Tips Belajar Bahasa Inggris Kekinian

10 Aug 2020 09:08 383 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nah untuk kalian yang belajar bahasa inggris, yuk simak artikel berikut siapa tau setelah ini kalian menjadi semangat belajar bahasa inggris nya.

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional, oleh karena itu bila kita bisa berbahasa inggris itu akan menjadi sebuah keuntungan untuk kita, karena ketika kita bepergian keluar negeri, atau lainnya, kita akan mudah untuk berinteraksi dengan mereka. Oleh karena itu disini saya ingin berbagi tips belajar bahasa inggris.

 

1. Unduh aplikasi - aplikasi belajar bahasa asing.

Nah yang pertama untuk memudahkan belajar bahasa inggris atau bahasa lain, sebaiknya gunakan kamus baik berupa buku atau aplikasi. Saya sarankan untuk menggunakan aplikasi saja karena penggunaannya lebih cepat dan lebih mudah. Rekomendasi aplikasi dari saya: Cake, Memrise, Hello English, EF English 24/7, WordUp Vocabulary.

 

2. Nonton Film atau Video yang berbahasa inggris atau subtitle nya menggunakan bahasa inggris.

Kalau nonton pakai subtitle bahasa Inggris terus ada kosakata yang belum tau artinya, gausah dibawa bingung karena malah bikin jadi malas belajar, santai aja yang penting paham jalan ceritanya. Kalau kamu unduh aplikasi EF English 24/7 atau Cake bakal ngebantu banget dan bikin kamu ga pusing karena di sana ada subtitle bahasa Inggris dan terjemahannya juga jadi kita bisa langsung tahu artinya.

 

3. Dari buku cerita anak-anak yang menggunakan bahasa inggris.

Meskipun ceritanya sudah tidak asing, namun ketika ceritanya ditulis dengan bahasa inggris, rasanya akan berbeda. Ini yang aku lakukan ketika belajar bahasa baru, baca dulu cerita anak - anak karena pasti pilihan kosakatanya sederhana, sebelum akhirnya bisa baca artikel di berita - berita pakai bahasa Inggris, baca yang sederhana dulu.

 

4. Ubah pengaturan bahasa di gawai kamu ke Bahasa Inggris dan bergaulah di sosial media dengan para penutur asli.

Contoh untuk nomor empat ini misalnya gabung grup meme bahasa Inggris di Facebook, atau kamu yang punya TikTok bisa ikuti orang - orang penutur asli bahasa Inggris, dan biasanya konten mereka juga bukan joged - joged tapi video pengetahuan dan video mereka juga lucu - lucu, atau main game juga bisa. Nah ini membuat kita bertanya-tanya arti dari setiap kalimat-kalimat yang mereka ucapkan, sehingga kita berusaha memahami artinya dengan cara mencari artinya di kamus atau lainnya.

 

5. Banyak mengobrol

Fungsi bahasa adalah untuk mengobrol, kalau dikit ngobrol kan malah jadi melenceng dari esensi bahasa itu sendiri. Nah maksud banyak mengobrol ini adalah kalian berlatih mengobrol menggunakan bahasa inggris sedikit demi sedikit. Gak usah takut ngobrol sama penutur asli atau sama orang yang bahasa Inggrisnya udah lebih jago dari kita, karena kalau kita ga mulai kapan majunya? Tapi ingat, jangan pakai bahasa Inggris dengan dia yang belum bisa atau ga niat belajar bahasa Inggris, karena bisa disebut pamer atau sok.

 

6. Main Game

Nah main game bisa dijadikan sarana untuk belajar bahasa inggris, kenapa? Karena kebanyakan game, terutama game yang rilis secara global bahasanya menggunakan bahasa inggris. Contoh nya adalah ketika bermain game yang story lalu menggunakan bahasa inggris kita cenderung tidak tau arti dari perintah-perintah di game, nah biasanya saya cari dulu artinya lalu lanjut menyelesaikan misinya.

 

7. Lagu berbahasa inggris

Nah salah satu kebiasaan saya adalah mendengarkan lagu-lagu luar negeri yang berbahasa inggris. Nah saya suka bingung arti dari lirik lagu ini apa, ketika saya sedang mendengarkannya, nah akhirnya saya cari tau liriknya, lalu cari tau terjemahannya dan akhirnya kosa kata bahasa inggris saya bertambah.

 

Intinya, kalau kita sedang belajar bahasa baru, harus dilakukan setiap hari, gapapa misalnya cuma 5 menit sehari yang penting produktif. Kalau belajarnya cuma seminggu sekali atau kapan - kapan pas mood, kemungkinan bakal ambil waktu lama, itu sebabnya aku kasih tips ikuti orang - orang penutur asli di sosial media biar selalu ada hal baru yang masuk.

Gimana pun caranya, yang penting "produktif."

Terima kasih.

Tags

About The Author

Muhammad Iqbal 18
Novice

Muhammad Iqbal

#SkuyLiving

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel