Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Undangan Pernikahan Digital

2 Dec 2022 15:15 218 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Undangan Pernikahan Digital

Undangan pernikahan online menjadi tren baru di dunia pernikahan tanah air. Perkembangan teknologi membuat web invitation mulai banyak digunakan oleh para calon pengantin. Aplikasi messenger yang sudah menjadi makanan sehari - hari dalam berkomunikasi membuat kebutuhan undangan digital juga pasti adanya dalam menginformasikan pernikahan. 

Lalu, bagaimana dengan undangan konvensional yang bagi banyak orang juga masih menjadi primadonna. Terutama jika membutuhkan undangan formal untuk atasan, keluarga besar, dan tamu  - tamu agung lainnya. Jadi, apa sih kelebihan dan kekurangan undangan digital dengan konvensional? 

Budget 

Dari segi budget, undangan digital jelas lebih ekonomis. Kamu hanya perlu membeli paket sekali bayar dan kamu bisa menggunakan link undangan digital untuk disebar ke semua channel atau tamu undangan. Harga undangan digital ditentukan pada paket yang kamu ambil. Revisi dan penambahan tamu undangan menjelang pernikahan bukan jadi masalah yang besar dari sisi harga. Kamu bisa ubah semau kamu dan kirimkan ke sebanyak - banyaknya tamu undangan yang ada. 

Berbeda dengan undangan konvensional. Jumlah undangan menentukan sekali budget. Jika ada penambahan 50 undangan baru yang harus kamu sebar, otomatis budget yang harus kamu keluarkan juga bertambah. Desain dan jenis kertas juga sangat menentukan budget yang harus dikeluarkan.  

Revisi 

Revisi pada undangan digital bukanlah masalah besar. Kamu bisa melakukan revisi sesuka kamu kapan dan dimana saja. Sedangkan revisi pada undangan konvensional bisa menjadi mimpi buruk. Apalagi jika sudah dekat - dekat hari H. Selain permasalahan budget, proses pengantaran yang memakan waktu juga jadi masalah yang akan kamu hadapi. 

Fitur 

Fitur di undangan digital sangat beragam dan bermanfaat bagi kelangsungan dan kelancaran acara. Di Viding.co misalnya, kamu bisa menikmati fitur RSVP untuk memperkirakan jumlah tamu undangan, fitur guestbook untuk melihat daftar tamu undangan, fitur angpao untuk menerima kado pernikahan secara online, dan masih banyak lagi. 

Berbeda dengan undangan digital, undangan konvensional memang hanya sebatas undangan pernikahan saja. Tidak banyak fitur yang bisa ditambahkan ke dalamnya. Standar undangan konvensional hanya menyertakan data pengantin, alamat venue, dan data keluarga yang turut berbahagia. 

Visual 

Dari sisi visual, undangan konvensional tetap menjadi yang terbaik karena kreativitas yang bisa dikembangkan lebih luas ketimbang undangan digital. Undangan digital hanya sebatas undangan digital 1 dimensi. Meski bisa diberikan dalam bentuk video dan sebagainya. 

Sedangkan undangan formal bisa memiliki kemungkinan luas untuk dimodifikasi bahkan dalam mode 3 dimensi. Tentunya, ini kembali pada selera masing - masing. 

Target Undangan 

Target undangan digital untuk saat ini masih menyasar pada kawula muda dan kenalan yang dekat dengan gadget. Hal ini karena media penyampaian undangan online adalah melalui jaringan dan media internet. Undangan online juga masih terkesan tidak formal dan santai. Jika pengantin ingin mengundang pihak - pihak yang dihormati seperti bos di kantor, guru, orang yang dituakan dan sebagainya, undangan konvensional tetap menjadi pilihan yang tepat. 

Itu dia kelebihan dan kekurangan undangan digital dan conventional yang bisa kita jabarkan baik dari segi budget, desain, revisi, hingga target undangan. Kamu lebih suka yang mana nih? 

Tags Teknologi

About The Author

Nando Rifky 30
Ordinary

Nando Rifky

Profesional Blogger of Indonesia - Jasa Backlink Media Nasional Murah & Terpercaya!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel