Mengenal Ragam Hayati Flora dan Fauna Khusus di Indonesia

9 Jan 2023 12:10 741 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Ragam Hayati Flora Dan Fauna Khusus Di Indonesia

Indonesia adalah negara yang memiliki iklim tropis yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Ini menjadi salah satu faktor banyaknya jenis flora dan fauna yang hidup di Indonesia. Adapun jenis flora dan fauna di Indonesia tersebar dari Sabang hingga Merauke yang mempunyai berbagai macam keunikan yang berbeda-beda di masing-masing daerah. Keanekaragamn hayati di Indonesia rata-rata dibagi menjadi dua yaitu keanekaragaman hayati flora dan keankeragaman hayati fauna. Sebagai daerah yang berpulau-pulau dan mencakup wilayah sangat luas, persebaran fauna dan flora di sini terbagi didasarkan atas wilayah yang ada di Indonesia.

Keanekaragaman Flora Indonesia

Sebagai negara dengan curah hujan yang tinggi dan tanah yang subur, membuat keankeragaman flora di Indonesia jumlahnya sangat banyak. Di samping itu, persebaran hutan di Indonesia menyebar dengan karakteristik masing-masing di tiap daerah secara spesifik. Persebaran hutan di Indonesia dibagi berdasarkan jenis tanaman yang mendiami hutan bersangkutan. Persebaran hutan di Indonesia dibagi menjadi 4 bagian sebagai berikut :

1/ Hutan hujan tropis

Hutan hujan tropis adalah salah satu jenis hutan yang paling banyak berada di wilayah Indonesia. Jenis hutan ini banyak ditemukan di Kalimantan, Sumatera dan Papua. Karakteristik dari jenis hutan ini adalah adanya tingkat curah hujan yang sangat tinggi. Banyak tumbuh pepohonan yang mendiami hutan cenderung akan mengalami perkembangan yang besar dan tinggi. Jenis tanaman pada hutan ini sifatnya heterogen atau banyak macam. Contohnya adalah tanaman yang mendiami hutan ini rata-rata adalah pepohonan besar dan rindang seperti kemenyan, rotan, kamper, damar, eboni dan meranti.

2/ Hutan musim

Hutan musim adalah salah satu jenis hutan yang bermusim yaitu maksudnya adalah hutan ini akan menggugurkan daunnya saat musim kemarau dan kembali menjadi hutan lebat saat musim hujan. Jenis hutan ini menyimpan koleksi pohon yang tidak terlalu tinggi tetapi rindang sehingga hutan tidak begitu lapang. Jenis pohon yang dimaksudkan adalah cenderung kecil dan tidak terlalu lebat. Hutan musim biasanya hanya diisi oleh satu jenis pohon saja dimana tanaman yang umumnya ditemukan di hutan ini adalah pohon jati dan pohon cemara.

Keanekaragaman Fauna Indonesia

Sebagai salah satu daerah dengan jumlah persebaran hutan terbanyak, Negara Indonesia mempunyai kekayaan fauna yang jumlahnya tidak sedikit. Persebaran fauna di Indonesia terbagi berdasarkan garis wallace dan garis webber. Kedua gari ini membagi Indonesia menjadi 3 bagian yaitu bagian oriental, bagian peralihan dan bagian Australia. Pembagian wilayah ini dilakukan berdasarkan kesamaan jenis karakteristik hewan yang ada di daerah tersebut dengan daerah bersebelahan / yang lainnya. Garis wallace memisahkan antara Indonesia bagian oriental dan Australia. Sedangkan garis webber adalah garis yang berada diantara oriental dan Australis.

1/ Wilayah Oriental

Wilayah oriental meliputi daerah Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Hewan yang hidup di dalam wilayah ini rata-rata mempunyai kesamaan dengan hewan yang berada di daerah Asia. Hewan pada daerah ini biasanya menetap di daerah-daerah hutan hujan tropis. Jenis hewan yang mendiami daerah oriental biasanya berbadan besar atau berjenis primata. Sedangkan burung yang mendiami daerah ini rata-rata mempunyai kicauan yang bagus tetapi memiliki bulu yang kurang berwarna. Jenis hewan pada bagian oriental ini adalah gajah, harimau dan badak Sumatera. Ditemukan juga tapir, badak bercula satu, beruang madu, orang utan, tarsius, kukang dan uwa-uwa. Untuk jenis burung yang bertahan hidup di wilayah ini adalah burung rangkong, burung jalak Bali, burung murai, burung elang putih dan burung elang Jawa.

2. Wilayah Australia

Wilayah Australia mencakup daerah Papua, Maluku, Nusa Tenggara dan Sulawesi. Hewan pada wilayah ini mempunyai jenis yang hampir sama dengan wilayah Australia. Rata-rata hewan yang hidup pada daerah ini mempunyai ciri tubuh kecil, beberapa mamalia dilengkapi dengan kantong. Untuk jenis burung di wilayah ini mempunyai warna bulu yang lebih beraneka ragam dan lebih banyak memiliki warna-warni yang cerah. Karena mempunyai kesamaan dengan daerah Australia, hewan kangguru juga banyak ditemukan di wilayah ini. Hanya saja jenis kangguru di Indonesia dan Australia mempunyai bentuk fisik yang sedikit berbeda. Selain kangguru, ada juga jenis hewan lainnya seperti walabi, kuskus dan oposum. Sedangkan untuk jenis burung yang paling banyak ditemukan adalah cendrawasih, kasuari dan kakatua raja.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel