Tipe Dalam Data Programming

19 Apr 2022 13:00 1601 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Untuk ingin menjadi seorang programer tentu saja kalian harus mengetahui tipe-tipe data ada dalam programnya. berikut tipe-tipe data dalam programming!
Dalam pemrograman , ada banyak sekali tipe data. Fungsi dari tipe data ini adalah memberi tahu jenis variable data yang akan disimpan. Ada 6 macam tipe data dalam Bahasa pemrograman yang di antaranya adalah biilangan bulat (Integer), bilangan pecahan (Floating Point), Karakter (Char), Boolean, String, dan Array. Yang mana 4 diantaranya termasuk ke dalam kategori Primitive, dan 2 terkahir termasuk dalam kategori Composite.
 
Pertama kita akan membahas tentang perbedaan dari kategori Primitve dan Composite.
- Tipe data primitive : merupakan tipe dasar yang sudah menjadi bawaan dan tersedian secara langsung dalam Bahasa pemrograman.
- Tipe dara composite : merupakan tipe data bentukan yang terdiri dari 2 atau lebih tipe data primitive atau biasa disebut juga struktur data.
 
Sekarang kalian sudah mengetahui perbedaanya antara tipe data primitive dan composite, sekarang kita akan membahas tentang keenam tipe data yang sudah disebutkan diatas.
 
1. Bilangan bulat (Integer)
 
Bilangan bulat atau integer ini adalah tipe data untuk menampilkan bilangan tanpa desimal. Tipe data integer mencakup semua bagian bilangan bulat termasuk juga bilangan yang bersifat negative selama bilangan tersebut tidak memiliki komponen pecahan.
 
Bilangan bulat sendiri terbagi menjadi empat tipe, yaitu byte, short, int, dan long. Yang dibedakan dari ukuran, dan range :
 
- Byte Memiliki ukurun 8 bit, dan range -128 hingga 127
- Short Memiliki ukurun 16 bit, dan range -32768 hingga 32767
- Int Memiliki ukurun 32 bit, dan range  -2147483648 hingga 2147483647
- Long Memiliki ukurun 64 bit, dan range -9223372036854775808 hingga 9223372036854775807 
 
2. Bilangan Pecahan (Floating Point)
 
Jika tipe data integer untuk menampilkan bilangan tanpa decimal, maka Floating Point adalah kebalikannya. Floating Point adalah tipe data yang menampilkan bilangan desimal atau pecahan, Jangkauan Floating Point dapat menampung hingga 14 digit tingkat keakuratan di belakang koma.
 
Tidak seperti integer yang terdiri dari 4 tipe, Floating Pointe hanya terbagi dua tipe saja, yaitu float dan double dan dapat dibedakan dari ukuran, range, dan jumlah digitnya :
 
- Float memiliki ukuran 32 bit, dengan range -3,4 x 1038 hingga 3,4 x 1038, dan jumlah digit 6 sampai 7 digit.
- Double memiliki ukuran 64 bit, dengan range -1,8 x 10308 hingga 1,8 x 10308, dan jumlah digit 15 digit
 
3. Karakter (Char)
 
Tidak seperti dua tipe data di atas yang menyimpan informasi berupa numbers, Char adalah tipe data yang berfungsi untuk menyimpan informasi berupa karakter. Jenis karakter yang dapat dimasukan juga bervariasi, mulai dari huruf, angka, dan juga karakter special seperti tanda baca.
 
Jumlah karakter yang bisa disimpan dalam tipe data ini cukup banyak, selain tipe data ini hanya memiliki satu variasi, yaitu:
 
- Char memiliki ukuran 16 bit, dengan range 0 hingga 65535.
 
4. Boolean
 
Dan yang terakhir dalam kategori tipe data primitive adalah Boolean. Tipe data yang terakhir ini adalah yang paling simple, Karena hanya memiliki fungsi untuk menyatakan suatu nilai benar (true) atau salah (false).
 
Boolean sangat penting, biasanya digunakan dalam mengambil keputusan suatu kejadian tertentu.
 
5. String
 
Masuk ke tipe data Composite ada string. Tipe data string berfungsi untuk menampung sekumpulan karakter atau Char, contohnya seperti kata dan kalimat.
 
6. Array
 
Dan terakhir ada array, Array  adalah tipe data yang terdiri dari kumpulan data lain yang  yang bertipe sama. Contohnya seperti misal kalian menyimpan nilai ‘A’, ‘B’, ‘C’, ‘D’ pada variable bertipe array, kumpulan tersebut disebut juga ‘Array of Characters’ sebab dari nilai ‘A’ hinggan nilai ‘D’ merupakan nilai bertipe sama yaitu Char atau karakter.
Tags

About The Author

MAqsyal 28
Novice
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel