PlayStation 5 vs Xbox Series X, who's the winner?

26 Nov 2020 14:00 1159 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Persaingan console saat ini cukup ketat dengan 2 pabrikan tersebut yang memiliki keunggulan masing-masing

Halo, Guys kalian pasti sudah tau tentang 2 console yang sedang hangat di dunia game, yaitu PS5 dan Xbox Series X. Siapa sih yang tidak tau 2 console itu, pasti dari kecil kita sudah pernah memainkannya. Nah saat ini mereka meluncurkan console terbarunya. Mana yang lebih baik ? Yuk, kita bahas.

Kita mulai dari spek kedua console tersebut.

Meskipun spesifikasinya berguna untuk diketahui, tapi mereka hanya memberikan sebagian info dari dalam hal kinerja. Karenanya, bagian ini tidak diberi skor. Namun, kami dapat mengatakan bahwa Xbox Series X memiliki perangkat keras yang lebih kuat, baik dari segi GPU dan SSD. Lihat bagian kinerja untuk melihat bagaimana kinerja perangkat keras ini.

 

Performance

Membandingkan kinerja PS5 dan Xbox Series X melalui perbandingan dengan cara dibandingkan dua game secara kualitatif di kedua sistem: Assassin’s Creed Valhalla dan Devil May Cry 5: Edisi Khusus. Yang pertama adalah game Open World yang sangat besar, di mana mudah untuk mengukur waktu muat saat Anda melakukan fast Travel dari satu titik peta yang jauh ke yang lain. Yang terakhir adalah game aksi yang cepat dan hingar-bingar, di mana penurunan framerate akan langsung terlihat.

Pertama: Klaim ambisius Sony tentang waktu muat PS5 tidak dibesar-besarkan. Assassin’s Creed Valhalla beralih dari menu utama ke dalam game dalam waktu kurang dari satu menit, perjalanan cepat membutuhkan waktu kurang dari 10 detik dari titik ke titik. Namun, sementara Xbox Series X membutuhkan waktu lebih lama untuk memuat game pada awalnya (hampir satu menit), waktu tempuh yang cepat persis sama.

Dari segi gameplay, Assassin’s Creed Valhalla versi PS5 atau Xbox Series X. Kedua sistem menjalankan game pada 4K pada 60 frame per detik, dan tidak ada yang tampaknya memiliki perbedaan besar dalam fluiditas animasi, pencahayaan, dll.

Devil May Cry 5: Edisi Khusus menceritakan kisah yang serupa, terlihat sedikit perbedaan dalam pencahayaan. Meskipun PS5 dan Xbox Series X menawarkan pelacakan sinar, pelacakan sinar Xbox Series X dalam game ini sedikit lebih kaya, menawarkan kontras yang lebih besar antara cahaya dan bayangan, terutama dalam lanskap merah dan ungu awal game yang menakutkan. Xbox Series X juga tampak sedikit lebih lancar ketika mengaktifkan mode kinerja 120 fps.

Sulit untuk mengevaluasi kinerja dengan kedua game ini, karena keduanya dirancang dengan mempertimbangkan PS4 dan Xbox One, bukan hanya PS5 dan Xbox Series X. Game seperti Spider-Man: Miles Morales dan Gears 5, keduanya tidak dapat dibandingkan secara langsung.

Untuk saat ini,dapat dingatakan bahwa kedua konsol tersebut bekerja dengan sangat baik, meskipun PS5 memiliki waktu pemuatan yang sedikit lebih pendek.

 

 

Design

Dari segi design, PS5 menampilkan design flamboyan dan modern sedangkan Xbox Series X simple namun terkesan lebih lucu dengan bentuk kotak seperti kulkas mini

 

 

Controller

Untuk controller, PS5 datang dengan fitur baru dan modern untuk membuat para pengguna jauh lebih merasakan "feel" pada setiap game yang mereka mainkan, sedangkan Xbox series x tetap seperti controllerrxbox pada umumnya dengan tambahan grip yang nyaman dan tidak slip saat dipakai.

 

Nah, itu dia perbandingan antara PS5 dan Xbox Series X, yang paling disorot adalah perbanding perfomance kedua console tersebut yang tidak berbeda jauh.

Kalian pilih mana ? PS5 dengan segala fiturnya atau Xbox Series X dengan kekuatan serta design yang minimalis ? Silahkan komen dibawah

 

Tags

About The Author

Surya Dinarta 27
Novice

Surya Dinarta

hello, my name is Surya Dinarta, if you want to know me more closely, please visit my social media page and be my partner, criticism and suggestions help
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel