Mengapa Virus dapat Masuk ke Komputer?

25 May 2022 13:40 1046 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Ingin tau bagaimana virus bisa masuk dan menyerang komputer kalian yuk baca artikel ini!

Tentang virus komputer ini sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya, virus komputer sendiri adalah suatu program yang dapat menebabkan efek negatif pada suatu perangkat komputer. Memang virus yang satu ini tidak membahayakan bagi tubuh manusia, tetapi virus ini akan sangat membahayakan bagi Kesehatan mental manusia yang perangkat komputernya terserang oleh virus, apalagi jika virus itu sangat berbahaya dan sangat sulit untuk di bersihkan.

Virus sendiri dapat dicegah agar tidak menyerang perangkat komputer kalian dengan cara kalian menginstal AntiVirus pada perangkat komputer kalian, tapi tidak semua virus juga dapat dicegah oleh AntiVirus ini ada juga beberapa virus yang sulit untuk dicegah agar tidak menyerang perangkat komputer kalian. Namun pernahkah kalian bertanya-tanya kenapa virus dapat masuk dan menyerang ke dalam komputer kalian?.

 

  • Phising

Melalui phising, komputer kalian dapat terserang virus hanya dengan mengklik file attachment yang berupa gambar, dokume, video, atau file suara. Dan biasanya file attachment ini di kirim melalui email. Jadi jika kalian menerima suatu file atau data dan tidak jelas asalnya darimana jangan sekali-sekali untuk kalian buka, agar dapat mencegah terserangnya komputer kalian oleh virus.

 

  • Situs Mencurigakan

Ketika kalian sedang berselacar di internet, pastinya kalian sering menemukan suatu konten yang tidak semestnya pada situ bajakan. Dari konten-konten tersebut biasanya sering disusupi virus yang dapat membahayang komputer kalian. Jika kalian menemukan konten-konten yang tidak semestinya pada situs bajakan jangan coba-coba untuk mengklik atau membuka konten tersebut bisa saja jika dalam konten tersebut disusupi sebuah virus dan menyerang komputer kalian.

 

  • Software Terkontaminasi

Sebuah Software atau aplikasi yang tidak terpercaya juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa konputer kalian terserang oleh virus. Hal ini dikarenakan file yang ada pada software atau aplikasi yang tidak terpercaya tersebut memang sudah terkontaminasi oleh virus, atau bisa juga memang software atau aplikasi itu sengaja diciptakan untuk menyebarkan sebuah virus.

 

  • Link Media Social

Media social yang tempat kita bertemu dan berkenalan di dunia maya ternyata juga dapat menginfeksi sebuah komputer dengan virus. Bianya disebarkan melalui link yang dipublikasikan dan disebarkan oleh akun-akun yang tidak bertanggung jawab, dan mengarahkan kita ke situs yang mencurigakan dan menyebabkan virus dapat masuk dan menyerang perangkat kalian.

 

  • Masalah AntiVirus

Dan yang terakhir dapat membuat virus masuk dan menyerang komputer adalah anivirus kalian yang tidak terupdate atau bahkan tidak ada sama sekali akan menyebabkan security holes, yang merupakan kelemahan system dalam menangkal berbagai ancaman sehingga dapat menyebabkan komputer kalian rentan terhadap serangan virus.

Tags

About The Author

MAqsyal 24
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel