What is Programming?

3 Dec 2020 08:45 1158 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Apa itu Programming ? sebuah pertanyaan yang sering muncul saat ini karena modernisasi.

Halo Guys, Sekarang kita akan belajar salah satu kebutuhan masa depan di Indonesia bahkan di dunia, yaitu Programming. Kebutuhan untuk masa mendatang karena kemajuan zaman saat ini di era 4.0 mengarah ke kecanggihan zaman yang lebih cepat bahkan sangat cepat. Contohnya dari handphone menjadi smartphone saja dalam hitungan tahun dan masih banyak contoh lainnya oleh karena itu kita akan membahas Apa sih programming ?

 

Apa itu Programming ?

Sederhananya. Programming adalah sebuah proses untuk membuat sebuah program di komputer. Entah itu berupa software, website, aplikasi android, dan lain sebagainya.

Untuk membuat program sesuai dengan yang diinginkan, ada beberapa tahapan yang dilalui. Mulai dari menulis, menguji, merevisi, dan menguji lagi hingga proses tersebut benar dan hasil yang didapatkan seperti yang diinginkan.

Jadi, programming itu merupakan sebuah proses menulis dan menguji yang dilakukan agar sebuah program bisa dibuat, dan program tersebut bisa bekerja sesuai dengan yang diinginkan.

Nah, kemudian kalian pasti bertanya apa sih yang ditulis oleh para programmer ? sama seperti Bahasa yang digunakan oleh manusia ke manusia fungsinya adalah untuk berkomunikasi dan menuangkan apa yang ada dipikiran kita untuk di kerjakan dalam sebuah proses atau program. Setiap negara punya bahasanya masing-masing dengan fungsi dan maknanya masing-masing, sama programming juga begitu memiliki berbagai macam Bahasa dengan fungsi, kekuatan serta efektifitas yang berbeda-beda.

 

Bahasa apa saja yang ada di Programming ?

Sangat banyak dan terus bertambah seperti Bahasa manusia pada umumnya.kenapa bisa terus bertambah ? Karena bertujuan untuk membuat program jauh lebih cepat, aman dan kuat. Namun ada beberapa bahasa yang menjadi favorit di kalangan programmer. Contohnya :

1. Java

Java bisa dikatakan salah satu bahasa pemrograman yang paling awal digunakan. eksistensinya masih ada hingga saat ini. Setidaknya ini membuktikan bahwa Java merupakan bahasa pemrograman yang masih bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Ada yang unik dari bahasa pemrograman ini. Yaitu logonya. Masih ingat logo Java? Cangkir kopi panas. Hal ini ternyata ada kaitannya dengan James Gosling, pendiri Java. Ia adalah penikmat kopi. Karena ketertarikannya dengan kopi tersebut, maka logo Java berbentuk cangkir kopi panas.

Terlepas dari logo tersebut, Java memang sering menjadi andalan para programmer. Mengapa? Karena Java merupakan bahasa programming yang bisa diaplikasikan di hampir semua sistem operasi. Contohnya saja Android. Para developer Android sering sekali menggunakan bahasa programming yang satu ini ketika membuat sebuah software.

 

2. Phyton

Bagi mereka yang tahu apa itu programming, mereka sudah tahu alasannya. Python dianggap sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi. Mereka yang mampu menguasai bahasa ini kemungkinan besar bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar yang butuh seorang programmer. Bagi kalian yang tertarik belajar, banyak source yang bisa kalian cari dari website bahkan youtube.

 

3. PHP

Bagi mereka yang sudah menggeluti mengenai dunia programming, mereka pasti tahu PHP ini digunakan untuk membangun website besar. Contohnya saja WordPress dan Facebook. Karena itulah bahasa pemrograman ini terdengar seksi bagi programmer untuk mereka kuasai.

Namun, bukan itu satu-satunya alasan mengapa banyak yang menggunakan PHP. Ada satu alasan lain, yaitu gratis. Biasanya, para pemula yang baru mulai belajar pemrograman menggunakan bahasa yang satu ini. Mereka bisa langsung aplikasikan dengan cara membuat website sederhana hingga website ecommerce.

 

Selain 3 bahasa itu masih banyak Bahasa lainnya yang bisa kalian pelajari dan mulailah dari basic atau hal yang simple.

Nah itu dia penjelasan singkat mengenai Apa itu Programming ? Bagi kalian yang ingin menjadi programmer coba tulis di kolom komentar. Terima Kasih

About The Author

Surya Dinarta 26
Novice

Surya Dinarta

hello, my name is Surya Dinarta, if you want to know me more closely, please visit my social media page and be my partner, criticism and suggestions help

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel