Beberapa Istilah Web Development yang Wajib Kamu Ketahui!

11 Apr 2022 19:00 921 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika kalian ingin menjadi seorang web developer berikut beberapa istilah yang wajib kalian ketahui

Saat ini, sudah banyak sekali bahasa pemrograman web yang bisa kita temukan. Akan tetapi, kalau kaliann adalah seorang pemula atau baru ingin masuk di dunia pemrograman web, alangkah baiknya kalau kalian berkenalan dulu dengan  istilah-istilah dalam pemrograman web yang terdapat di bawah ini terlebih dahulu. Dengan mengenali beberapa istilah ini, kalian tidak hanya akan mendapat pengetahuan baru, tetapi juga mungkin bisa menolong kalian untuk menentukan karir kalian ke depannya. Sekarang kita akan membahas tentang beberapa istilah Web Development yang wajib kalian ketahui.

 

1.Back-end

Pernahkah kalian mendengar sebuah profesi Bernama Back-end developer?, Apa itu Back-end? Back-end atau serve side bisa di ibaratkan adalah bagian belakang layar dari suatu website. Kalian pastinya sering menjumpai banyak tombol pada suatu website atau aplikasi, Saalah satu contoh nya saja seperti tombol login. Ketika user atau pengguna mengklik tombol tersebut, bagian Back-end inilah yang akan merespon Tindakan kalian ini.

 

Development Back-end bisa dibagi menjadi beberapa bagian contohnya seperti server, database, system operasi, unit testing, intergration testing, software, dan masih banyak lagi.

Contoh Bahasa pemrograman untuk Back-end adalah PHP, Ruby, Python, dan banyak lainnya.

 

2.Front-end

Jika kita sudah membahas Back-end pasti kita tidak bisa jauh -jauh dari istilah Front-end. Jika Back-end diibaratkan  belakang layat dari suatu website, maka Front-end adalah kebalikannya dari Back-end, dengan kata lain Front-end adalah bagian yang langsung di lihat oleh pengguna atau user, atau sering disebut juga antarmuka pengguna (user interface). Sesuai dengat tulisan diatas, pengguna atau user web bisa langsung berinteraksidengan bagian Front-end ini.            

Contoh Bahasa pemrograman untuk Front-end adalah HTML, CSS, JavaScript, dan banyak lainnya.

 

3.Full Stack

Sebelumnya kita sudah membahas tentang Back-end dan Front-end  yang adalah dua profesi yang berbeda. Tapi  tahukah kalian ada juga orang yang memiliki dua profesi di atas sekaligus atau biasa disebt dengan Full Stack Developer.

Dengan kata lain Full Stack Developer adalah seseorang yang memiliki bidang keahlian dalam membentuk dan menganalisa bagian Back-end dan juga Front-end sebuah website atau aplikasi.

Selain ketiga istilah di atas yang berhubungan dengan profesi, masih ada lagi beberapa istilah dalam Web Development seperti contohnya

 

  • Framework

Framework adalah sebuah kerangka program yang digunakan untuk membantu developer  mengembangkan kode secara konsisten, terstruktur, dan tersusun rapi. Framework juga untuk mempermudah kinerja dari developer. Sehingga, seorang developer tidak perlu untuk menuliskan kode secara berulang – ulang.

 

  • Algoritma

Algoritma adalah deretan interuksi untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Atau bisa dibilang daftar untuk menyelesaikan masalah yang ditulis secara terurut.

 

  • Database
Database atau basis data adalah sekumpulan data atau informasiyang tersimpan secara sistematis dan saling terhubung. Database sangat dibutuhkan Ketika kita mengakses perangkat lunak, database juga dapat digunakan untuk mengelola data dengan lebih 
Tags

About The Author

MAqsyal 24
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel