Mengenal Apa itu Network Monitoring dan Cara Kerjanya

27 Dec 2021 14:10 4048 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mengenal apa itu network monitoring lengkap dengan cara kerjanya

Network Monitoring merupakan persyaratan penting untuk bisnis yang sangat bergantung pada TI untuk operasi sehari-hari. Banyak bisnis menggunakan monitoring jaringan sebagai sarana untuk mengurangi masalah infrastruktur jaringan, meningkatkan kinerja jaringan, dan meningkatkan produktivitas karyawan. Dalam hal operasi harian yang sedang berlangsung, Network Monitoring adalah bagian penting dari menjaga kesehatan jaringan internal Anda secara keseluruhan.

Pada artikel ini saya akan memberi Anda pemahaman umum tentang apa itu Network Monitoring, mengapa digunakan, cara kerjanya, dan beberapa alat yang digunakan dalam prosesnya.

Apa itu Network Monitoring?

Mengenal Apa itu Network Monitoring dan Cara Kerjanya

Network Monitoring adalah sistem yang memantau infrastruktur TI internal Anda untuk kemungkinan masalah. Sistem ini mampu mengidentifikasi sejumlah besar masalah spesifik yang dapat mempengaruhi kinerja keseluruhan infrastruktur jaringan Anda. Ketika ada masalah yang terdeteksi, sistem Network Monitoring akan memperingatkan administrator sistem atau organisasi layanan TI Anda, selain menyediakan alat canggih untuk memperbaiki masalah sebelum menjadi masalah besar.

Proses Network Monitoring menggunakan sistem yang dapat mencakup berbagai konfigurasi yang berbeda, termasuk solusi perangkat keras atau perangkat lunak atau kombinasi keduanya. Selain itu, solusi Network Monitoring mampu mengawasi fungsi hampir semua jenis jaringan termasuk Jaringan Area Lokal, Jaringan Area Luas, atau Jaringan Pribadi Virtual.

Apa Saja Yang Dapat di Monitor?

Proses Network Monitoring mampu memantau sistem dengan berbagai fungsi dan perangkat yang berbeda termasuk server, komputer dengan sistem operasi yang berbeda, perangkat seluler, router dan sakelar jaringan, firewall, dan komponen sistem lainnya. Sistem membantu administrator jaringan dengan mengidentifikasi masalah jaringan dan mengukur kinerja dan status kesehatan jaringan.

Ini memastikan Anda terlindungi dari ancaman keamanan internal dan Anda memenuhi persyaratan kepatuhan khusus untuk industri Anda. Solusi Network Monitoring juga membantu menciptakan lebih banyak visibilitas dengan operasi jaringan harian.

Penting juga untuk disebutkan bahwa solusi Network Monitoring tidak sama dengan sistem deteksi intrusi karena kedua proses tersebut sangat berbeda. Network Monitoring membantu Anda melacak status kesehatan jaringan, pembaruan perangkat lunak, penggunaan bandwidth, koneksi jaringan yang rusak atau tidak dapat diandalkan, dan masalah lain. Sistem deteksi intrusi hanya berfokus pada keamanan dan dirancang khusus untuk mengidentifikasi pelanggaran jaringan oleh pengguna yang tidak sah dan menggunakan berbagai metode untuk mengidentifikasi upaya peretasan.

Peningkatan Manajemen Jaringan

Solusi Network Monitoring dirancang untuk membuat manajemen jaringan lebih mudah dan, dalam banyak kasus, jaringan dapat dipantau dari satu lokasi terpusat. Ini adalah peningkatan yang signifikan atas sistem kuno yang tersebar di beberapa area yang membuat Network Monitoring menjadi tugas yang memakan waktu.

Selain itu, solusi Network Monitoring juga dapat membantu Anda merencanakan ekspansi di masa mendatang. Saat jaringan dipantau, solusi kelas atas akan mampu menghasilkan laporan dan mengumpulkan data penting. Informasi ini secara otomatis dimasukkan ke dalam database untuk meningkatkan pengambilan keputusan di masa mendatang.

Untuk memahami sepenuhnya nilai Network Monitoring terhadap manajemen jaringan, Anda dapat menganggapnya sebagai kunjungan ke dokter Anda untuk pemeriksaan fisik tahunan. Dokter menggunakan pengalamannya yang luas untuk memantau kinerja berbagai organ dalam dan bagian tubuh Anda. Selama ujian, Anda sedang dipantau untuk masalah apa pun saat data tertentu sedang dikumpulkan.

Dengan Network Monitoring, jenis aktivitas yang sama sedang dilacak saat data melewati server jaringan dan komponen lainnya. Sistem kemudian menghasilkan hasil aktivitas spesifik yang telah terjadi selama proses pemantauan. Monitoring melibatkan kinerja server, kinerja switch dan router, penggunaan bandwidth, dan kinerja aplikasi.

Network Monitoring juga digunakan dalam manajemen jaringan untuk memantau semua lalu lintas yang melewati jaringan Anda. Ketika ini terjadi, proses monitoring berfokus pada sumber daya yang paling sering digunakan karyawan Anda dan mencakup berbagai perangkat termasuk ponsel cerdas, server, router, sakelar, dan perangkat desktop.

Solusi Network Monitoring juga membantu merampingkan manajemen jaringan menggunakan alat otomatis yang melakukan banyak pekerjaan berat untuk Anda. Alat otomatis seperti yang melacak perangkat saat ditambahkan atau dihapus dari jaringan atau memiliki perubahan konfigurasi yang dilakukan di suatu tempat di sepanjang jalan, menghemat waktu dan memberikan hasil yang akurat. Perangkat diukur menurut jenis, layanan, alamat IP, dan lokasi fisik dan diidentifikasi melalui penemuan otomatis.

Segmentasi dan kategorisasi menggunakan alat otomatis juga dapat membantu Anda mengidentifikasi komponen perangkat keras apa, jika ada, yang tidak digunakan atau jika ada perangkat yang kinerjanya tidak maksimal. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi potensi masalah pengelolaan sumber daya yang perlu ditangani.

Membuat Laporang Jaringan Terperinci

Solusi Network Monitoring akan membantu Anda memahami lingkungan TI apa pun, terlepas dari apakah itu sederhana atau kompleks. Setelah Anda memilih apa yang ingin Anda pantau, sistem akan membantu Anda memahaminya dengan membuat laporan terperinci.

Laporan dapat disesuaikan untuk menampilkan data spesifik yang ingin Anda lihat dan akan membantu administrator jaringan untuk memecahkan masalah seperti email terputus atau koneksi jaringan yang mengurangi efisiensi dan mengidentifikasi perangkat yang kelebihan beban sebelum menyebabkan jaringan Anda mogok.

Laporan terperinci juga dapat membantu mengidentifikasi sumber daya yang tidak perlu dan berlebihan yang dapat menghasilkan penghematan biaya, mengukur penundaan dalam transfer data, mengonfirmasi bahwa standar kepatuhan tertentu telah dipenuhi, dan menemukan lalu lintas internal apa pun yang dapat mewakili ancaman keamanan, mengidentifikasi kemacetan lalu lintas, dan menentukan jika karyawan dapat menjadi seproduktif mungkin, sebutkan beberapa hal yang spesifik.

Mengapa Bisnis Harus Berinvestasi Dalam Network Monitoring?

Selain poin-poin penting yang telah kita diskusikan dalam artikel ini, Network Monitoring memberi Anda informasi penting yang Anda perlukan untuk melakukan peningkatan di masa mendatang, mengurangi biaya, memaksimalkan pengoperasian, memanfaatkan sumber daya Anda sebaik mungkin, dan memastikan aplikasi sangat tersedia untuk karyawan Anda. Selain itu, Network Monitoring akan memberi Anda informasi jika layanan, perangkat, atau aplikasi tertentu memenuhi tingkat kinerja sebagaimana dinyatakan dalam kontrak.

Jika jaringan telah menjadi kompleks, Network Monitoring, layanan, aplikasi, dan perangkat secara real-time menjadi kebutuhan. Jika tidak, biaya yang terkait dengan kegagalan untuk memantau jaringan untuk masalah bisa jauh lebih tinggi daripada jika Anda hanya berinvestasi dalam Network Monitoring di tempat pertama.

Menggunakan metode lama Network Monitoring di mana perangkat dapat dipantau setiap beberapa detik tidak lagi akan cukup. Selain itu, tidak masuk akal untuk melakukannya dengan cara ini jika Anda memiliki solusi murah yang dapat menangani tugas yang lebih berat, menyarankan langkah pemecahan masalah, dan menawarkan banyak alat otomatis untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan dalam proses pemantauan.

Jika organisasi Anda memiliki anggaran TI yang terbatas, Anda juga dapat memilih untuk melakukan outsourcing Network Monitoring ke penyedia layanan profesional. Penyedia layanan outsourcing mempekerjakan staf penuh profesional dengan keahlian dalam berbagai keterampilan yang berbeda. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengelola dan memelihara sistem untuk tarif berlangganan bulanan yang rendah. Ada juga Service Level Agreement (SLA) yang mendefinisikan tingkat layanan yang Anda terima dan menjamin Anda akan menerima layanan berkualitas tinggi juga.

Tags

About The Author

Nando Rifky 33
Ordinary

Nando Rifky

Profesional Blogger of Indonesia - Jasa Backlink Media Nasional Murah & Terpercaya!
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel