribadi yang ramah dan suka bersahabat. Ini adalah karakter umum yang telah mendarah daging dan menjadi kebiasaan bangsa ini untuk menebar senyum dan bersikap / berperilaku santun kepada tamu, pengunjung atau orang lain. Dikutip dari ‘Rough Guides’ adalah sebuah situs perjalanan, mereka mengadakan survey mengenai negara-negara dengan penduduk teramah di dunia. Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-4 sebagai negara dengan penduduk yang ramah dan suka tersenyum. Orang-orang Indonesia dengan senang hati akan memberikan bantuan dan menjawab pertanyaan setiap turis yang sedang kesulitan di jalan. Sehingga tak mengherankan orang-orang bule merasa nyaman pelesir kemanapun di Indonesia serta tak segan-segan kembali lagi ke Indonesia di lain waktu.

4/ Musim panas sepanjang tahun

Indonesia adalah salah satu negara tropis yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Dalam hal ini Indonesia mendapatkan sinar matahari setiap hari sepanjang tahun. Penduduk Indonesia bisa mengenakan kaos dan celana pendek sehari-hari tanpa memperdulikan dan tergantung kepada musim. Para turis asing tertarik berkunjung ke Indonesia biasanya hanya untuk berjemur dan menggosongkan kulit di bawah sinar matahari. Ini bisa dilakukan di pantai yang banyak tersedia di Indonesia dan kondisinya rata-rata indah alami dan banyak yang masih perawan.

5/ Karena banyaknya pilihan kuliner

Indonesia kaya akan wisata kuliner dengan beragam jenis masakan yang dicampur dengan rempah-rempah khas Nusantara. Sejak zaman kolonial dimana Bangsa Eropa menjelajahi laut untuk mencari rempah-rempah sampai akhirnya mereka menemukan Nusantara. Dari tujuan inilah pada akhirnya berbagai bangsa tersebut berebut ingin menguasai Indonesia untuk kepentingannya sendiri. Latar belakang inilah yang menciptakan beragam jenis kuliner lezat yang sangat digemari oleh turis lokal dan mancanegara. Contohnya adalah rendang sebagai makanan asli Indonesia dinobatkan menjadi kuliner paling enak nomer 1 di dunia menurut survey CNN Travel. Diikuti oleh kuliner Indonesia lainnya seperti nasi goreng di peringkat 2 dan sate pada peringkat 14.

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel