Yuk, Kita Mengenal Android Studio

20 Nov 2020 08:04 190 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Bagi kalian yang ingin masuk ke Apps Developing bisa nih mulai dengan belajar Java dan Android Studio.

Halo Guys, Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan nama Android. Pada dasarnya, Android adalah sebuah sistem operasi yang digunakan tidak hanya untuk smartphone, tetapi juga tablet, TV, dan semua hal kita gunakan sehari-hari. Android dikembangkan oleh Google dan berbasis Linux. Sebagai sebuah software open-source. Beberapa perusahaan smartphone seperti Samsung menggunakan kode dasar Android dan menambahkan fitur dan software mereka sendiri untuk produksi smartphone mereka. Sebagai salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia, mungkin Anda bingung bagaimana Anda bisa membuat sebuah aplikasi untuk sistem operasi besar seperti ini? Disinilah peran Android Studio. 

 

Apa aitu Android Studio ?

Android Studio adalah Lingkungan Pengembangan Terpadu atau biasa disebut Integrated Development Environment (IDE) untuk pengembangan aplikasi Android, berdasarkan IntelliJ IDEA . Selain merupakan editor code IntelliJ dan alat pengembang yang berdaya guna, Android Studio menawarkan banyak fitur yang gunanya untuk meningkatkan produktivitas kamu saat membuat aplikasi Android.

 

Apa Saja Fiturnya ?

  • Sistem versi berbasis Gradle yang fleksibel
  • Emulator yang cepat dan kaya fitur
  • Lingkungan yang menyatu untuk pengembangan bagi semua perangkat Android
  • Instant Run untuk mendorong perubahan ke aplikasi yang berjalan tanpa membuat APK baru
  • Template kode dan integrasi GitHub untuk membuat fitur aplikasi yang sama dan mengimpor kode contoh
  • Alat pengujian dan kerangka kerja yang ekstensif
  • Alat Lint untuk meningkatkan kinerja, kegunaan, kompatibilitas versi, dan masalah-masalah lain
  • Dukungan C++ dan NDK

Dukungan bawaan Google, mempermudah pengintegrasian Google dengan aplikasi.

 

Apa saja yang bisa dilakukan dengan Android Studio ?

Android Studio dapat menyediakan interface untuk Anda dalam membuat aplikasi serta mengelola manajemen file aplikasi anda.  Untuk bahasa programman anda gunakan adalah Java. Dalam Android Studio, anda hanya tinggal menulis, mengedit, menyimpan  dan testing project beserta dan file lainnya yang ada dalam project itu hanya dengan android studio.

Nah, itu Guys penjelasan singkat tentang Android Studio, jadi bagi kalian yang ingin menjadi Apps developer bisa nih mulai dengan belajar Android Studio banyak fitur serta dukungan dari Google. Dengan itu developer memiliki kesempatan untuk mengembangkan aplikasi mereka sendiri.

About The Author

Surya Dinarta 16
Novice

Surya Dinarta

hello, my name is Surya Dinarta, if you want to know me more closely, please visit my social media page and be my partner, criticism and suggestions help

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel