Serba-serbi Jurusan IT di Indonesia

17 May 2022 15:00 471 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa jurusan yang berkaitan dengan IT atau Ilmu Teknologi

                                                Serba-serbi jurusan IT di Indonesia

Di era berkembang pesantnya teknelogi pekerjaan di bidang IT adalah salah satu yang paling dibutuhkan di dunia untuk saat ini. IT sendiri merupakan singkatan dari Ilmu Teknologi, seperti Namanya IT adalah suatu pekerjaan yang bekerja di bidang teknologi.

Jika kalian ada yang tertarik untuk bekerja di bidang IT ini kalian bisa memulainya dengan mengambil jurusan sekolah atau kuliah yang berkaitan dengan bidang IT. Dan berikut beberapa saran jurusan yang berkaitan dengan IT.

Yang pertama kita akan membahas tentang jurusan yamg ada d Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK.

 

  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Jurusan ini akan sangat cocok untuk kalian yang suka atau tertarik dengan ngodig, di jurusan ini kalian akan mempelajari tentang bagaimana caramembangun sebuah perangkat lunak, database, pembuatan website atau aplikasi, dan masih banyak lagi. Dari jurusan ini juga kalian bisa memilihi jalur pekerjaan ingin menjadi front-end developer, back-end developer, atau keduanya menjadi full-stack developer, mobile developer, dan banyak lainnya.

 

  • Teknik Komputer Jaringan (TKJ)

Di jurusan ini akan memberikan kalian pelaran dalam perakitan suatu hardware atau perangkat keras seperti komputer dan laptop. Dan tidak hanya itu, kalian juga akan di ajarkan bagaimana membuat sebuah jaringan komputer, internet, dan web server. Dari jurusan ini kalian bisa menjadi network administrator atau kalian bisa menjadi seorang teknisi.

 

  • Multimedia

Di jurusan multimedia ini, kalian kan diajari tentang penggunaan komputer untuk keperluan penyajian konten, gambar, suara, animasi, dan video. Kalian akan mempelajari beberapa tools yang akan dipakai seperti CorelDraw, Adobe Photoshop, dan banyak lagi. Kamu bisa menjadi seorang web designer, graphic designer, animator, illustrator, dan banyak lagi dari mengambil jurusan ini.

 

  • Teknik Elektronika Indstri (TEI)

Teknik Eltronika atau bisa disebut juga Teknik listrik adalah suatu jurusan dari bidang tekni engineering yang mempelajari, mendesain, dan juga mengaplikasikan komponen dan system yang memanfaatkan listrik, elektronika, dan electromagnetism. Setelah lulus dari jurusan ini kalian bisa menjadi teknisi Robotika, atau maintenance peralatan system control industry.

 

Untuk kalian yang sudah lulus sekolah jangan khawatir karena di kuliahan juga kalian bisa mengmbil jurusan yang berkaitan denga IT, contohnya seperti:

 

  • Teknik Informatika

Ini adalah jurusan yang pasti sudah umum di dengar. Teknik informatika adalah jurusan yang mempelajari penerapan system oprasi, pengolahan data, dan transformasi informasi dengan teknologi komputer. Jurusan ini juga akan berkaitan dengan programming, jaringan komputer, dan pengembangan software.

 

  • Teknik Komputer

Kalian pasti tau apa yang Namanya chip atau processor? Nah di jurusan Teknik komputer ini kalian akan mempelajari tentang bagaimana cara membuat sebuah “Otak Komputer” yang terdiri dari hardware, jaringan, serta software mendekati Bahasa mesin untuk mengoprasikannya. Jurusan ini juga berhubungan dengan robotika

 

  • Sistem Informasi

Sistem inforamsi memiliki persamaan dengan Teknik informatika. Tapi, tidak hanya terkait dengan programming saja jurusan yang satu ini juga mempelajari manajemen dan bisnis. Sistem informasi memiliki fungsi menjadi antara kebutuhan bisnis dan aplikasi yang dirancang untuk memenuhi keinginan klien atau pengguna.

Tags

About The Author

MAqsyal 24
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel