Penjelasan Terkait dengan Interaksi yang Berlangsung dalam Ekosistem

16 Mar 2023 15:15 1358 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Penjelasan Terkait Dengan Interaksi Yang Berlangsung Dalam Ekosistem

Ekosistem adalah tatanan unsur alam yang keberadaannya harus dijaga keseimbangannya agar semua mahkluk hidup yang tinggal di dalamnya berlangsung harmonis dan lestari. Interaksi dalam ekosistem adalah pola interaksi yang dibangun oleh unsur-unsur yang ada di dalam sebuah ekosistem. Interaksi dalam ekosistem yang sifatnya seimbang akan menghasilkan keadaan yang selaras dengan kehidupan komponen-komponen yang ada di dalamnya.

4 Jenis Interaksi Dalam Ekosistem

Interaksi dalam ekosistem terdiri dari beberapa jenis diantaranya adalah seperti yang dijelaskan berikut ini.

1/ Simbiosis

Salah satu jenis interaksi dalam ekosistem adalah simbiosis. Simbiosis merupakan sebuah hubungan yang terjadi diantara dua organisme. Simbiosis sendiri dibagi ke dalam tiga jenis yang berbeda-beda yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme dan simbiosis parasitisme.

Berikut adalah uraian dari masing-masing simbiosis.

1.1/ Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah sebuah hubungan yang terjadi diantara dua organisme yang sifatnya saling menguntungkan. Yang terlibat dalah hubungan ini adalah dua individu akan memberikan manfaat satu sama lainnya. Contohnya adalah simbiosis mutualisme dalam hubungan yang dijalin antara bunga dan seekor kupu-kupu. Kedua mahkluk hidup ini bisa saling menguntungkan ketika melakukan sebuah hubungan dimana kupu-kupu akan mendapatkan makanan berupa nektar dari bunga sedangkan bunga akan diuntungkan karena dibantu dalam proses penyerbukan.

1.2/ Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah hubungan yang terjadi antara dua organisme dimana keuntungan hanya dirasakan oleh satu individu saja sedangkan individu lainnya tidak merasa diuntungkan atau dirugikan. Contoh simbiosis komensalisme adalah terhadap hubungan antara ikan hiu dan ikan remora. Ikan remora merupakan sekumpulan ikan-ikan kecil yang terlihat bergerombol mengikuti seekor ikan hiu dan akan tetap berada di sekitarnya. Secara teknis ikan remora mengandlakan makanan dari sisa-sisa makanan ikan hiu, mereka akan memakan remahan kecil sisa makanan ikan hiu. Ikan remora mendapatkan keuntungan dari ikan hiu sedangkan ikan hiu tidak merasa diuntungkan atau dirugikan atas keberadaan ikan remora.

1.3/ Simbiosis Parasitisme

Yang dimaksud dengan simbiosis parasitisme adalah sebuah hubungan yang terjalin antara dua mahkluk hidup dimana yang mendapatkan keuntungan hanyalah satu pihak saja sedangkan pihak lain akan merasa dirugikan. Contoh yang menonjol dalam hubungan jenis ini adalah antara benalu dan tumbuhan inangnya yaitu benalu yang menempel pada pohon mangga akan hidup dan berkembang biak dengan cara menyedot sari-sari makanan dalam pohon jambu dan jika dibiarkan begitu saja akan menyebabkan pohon inang menjadi mati.

2/ Kompetisi

Kompetisi adalah salah satu jenis interaksi yang menjadi bagian pelengkap dalam sebuah ekosistem. Di dalam kompetisi terdapat sebuah hubungan persaingan yang berlangsung antara dua organisme atau spesies. Kompetisi memiliki dua bagian yaitu kompetisis intraspeises dan interspesies yang akan kami jelaskan di bawah ini.

2.1/ Kompetisis Intraspesies

Kompetisi intraspesies adalah sebuah hubungan dimana di dalamnya terdapat persaingan antara dua spesies yang sejenis misalnya kompetisi antara sekumpulan zebra guna memperoleh makanan. Kompetisi yang terjadi adalah murni bertujuan untuk mendapatkan makanan.

2.2/ Kompetisi Interspesies

Kompetisi interspesies adalah hubungan persaingan yang terjadi antara dua spesies yang jenisnya berbeda-beda. Misalnya adalah kompetisi yang dilakukan oleh seekor harimau dan seekor singa guna memperebutkan mangsa. Kompetisi interspesies terbentuk antara harimau dan singa.

3/ Predasi

Ada jenis interaksi dalam ekosistem yang dikenal dengan nama predasi. Predasi merupakan hubungan atau interaksi yang berlangsung antara individu pemangsa dengan individu yang dimangsa. Interaksi predasi terhadap seekor macan yang memakan seekor rusa bisa menjadi contoh dari interaksi predasi dimana terdapat hubungan antara seekor macan yang sedang memakan rusa atau seekor ayam yang memakan cacing.

4/ Rantai Makanan

Jenis interaksi lainnya adalah rantai makanan yang kerap digunakan dalam proses pembelajaran bidang biologi. Contoh rantai makanan ini adalah jalur transfer energi dari satu organism eke organisme yang lain mempunyai tingkatan berbeda-beda jika dilihat dari jenis makanan yang dimakan. Rantai makanan ini terdiri dari alur memutar yang bergeral linear dari produsen, konsumen 2, konsumen 3 dan seterusnya.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel