Alam Semesta dan Musim Gugur di Dalamnya

21 Oct 2022 16:50 392 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Alam Semesta Dan Musim Gugur Di Dalamnya

Musim gugur pada umumnya hanya terjadi di belahan bumi bagian utara dan selatan saja atau di wilayah yang di dalamnya memiliki 4 musim. Musim gugur muncul setiap tahun sekali yaitu diantara musim panas dan musim dingin. Pada saat yang sama, suhu akan perlahan-lahan mengalami penurunan. Dalam Bahasa Inggris, musim gugur dikenal dengan istilah autumn sedangkan di Amerika Serikat lebih dikenal dengan istilah fall karena ketika musim ini tiba maka sebagian besar daun-daun di pohon akan jatuh atau berguguran.

Karakter Spesifik Dari Musim Gugur

Musim gugur yang terjadi setiap tahun di belahan bumi utara dan selatan ini memiliki beberapa karakter spesifik antara lain sebagai berikut :

1/ Sama seperti saat musim semi muncul, ketika terjadi musim gugur di hari pertama maka durasi siang hari akan sama lamanya dengan malam hari sebab pada hari bersangkutan posisi matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa atau di antara bumi bagian utara dan bumi bagian selatan.

2/ Selama berlangsungnya musim gugur dibelahan bumi bagian utara dan selatan ini, waktu di siang hari akan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan waktu di malam hari.

3/ Banyak ditemukan tumbuhan yang mulai layu dan rontok.

4/ Musim gugur menyebabkan daun-daun akan berubah warna menjadi kuning, orange, merah dan cokelat. Berbeda dengan ketika berlangsungnya musim semi dan musim panas maka sebagian besar daun berwarna hijau karena banyak terdapat klorofil di dalamnya. Sedangkan ketika tiba musim gugur dimana sinar matahari lebih lemah dan tidak bersinar terlalu lama maka perlahan-lahan klorofil pada daun berkurang dan akhirnya mengubah warna daun menjadi warna lain.

Waktu Tepat Terjadinya Musim Gugur

Waktu terjadinya musim gugur adalah berbeda-beda di setiap tempat, hal ini tergantung dari fenomena equinox. Di Eropa atau belahan bumi bagian utara, musim gugur muali terjadi sejak tanggal 23 September dan akan berakhir pada tanggal 21 Desember. Namun ada beberapa negara yang berakhir lebih awal dengan ditandainya turun hujan salju pertama.

Sama halnya dengan musim semi, perhitungan waktu untuk musim gugur terbagi menjadi 2 macam berdasarkan kalender astronomi yaitu dengan mengandalkan perhitungan benda-benda langit, musim gugur terjadi sejak tanggal 23 September hingga 23 Desember. Jika musim gugur dihitung berdasarkan meteorologi yang berhubungan dengan temperatur, uap air dan tekanan udara, musim gugur dimulai sejak tanggal 1 September hingga 1 Desember. Sedangkan pada belahan bumi bagian selatan, musim gugur dimulai dari tanggal 21 Maret sampai dengan tanggal 21 Juni atau 1 Maret hingga 31 Maret jika berdasarkan pada perhitungan meteorologi.

Beberapa Negara Yang Mengalami Musim Gugur

Di bawah ini kami berikan contoh 3 negara yang mengalami musim gugur setiap tahun adalah sebagai berikut :

1/ Siapa yang tidak mengetahui tentang keberadaan negara ini yang menggunakan daun maple pada benderanya ? Kanada akan menjadi tempat yang indah untuk dikunjungi ketika memasuki musim gugur. Daun-daun maple berubah warna menjadi kuning, merah, orange hingga keemasan yang cantik sehingga tak mengehrankan jika banyak wisatawan yang datang ke sini untuk menikmati musim gugur yang indah.

2/ Tempat yang paling romantis untuk menikmati musim gugur di Kota Paris adalah dengan menelusuri Jardin du Luxembourg dan Parc des Buttes Chaumount. Ketika sedang berlangsungnya musim gugur, Paris tergolong kota yang sepi pengunjung sehingga menjadi lebih leluasa untuk menikmati musim gugur di negara ini.

3/ Negara yang terkenal dengan bunga sakura ini ternyata juga terlihat semakin cantik ketika musim gugur tiba. Pohon momijigari menjadi salah satu pohon yang akan berubah warna daunnya menjadi berwarna kuning hingga merah ketika musim gugur. Ini adalah salah satu tempat untuk bisa menikmati keindahan musim gugur yaitu di Kyoto.

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel