Tipe-Tipe Struktur Data

4 Jul 2022 17:00 645 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Untuk menjadi seorang programmer kalian wajib mengetahui tentang tipe-tipe dari struktur data berikut.

Struktur data adalah cara kalian untuk mengorganisir suatu data. Hal ini merupakan konsep yang penting untuk dikuasai oleh seorang programmer. Dalam pemrograman , struktur data berarti tata letak data yang berisikan kolok-kolom data, baik itu komo yang tampak oleh user atau pengguna, atau kolom yang digunakan untuk kerpeluan pemrograman yang tidak tampak oleh user.

 

  • Queue

Queue atau bisa disebut juga antrian adalah struktur data yang bisa direpresentasikan secara kontigu maupun dengan ponter. Struktur datayang satu ini menganut prinsip First in First Out bisa disingkat FIFO, atau dalam Bahasa Indonesia masuk pertama keluar pertama.

 

  • Stack

Stack atau tumpukan merupakan suatu struktur data yang terbentuk dari barisan terurut dari satuan data. Struktur data ini adalah kebalikan dari struktur data queue karena menganut prinsip Last In Frist Out atau bisa disingkat LIFO, yang artinya data yang terakhir masuk merupakan data yang akan keluar terlebih dahulu.

 

  • HasMap

HasMap merupakan sebuah class yang berisikansekumpulan pasangan dari nilai atau value dan kunci atau key. Nilai atau value bisa ada dalam bentuk string, integer, float, double, Boolean, dan juga double, sedangkan untuk kunci atau key biasanya hanya dalam bentuk string dan integer.

 

  • Array

Array atau susuan adalah tipe struktur data yang digunakan untuk menyimpan sejumlah data yang bertipe sama. Sesuai dengan Namanya, array adalah truktur data yang disusun secara linear dan berdekatan, dan juga terdiri atas banyak variable dengan tipe data yang sama. Dengan begitu pengguna atau user data dapat dengan mudah menyortir data berdasarkan tipenya.

 

  • LinkedList

Sama seoerti struktur data array, LinkedList juga adlaah struktur data yang bersifat linear. Tapi berbeda dari array, LinkedList tidak di susun secara berdekatan. Jadi setiap data atau node terhubung melalui pointer.

 

  • Graph

Tidak seperti Array dan juga LinkedList, Graph adalah strukutr data yang bersifat non-linear, setiap data bisa terhubung secara bebeas. Graph terdiri dari kumpulan node, dan node-node tersebut disambungkan oleh suatu garis terttentu.

 

  • Tree

Tree merupakan struktur data yang disusun dalam bentuk hierarki. Setiap titip data akan mengalami percabangan, dan dari setiap titik maksimal hanya memeiliki dua cabang. Hubungan antara titik data dengan kedua cabangta di sambungkan dengan pointer. Jadi data dalam tree saling terhubung grade antara nide satu dengan yang lainnya.

Tags

About The Author

MAqsyal 24
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel