Psikologi Warna UX desain

22 Jun 2022 09:00 187 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Secara filosofis masing-masing warna memiliki makna yang berbeda-beda

Warna merupakan salah satu elemen desain uang paling mudah diingat ketika kita menemukan hal baru. Oleh karena itu, pemilihan warna yang tepat sangat penting karena akan sangat berpengaruh pada persepsi audience terhadap brand kalian. Sekarang kita akan membagikan cheat sheet psikologi warna untuk desain kalian.

 

  • Merah

Warna merah umumnya memberikan yang kesan berani, semangat, dan juga berjiwa muda. Biasanya desain yang menggunakan warna ini ingin mengungkapkan emosi yang kuat dan energik kepada audiencenya.

 

  • Orange

Warna Orange memberikan kesan ceria, segar, dan percaya diri. Warna orange ini biasanya cocok digunakan untuk memberikan kesan jiwa muda pada audience.

 

  • Kuning

Warna kuning akan memberikan kesan yang hangat, optimis, dan kejelasan. Desain yang menggunakan warna kuning ini biasanya ingin mengungkapkan optimisme dan juga kehangatan kepada audinennya.

 

  • Hijau

Warna hijau akan memberikan kesan tenang, natural dan juga alamiah. Warna hijau ini biasanya digunakan untuk merepresentasikan hal-hal yang berhubungan dengan lingkungan dan alam.

 

  • Biru

Warna biru paling sering dikaitkan dengan kesetiaan dan kepercayaan,karena warna biru memberikan kesan yang santai, terpercaya, dan juga dapat diandalkan. Biasanya desain dengan warna biru ini banyak digunakan pada bidang-bidang teknologi.

 

  • Ungu

Warna ungu ini memberikan kesan yang imagginatif, bijak, dan juga kreatif. Warna yang satu ini tergolong warna yang cukup sedikit digunakan dibandingkan warna lain pada umumya,karena warna ungu dikaitkan dengan royalty dan kekayaan (Karena perna ungu jarang dibanyak peradaban kuno, dan di cadangkan unruk royalty).

 

  • Abu-abu

Warna abu-abu memberikan kesan yang kale, netral, dan juga seimbang. Selain itu juga, warna ini akan memberikan kesan yang simple dan modern. Biasanya warna ini banyak diigunakan pada bidang otomotif.

 

  • Hitam

Warna hitam memberikan kesan kecanggihan dan kemewahan. Namun warna hitam juga bisa dikaitkan dengan kesedhan dan negative. Tergantung pada warna UX lainnya yang digunakan bersama dengan warna hitam.

 

  • Putih

Warna putih memberikan kesan kemurnian, kepolosan, dan juga kepositifan. Karena netralitas dan kesederhanaanya, putting sangat popular dalam desain minimalis. Sama hal nya seperti warna hitam, warna putih juga dengan mudah mengambil karakteristik warna lain yang digunakan.

Tags

About The Author

MAqsyal 23
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel